Digital: Pengertian, Sejarah, Kelebihan dan Kelemahan Era Digital

Sekarang, digital sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari. Dulu kita hanya mengenal istilah “jam digital” atau “kamera digital”.

Namun, sekarang banyak istilah yang menggunakan kata number-digital age, digital media, digital marketing, digital education, digital journalism atau dikenal juga dengan istilah online journalism.

Ada juga istilah seperti majalah digital, talenta digital, infrastruktur digital, transformasi digital, generasi digital, dompet digital, musuk digital, bahkan hubungan masyarakat digital.

Sebelum ditemukannya teknologi digital, transmisi elektronik hanya sebatas teknologi analog, yang mentransmisikan data dalam bentuk sinyal elektronik dari berbagai frekuensi atau amplitudo dan ditambahkan ke pembawa frekuensi tertentu. Penyiaran dan transmisi telepon biasa menggunakan teknologi analog.

Teknologi digital ini terutama digunakan pada media komunikasi terkini, seperti transmisi satelit dan serat optik. Misalnya, modem digunakan untuk mengubah informasi digital pada komputer menjadi sinyal analog pada saluran telepon, dan juga digunakan untuk mengubah sinyal telepon analog menjadi informasi digital pada komputer.

Lantas apa sebenarnya arti digital tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini kita akan membahas mengenai poin-poin penting yang harus diketahui mengenai digita. Yuk, simak!

Pengertian Digital

Digital dideskripsikan sebagai keadaan atau situasi digital yang terdiri dari angka-angka (yaitu, angka 0 dan 1), dan dapat juga diwakili oleh angka. Dimana terdapat pula didalamnya representasi digital (biner atau juga disebut bilangan biner).

Teknologi digital menggambarkan teknologi elektronik yang menyimpan, menghasilkan dan memproses data dalam dua situasi: bilangan positif dan bilangan non-positif. Angka positif diwakili atau diwakili oleh angka 1 dan angka non-positif diwakili oleh angka.

Oleh karena itu, data yang dikirim atau disimpan menggunakan teknologi digital direpresentasikan sebagai string karakter 0 dan 1. Setiap angka dalam status ini disebut bit (dan sekelompok bit yang komputer dapat atau dapat menangani secara individual, yaitu grup).

Menurut Tom E Rolnickim, digital adalah  gambar dan grafis yang mendeskrepsikan dalam bentuk numeris melalui piranti komputer.

Sejarah Perkembangan Digital

Secara etimologis, istilah angka berasal dari kata Yunani Digitus yang berarti angka 10 dari jari tangan atau kaki seseorang. Dalam hal ini nilai 10 terdiri dari 2 bilangan pokok yaitu 1 dan 0. Itulah asal mula istilah “bilangan” dalam sistem bilangan biner.

Digitalisasi merupakan salah satu bentuk transformasi dari teknologi mekanik dan teknologi elektronik analog ke teknologi digital. Digitalisasi ini telah terjadi sejak tahun 1980, dan terus berlanjut hingga hari ini.

Kemudian, era digital muncul akibat revolusi yang dipicu oleh generasi remaja kelahiran 1980-an. Kemudian kemunculan digitalisasi menjadi awal dari era informasi digital dan juga perkembangan teknologi yang lebih modern.

Kemudian perkembangan teknologi digital membuka era digital, secara umum dapat dilihat dari tiga aspek berikut:

1). Lahirnya komputer pada tahun 1940 dan perkembangannya.

2). Internet atau World Wide Web (WWW) lahir pada tahun 1989.

3). Lahirnya situs jejaring sosial (media sosial) pada tahun 1997 dan penggunaannya meluas sejak tahun 2000-an.

Perbedaan Digital dengan Analog

Seperti yang sudah dijelaskan atau dijelaskan sebelumnya, teknologi digital ini merupakan sistem penghitungan yang sangat cepat yang memproses informasi dalam bentuk kode digital atau nilai digital (angka).

Sebelum diproses, diperlukan sebuah sensor dan kemudian informasi aktual diubah menjadi kode digital (misalnya, seperti kamera digital).

