Pengertian File

  1. Pengertian File

File merupakan kumpulan dari berbagai informasi yang berhubungan dan juga tersimpan di dalam sebuah secondary storage yang secara konsep file memiliki beberapa tipe. Adapun tipenya yaitu terdiri dari numeric, character dan binary. Defini file merupakan suatu identitas dari data yang disimpan di dalam sistem berkas yang bisa untuk diakses dan juga diatur oleh para penggunanya. Suatu berkas atau file mempunyai nama yang terbilang unik dalam suatu direktori atau pun folder dimana file itu berada.

Setiap software atau pun program biasanya memiliki jenis atau tipe file tersendiri. Misalnya program Photoshop secara default yang dimana filenya berjenis PSD, MS PowerPoint berjenis PPT, MS Word berjenis DOC, dan lain sebagainya. Format atau pun jenis file pada program-program tersebut umumnya bisa dikembangkan oleh suatu perusahaan yang menciptakan program yang bersangkutan. Meskipun tidak dapat untuk digeneralisasi, namun jenis file yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan penghasil software seringkali memiliki tujuan untuk memberikan identitas pada dokumen yang dihasilkan oleh penggunaan software tersebut.

Keragaman dari jenis file berpengaruh pada keragaman program yang digunakan untuk bisa membuka atau mengakses jenis file tersebut. Jenis file tertentu biasanya hanya bisa dibuka menggunakan program yang mampu menghasilkan jenis file itu. Namun kini hal tersebut tidaklah berlaku secara mutlak, karena telah banyak beredar bahwasanya program yang dapat digunakan untuk membuka atau mengakses file dengan jenis tertentu. Contohnya jenis file ZIP atau pun RAR yang awalnya hanya bisa dibuka dengan program penghasil namun saaat ini jenis file tersebut dapat diakses melalui program lain seperti 7Zip dan lain sebagainya.

Selain format, ada juga yang disebut dengan file extension. Sebagain besar orang beranggapan bahwasanya antara format file dengan file extension memiliki pengertian yang sama. Singkatnya memang format file tidaklah jauh berbeda dengan file extension, terutama dalam hal menyebutkan nama jenis dari suatu file.

Namun, jika dipahami secara lebih detail lagi, format file berbeda dengan file extension. File extension biasanya terdiri dari tiga atau bahkan lebih karakter yang ditetapkan pada akhir nama suatu file. Adapun fungsi file extension, yaitu mampu membantu mempermudah sistem operasi komputer untuk bisa mengidentifikasi informasi data yang terdapat dalam suatu file beserta dengan aplikasi atau pun program yang terkait dengan file tersebut.

Format dari suatu file cenderung biasanya mengarah pada nama jenis file, sedangkan apabila file extension merupakan salah satu bagian metode untuk mengidentifikasi jenis file. Format file umumnya dituliskan dalam huruf kapital, sedangkan file extension biasanya dituliskan dalam huruf kecil yang mengikuti nama file.

 

  1. Perbedaan antara File dan Folder

Pada umumnya file terdiri dari 2 bagian yaitu nama dari file yaitu nama yang kita berikan untuk mengenali file yang kita simpan. Extension file yaitu sebuah kode yang terdiri atas beberapa huruf yang memang disengaja untuk diberikan secara otomatis oleh program pembuatnya. Sebagai contoh dari sebuah file dengan nama” Surat.doc “. Dalam hal ini Surat merupakan nama file tersebut, sedangkan doc yaitu Extension file akan di berikan oleh pembuatnya.

Berbeda dari file, folder tidak memiliki extension. Sehingga folder hanyalah terdiri dari sebuah nama folder saja. Di dalam sebuah folder kita bisa membuat folder-folder tambahan yang di sebut sebagai Sub folder. Folder ini merupakan induk yang disebut juga dengan Parent folder dan juga Sub folder yang disebut sebagai Child folder.

Biasanya Sub folder diciptakan untuk bisa memilah file-file kebeberapa bagian menurut jenis, macam, fungsi dan juga lain sebagainya. Bila kita langsung menekan Enter tanpa mengetik sebuah nama untuk sub folder yang baru. Maka komputer akan secara otomatis memberikan nama sub folder baru tersebut dengan nama New folder, New folder 1, New foler 2 dan lain seterusnya.

Ketika kita sedang memasuki salah satu folder yang berisikan berbagai macam jenis file dalam ukuran yang cukup banyak, tentu saja hal ini akan sangat merepotkan ketika hendak memilah-milahnya kedalam beberapa sub folder, apabila extension filenya tidak tertampilkan. Sebab sebuah program screen reader akan membacakan nama-nama file dan juga nama-nama folder yang ada. Oleh karena itu diperlukan bagi kita untuk menampilkan extension file agar bisa memudahkan pekerjaan kita tersebut.