Pengertian Gerak Secara Umum dan Para Menurut Ahli Serta Macam – Macam Gerak

Kehidupan manusia tentu tak terlepas dari yang namanya “bergerak”. Tapi, tahukah kitan arti dari kata “gerak” itu sendiri?

Nah agar sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai gerak berikut!

Pengertian Gerak

Gerak dalam artian harafiah merupakam istilah yang digunakan untuk menggambarkan perpindahan suatu benda terhadap benda lainnya. Dimana suatu benda dikatakan bergerak, apabila benda tersebut berpindah tempat ataupun posisinya.

Perpindahan ini biasanya dilihat atau ditandai dengan menggunakan acuan tertentu. Jadi apabila sebuah benda tidak mengalami perubahan posisi terhadap benda acuan, maka benda tersebut tidak dapat dikatakan bergerak.

Contohnya jika si A menaiki mobil dai kota Jeruk ke kota Apel, si A tidak bergerak terhadap mobil, tetapi bergerak terhadap kota Apel.

Pengertian Gerak Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini pengertian gerak menurut para ahli, antara lain.

1). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gerak merupakan suatu peralihatn tempat atau pun kedudukan, baik sekali maupun berulang kali.

2). Ilmu Biologi

Dalam kajian ilmu Biologi, gerak tergolong dalam salah satu cara merespon rangsangan yang diterima. Gerak sendiri termasuk sebagai salah satu karakteristik atau pun ciri makhluk hidup. Dimana ciri ini akan tampak ketika makhluk hidup tersebut diberi rangsangan.

3). Ilmu Fisika

Sedangkan dalam kajian illmu Fisika, gerak diartikan sebagai proses perpindahan suatu benda terhadap benda lainnya dari satu tempat acuan ke tempat lainnya.

4). Kamajaya

Kamajaya menyatakan bahwa gerak merupakan sebuah kedudukan. Dalam hal ini mengacu terhadap suatu titik acuan atau pun titik yang menjadi patokannya.

5). Ruslan Tri S & Cahyo W

Selanjutnya Ruslan Tri S & Cahyo W berpendapat bahwa gerak merupakan perubahan kedudukan suatu benda terhadap benda lain maupun terhadap titik acuan tertentu.

Macam – Macam Gerak Pada Benda

Setelah memahami pengertian gerak, selanjutnya yang harus diketahui adalh macam-macam gerak. Dimana macam-macam ini dilihat berdasarkan bentuk lintasannya, acuan pengamatannya dan sifat kecepatannya. Untuk lebih mudah memahaminya, silakan simak pembahasan berikut!

Gerak Benda Berdasarkan Bentuk Lintasan

Gerak macam ini dapat dilihat sebagai pergerakan yang signifikan. Dapat dilihat pembagian jenisnya sebagai berikut:

Gerak lurus

Seperti namanya, yang mengartikan bahwa gerak jenis ini terjadi secara lurus dan beraturan. Ketiga ada jenis gerak lurus yang terjadi melalui lintasan segaris lurus. Jenis gerak lurus sendiri dapat dibagi menjadi dua macam gerak, diantaranya yaitu :

  • Gerak Lurus Beraturan, yang terjadi dengan kecepatan yang konstan atau pun stabil (tidak berubah sama sekali).
  • Gerak Lurus Berubah Beraturan, yang terjadi dengan kecepatan yang berubah – ubah atau pun tidak konstan.

Gerak benda yang terjadi pada lintasan lurus bisa dicontohkan dengan kereta yang bergerak maju, buah apel jatuh dari pohonnya dan sederet objek yang bergerak pada lintasan lurus.

Gerak melingkar

Gerak benda jenis ini adalah yang terjadi pada lintasan melingkar mengelilingi suatu titik tetap atau sumbu putar. Dimana dalam gerak melingkar, jarak benda dengan pusat putaran akan selalu tetap. Tetapi posisi benda terhadap pusat lingkaran berubah.

Contoh gerak melingkar antara lain adalah gerakan jarum jam analog, bianglala, bumi yang berotasi, roda kendaraan, baling-baling pesawat dan sederet gerak melingkar lainnya.

Gerak parabola

Gerak jenis ini biasanya dikenal juga dengan gerak peluru. Dalam artian merupakan gerak benda yang terjadi pada lintasan berbentuk parabola atau melengkung. Jelasnya, contohnya gerak jenis ini adalah gerak bola yang melambung ketika ditendang atau dilemparkan ke atas.

Gerak Benda Berdasarkan Acuan Pengamatan

Berikut dibawah ini gerak benda berdasarkan acuan pengamatan, antara lain.

Gerak semu

Gerak jenis ini menjurus pada perpindahan yang tidak benar – benar terjadi atau pun hanya gerakan semu belaka (ilusi). Misalkan saja ketika kamu sedang melihat pemandangan dari dalam kereta yang bergerak.

Dimana dalam kereta itu, kamu seakan-akan melihat rumah, pohon dan benda-benda di luar yang bergerak. Padahal sebenarnya kereta yang kamu tumpangilah yang bergerak.

Gerak Relatif

Gerak benda jenis ini ditandai dengan sifatnya bergantung pada posisi pengamatan. Misalkan ketika kamu dan si A berada pada posisinya berbeda. Anggap saja kalau yang jadi titik acuannya itu adalah kamu yang berada di luar, maka yang bergerak tak lain adalah si A yang berada di dalam mobil.

Demikian ulasan kami mengenai gerak. Semoga ulasan kami membantu dan menambah wawasan kamu mengenai gerak! Terimakasih sudah singgah.