Kode digital yang dikirimkan oleh sensor akan diproses oleh komputer (mikroprosesor) yang harus ada pada setiap perangkat digital. Kemudian karena ada masalah dengan hasil pengolahan data digital, informasi tersebut nantinya akan ditampilkan di layar.

Pada dasarnya, teknologi simulasi semacam ini hanyalah sebuah alat sederhana, yaitu menggunakan program tertentu yang telah atau telah diatur seperti pada komputer yang disimulasikan.

Komputer analog pada dasarnya adalah alat ukur, yang biasanya digunakan untuk memberikan informasi dan kendali otomatis pada sebuah mesin.

Kelemahan dari teknologi analog ini adalah tidak bisa diukur secara akurat dan butuh waktu lama untuk memproses informasinya.

Kelebihan Era Digital

Setiap tindakan atau perkembangan sudah tentu mengharapkan tujuan yang lebih unggul dari tindakan sebelumnya. Begitu juga dengan digitalisasi, mengharapkan berbagai tujuan positif yang kemudian menghadirkan kelebihan sebagai berikut:

Berkomunikasi dengan mudah

Tentunya di era digital semakin memberikan kemudahan dalam berkomunikasi. Saat ini, manusia dikelilingi oleh perangkat digital yang kompleks seperti ponsel pintar.

Melalui perangkat digital meskipun manusia berada di belahan dunia lain, manusia dapat atau dapat terhubung satu sama lain menggunakan internet. Dapat juga dikatakan bahwa ini adalah salah satu bentuk kemajuan digital yang paling nyata.

Fleksibilitas seluler

Di era digital ini, semua hal itu mudah dan tidak ada batasan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan mudahnya mengikuti berbagai kegiatan tanpa harus ke lokasi.

Komunitas dapat melakukan operasi apapun melalui perangkat seluler. Contohnya adalah suatu perguruan tinggi merekrut maba yang dapat atau dapat dilakukan dimana saja tanpa harus ke kampus yang bersangkutan.

Internet bisa dikatakn lebih terjangkau daripada pulsa

Internet memang menguasai semua kebutuhan masyarakat, terutama kaum milenial. Mengingat pentingnya Internet, masyarakat harus lebih cenderung kehabisan pulsa tanpa paket data.

Pasalnya, paket data tidak hanya digunakan untuk berselancar, tetapi juga memiliki fungsi media komunikasi yang lebih terjangkau dibandingkan menggunakan pulsa.

Belanja dengan mudah dan dapatkan apa yang Anda inginkan

E-commerce atau toko online mulai bermunculan di Internet. Dengan begitu, dalam hal ini masyarakat bisa lebih mudah berbelanja atau mendapatkan apa yang diinginkannya tanpa harus mengunjungi tempat tersebut.

Salah satu keuntungan dari keberadaan toko digital seperti ini adalah walaupun berada di lokasi atau daerah terpencil, penjual dan pembeli bisa ditemukan.

Berbagai jenis sistem komunikasi dapat digunakan

Kaya nya berbagai jenis sistem komunikasi yang dapat digunakan, namun mengaruskan biaya perawatan lebih rendah karena lebih praktis dan stabil.

Kelemahan Era Digital

Selain kelebihannya, setiap teknologi memiliki atau memiliki efek samping. Beberapa kekurangan dari teknologi digital, sebagai berikut:

1). Kesalahan yang mungkin terjadi saat mengubah sinyal analog menjadi digital (digital).

2). Kemungkinan data digital penting (seperti data pekerjaan, nomor akun dan data lainnya) dicuri oleh peretas atau virus.

3). Ketergantungan berlebihan pada penggunaan, yang mungkin atau mungkin sebenarnya menghambat empati dan keterampilan sosial.

Demikian ulasan kami mengenai digital yang membahas mulai dari pengertian, sejarah perkembangan, perbedaan digital dengan analog, hingga kelebihan dan kekurangan era digital.

Semoga ulasan kami bisa menambah wawasan baru bagi Anda Terimakasih sudah singgah.