Pengertian Digital Marketing, Manfaat, Jenis – Jenis dan Strategi Digital Marketing

Digital Marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran dari sebuah brand yang menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing ialah untuk menarik para konsumen dan calon konsumen secara cepat.

Penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangatlah luas sehingga  kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.

Manfaat Digital Marketing

Berikut terdapat beberapa kelebihan dari pemasaran digital dibandingkan dengan pemasaran konvensional yaitu sebagai berikut:

1). Kecepatan Penyebaran

Strategi  pemasaran sebuah brand yang dilakukan dengan menggunakan media digital dapat berjalan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Selain itu, Digital Marketing juga dapat diukur secara realtime dan tepat.

2). Kemudahan Evaluasi

Pemanfaatan dari media online menjadikan hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui. Informasi seperti berapa lama produk telah ditonton, berapa banyak orang yang singgah dan melihat produk, atau berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya.

3). Jangkauan Lebih Luas

Jangkauan geografis yang sangat luas. Dapat melakukan penyebaran brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet.

4). Murah dan Efektif

Dibandingkan pemasaran tradisional, tentu saja dalam digital marketing jauh lebih murah dan efektif. Biaya anggaran bisa hemat hingga 40%.

5). Membangun Nama Brand

Digital marketing bisa membantu membangun nama brand dengan baik. Eksistensi dari dunia maya dengan keberadaan brand sangatlah penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk Anda.

Jenis – Jenis Digital Marketing

Terdapat beberapa jenis-jenis dari digital Marketing yaitu, sebagai berikut:

1). Website berperan dalam menggambarkan profesionalisme sebuah perusahaan, membantu konsumen untuk mengetahui bisnis, promosi yang hemat serta media bisnis yang mudah.

2). Search Engine Marketing merupakan suatu upaya untuk membuat website perusahaan mudah untuk ditemukan dalam sistem mesin pencari.

3). Social Media Marketing mampu melakukan penyebaran platform di media sosial seperti Facebook dan Twitter . Hal itu dapat dilakukan dengan biaya yang terbilang sangat sedikit bahkan gratis. Ini merupakan salah satu upaya yang tentu saja dapat membantu untuk meningkatkan brand sebuah perusahaan.

4). Online Advertising merupakan media promosi melalui internet dengan adanya pembayaran. Ini bisa membantu konsumen untuk lebih cepat memuaskan namun terbilang lebih mahal dibandingkan jenis yang sebelumnya.

5). Email Marketing berfungsi untuk memberitahu informasi terbaru tentang promosi yang sedang berlangsung maupun produk atau jasa.

6). Video Marketing membantu menjelaskan tentang bisnis yang sedang dijalani, juga membantu menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta menampilkan testimonial pelanggan.

Strategi Digital Marketing

Terdapat beberapa strategi yang dilakukan dalam pelaksanaan digital marketing yaitu, sebagai berikut:

1). Search Engine Optimization merupakan upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar mampu mencapai peringkat teratas dalamhasil pencarian. Untuk menjadikan peringkat teratas, diperlukan sumber daya yang mampu memahami bagaimana sistem mesin pencari. Media yang bisa digunakan dalam pelaksanaanya yaitu seperti website, blogs dan indografis.

2). Content Marketing yaitu usaha dalam merencanakan, membuat serta membagikan konten tentang perusahaan. Hal ini dilakukan untuk menarik pembaca agar mengetahui bisnis dan memotivasi untuk menjadi pembeli. Konten ini biasanya dibuat dalam bentuk unggahan blog, media sosial, artikel, e-book, indografis serta brosur online.

3). Otomatisasi Pemasaran merupakan suatu teknik otomatisasi dari tugas-tugas secara berulang. Tugas-tugas seperti alur pekerjaan, susunan unggahan konten serta laporan kampanye. Otomatisasi ini dilakukan dalam kanal digital yang dimiliki seperti email dan media sosial lainnya.

4). Pay-Per-Klik atau PPC merupakan sebuah cara untuk mengarahkan traffic ke situs dengan bayaran pada setiap kliknya.

5). Native Advertising adalah bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang mirip dengan konten media dan penempatannya.

6). Affiliate Marketing adalah bermitra dengan layanan atau situs orang lain gar membantu untuk merujuk pembaca atau pengunjung singgah ke bisnis Anda.

7). Sosial Media Marketing merupakan upaya untuk mempromosikan brand dan konten di media sosial yang ada. Media sosial ialah sebuah sarana yang mampu membantu untuk membesarkan suatu brand.