Pengertian Data Primer, Karakteristik, Fungsi hingga Perbedaan Data Primer dan Skunder

Bagi kamu yang konsen dalam penelitian, pasti sudah tidak asing lagi dengan maksud dari data primer.

Namun bagi yang masih baru mengawali penelitain, sangat penting untuk memahami salah satu unsur dalam penelitian ini. Untuk belajar dan pintar bersama, yuk simak ulasan mengenai data primer berikut!

Pengertian Data Primer

Sebagai alat bantu mencari hasil sebuah riset, peneliti sangat membutuhkan adanya data primer. Jenis data ini bisa dikatakan erat dan akrab kaitannya dengan data sekunder. Namun, data primer sendiri berdiri sebagai data utama dalam sebuah penelitian.

Jika berangkat dari pengertian data primer, akan terlihat sedikit perbedaan dengan data sekunder. Sebab keduanya juga memiliki fungsi dan juga karakteristik masing-masing.

Nah, jika kamu peka dalam hampir setiap penelitian kamu akan bisa menemukan jenis data primer. Karena ya, data ini berfungsi untuk membantu peneliti dalam mencari jawaban dari rumusan masalah yang sudah disusun. Sedangkan asal sata primer sendiri bisa peneliti langsung dapatkan dari objek riset.

Pengertian Data Primer Menurut Para Ahli

Walaupun sudah mengerti mengenai maksud pengertian data primer secara umum, tak ada salahnya jika kita kembali membuka pendapat ahli.

Berikut beberapa pengertian data primer menurut para ahli:

1). Sugiyono (2016)

Data primer menurut Sugiyono ialah sebuah data yang langsung didapatkan dari sumber dan juga diberi kepada pengumpul data. Selain itu, Sugiyono juga mengatakan bahwa sumber data primer adalah wawancara dengan subjek penelitian baik secara observasi ataupun pengamatan langsung.

2). Sanusi (2012)

Menurut Sanusi, data primer tak lain merupakan suatu data yang pertama kali dikumpulkan serta ditulis peneliti.

3). Danang Sunyoto (2013)

Terakhir dalam artikel ini ada pendapat ahli Sunyoto yang mengartikan bahwa data primer adalah data yang asli dan dikumpulkan sendiri oleh peneliti. Dalam maksud sebagai alat jawab rumusan masalah penelitian.

Karakteristik Data Primer

Walaupun sudah memahami pengertian dari data skunder, penting bagi peneliti untuk mengenali karakteristik kedua data primer. Adapun karakteristik data primer adalah sebagai berikut:

1). Data primer adalah asli dan terjamin keasliannya. Hal ini merujuk pada pengertian bahwa data tersebut diberikan langsung dari sumbernya. Sehingga dipastikan bahwa data tersebut murni atau asli.

2). Sebagai informasi ‘pertama’ yang dikarenakan pengumpulan data dilakukan pertama kali dalam penelitian.

3). Harus valid dan juga senantiasa akurat, sebab data primer sendiri cenderung selalu berkembang setiap waktu. Sehingga dalam pengumpulannya data yang didapat bersifat updated.

4). Data mentah, sebab sumber data primer adalah pihak yang memberi informasi secara langsung dan belum diolah.

Fungsi Data Primer

Jika melihat dari fungsi utama data primer, tentu sebagai menyelesaikan rumusan masalah riset. Namun juga masih ada sederet fungsi lainnya yang dapat kita lihat dari penjelasannya di bawah:

1). Dasar jawaban dari rumusan masalah sebuah penelitian. Kehiran data primer tak lain demi mengisi dasar jawaban sebuah rumusan masalah agar bisa lebih valid.

2). Sumber evaluasi, dengan menerima feedback langsung dari sumber data. Selain menjadi jawaban riset bisa Anda gunakan untuk kaca evaluasi.

3). Acuan perencanaan dengan ada upaya-upaya perbaikan agar bisa lebih efektif.

Perbedaan Data Primer dan Sekunder

Tentu berangkat dari nama data primer dan skunder saja sudah berbeda ya. Maka langsung bisa diketahui bahwa masing-masing dari kedua jenis tersebut punya ciri dan karakteristik sendiri yang saling berbeda. Namun perbedaan inilah yang diharapkan bisa saling melengkapi satu sama lain.

Perbedaan data primer dan sekunder sendiri juga bisa kamu lihat dari teknik dan sumber pengumpulan datanya. Jadi, sebagai pelengkap penelitian sangat penting bagi kamu mencari data primer dan juga sekunder.

Agar memudahkan kamu, data skuner sendiri bisa diambil melalui respons pelanggan yang diliput oleh media. Dalam hal misalkan dari survei-survei kecil yang dilakukan oleh peneliti lainnya.

Demikian artikel kami mengenai data primer yang mengulas mulai dari pengertian menurut ahli, karakteristik, fungsi hingga perbedaan antara data primer dan data skunder.

Semoga ulasan kami membantu kamu dalam penelitian, khususnya menambah wawasan mengenai pengertian data skuner! Terimakasih sudah singgah.