Apa Itu CPU, Fungsi, Komponen Hingga Bagian-bagiannya

Ketika menggunakan komputer, semua data akan diproses dengan cepat, tersimpan dengan baik walau dengan jumlah besar. Mengapa begitu? Karena di komputer ada CPU.

CPU bekerja ibarat otak manusia yang menyimpan data-data dan mengolahnya sesuai perintah pengguna.

Jadi, komputer tanpa CPU tak ubahnya hanya layar penampil saja, tanpa bisa bekerja seperti komputer.

CPU atau Central Processing Unit merupakan perangkat paling utama dalam perangkat komputer.

Namun, CPU sering disebut sebagai suatu kotak atau casing yang di dalamnya terdapat beberapa perangkat keras, seperti motherboard, hardisk, RAM, kartu VGA, kabel (power supply), dan lain-lain.

Nyatanya, CPU adalah perangkat keras (hardware) yang terdapat di dalam casing tersebut dan terdapat pada bagian motherboard.

Secara umum, arti CPU adalah perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak.

Istilah lain dari CPU prosesor (processor), sering digunakan untuk merujuk ke CPU.

Sementara mikroprosesor merupakan CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu. Sejak pertengahan 1970-an, satu mikroprosesor sirkuit terpadu telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam pelaksanaan CPU.

Fungsi CPU

CPU memiliki fungsi utama yakni melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang diberikan melalui beberapa perangkat keras.

Pada prinsipnya, CPU hampir sama seperti kalkulator, namun CPU jauh lebih kompleks dalam melakukan pemrosesan dari intruksi-intruksi yang diberikan.

Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada RAM, setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori.

Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dipilih.

Komponen CPU dan Fungsinya

Secara lebih rinci berikut ini kami rangkum fungsi masing-masing komponen pada CPU. Adapun komponen pada CPU adalah:

1. Unit Kontrol

Yakni komponen yang mengatur jalannya program. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga sinkronisasi yang terjadi antara komponen bekerja dalam menjalankan fungsi operasi.

Fungsi control unit atau unit kendali adalah sebagai berikut:

– Mengatur dan mengontrol alat input (masukan) dan output (keluaran).

– Mengambil instruksi dari memori utama.

– Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.

– Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika dan perbandingan logika, lalau mengawasi kerja dari ALU.

– Menyimpan hasil proses ke memori utama.

2. Register

Yakni perangkat penyimpanan kecil yang memiliki akses ke kecepatan yang cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data atau perintah yang sedang diproses.

Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah atau data untuk diproses lebih lanjut.

3. Unit ALU

Yakni komponen yang berfungsi melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering dikatakan bahasa mesin sebab pada bagian ini ALU terdiri dari dua bagian yakni arithmetika satuan dan boolean unit logika, yang masing-masing memiliki spesifikasi pekerjaan sendiri.

Fungsi utama ALU ialah melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan perintah program.

4. CPU Interconnections

Yakni komponen CPU yang berfungsi sebagai sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan system lainnya. Seperti memori utama, piranti masukkan/keluaran.

Bagian CPU

Seperti yang telah dijelaskan di atas, CPU terdiri dari beberapa bagian. Berikut penjelasannya.

1). Casing, yakni bagian terluar dari PC dan berfungsi sebagi penutup dan tempat dudukan komponen lain serta sebagai pelindung komponen komponen didalamnya dari kotoran dan debu.

2). Processor, yakni otak atau induk dari setiap pemrosesan komputer.

3). Motherboard, yakni papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat dudukan komponen elektronik atau komponen kompter lainnya yang saling terhubung.

4). RAM atau Random Access Memory, yakni memori utama komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data yang telah diproses oleh processor sebelum dilanjutkan ke bagian lain yang membutuhkan.

5). Harddisk, yakni bagian yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data secara konvensional yang umum digunakan. Biasanya harddisk saat ini mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar mulai dari ratusan GB hingga TB. Data yang bisa disimpan dalam harddisk yaitu lagu, video, gambar, aplikasi dan lain sebagainya.

6). VGA Card atau Kartu Video Graphic Editor, yakni komponen yang berfungsi untuk mengolah data grafis untuk ditampilkannya ke monitor. VGA Card juga komponen penting saat menjalankan aplikasi yang menampilkan grafis di monitor seperti game, video dan sebagainya.

7). Sound Card, yakni bagian yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara dari/ke perangkat keras yang terkait seperti speaker dan mic.

8). Optical Disk Drive, yakni bagianyang berfungsi untuk membaca dan menulis pada piringan CD/DVD. Bagian ini juga sering disebut CD/DVD Room.

9). Power Supply, yakni bagian yang mengalirkan listrik ke setiap komponen komputer agar dapat beroperasi.

Cara Kerja CPU

CPU bekerja atas instruksi yang diberikan pengguna. Saat data / instruksi dimasukkan ke processing-perangkat, pertama kali ditempatkan pada MAA (melalui input-storage).

Apabila itu dalam bentuk instruksi, akan disimpan oleh Control Unit di Program-storage, namun jika dalam bentuk data, maka akan disimpan dalam Working-storage.

Kemudian register siap untuk menerima pelaksanaan pekerjaan, Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisi instruksi yang disimpan dalam program counter.

Sedangkan data diambil oleh Control Unit Kerja-storage untuk ditampung di register tujuan umum (dalam hal ini di Operand-daftar).

Jika pengerjaan yang dilakukan oleh instruksi yang aritmatika dan logika, ALU akan mengambil alih operasi yang harus dilakukan berdasarkan set instruksi. Hasilnya disimpan dalam akumulator.

Dan ketika hasil pengolahan selesai, Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di akumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage.

Setelah pembangunan secara keseluruhan selesai, Control Unit akan mengambil pengolahan Kerja penyimpanan untuk ditampung ke Output-storage. Kemudian nanti output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke perangkat output.

Demikian ulasan mengenai apa itu CPU, mulai dari pengertian, fungsi, bagian, komponen hingga cara kerjanya. Semoga bermanfaat. (*)