Pengertian CorelDRAW, Fungsi, Versi dan Fitur – Fiturnya

Salahsatu aplikasi yang biasa digunakan jika Anda sedang merancang desain brosur adalah Corel Draw. Dalam aplikasi ini, Anda bisa meletakkan gambar dan tulisan dalam desain Anda.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh desainer selain software photoshop, adobe illustrator, sketchUp dan semacamnya.

Corel Draw (ditulis:CorelDraw) sendiri merupakan software yang dikembangkan oleh Corel Corporation, perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Ottawa, Kanada.

Corel Draw adalah suatu program komputer editor grafik vektor yang memiliki mengolah gambar dan banyak digunakan pada bidang publikasi, percetakan, dan bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

Aplikasi ini digunakan untuk mengedit grafis vektor. Maka dari itu, sejatinya, ia lebih tepat digunakan sebagai tool ilustrasi.

Versi pertamanya dirilis pada tahun 1989. Teranyar, CorelDRAW yang terbaru merupakan edisi ke-22 yang diluncurkan 12 Maret 2020 lalu.

Sejarah Corel Draw

Corel Draw didirikan oleh Michael Cowpland yang lahir 23 April 1943 di Bexhill, Inggris.

Pendiri Corel Corporation itu lulus Bachelor of Engineering di Universitas Imperial, London sebelum pindah ke Kanada dan meraih gelas master juga Ph.D. dari Carleton University, Kanada.

Michael Cowpland dan Terry Mathews sebelumnya juga pernah mendirikan perusahaan telekomunikasi bernama Mitel Corporation yang sukses besar di tahun 70-an sampai awal 80-an.

Namun pada akhirnya, karena masalah manajemen, ekspansi dan pengembangan perusahaan yang gagal di tahun 1984 perusahaan dibeli oleh British Telecom. Tak lama, Michael Cowpland dan rekannya keluar dari perusahaan tersebut.

Kemudian dengan dana segar, Cowpland mencoba peruntungan kembali dengan mendirikan COwpland REsearch Laboratory atau yang disingkat menjadi Corel.

Mula-mula Corel hanya berfokus pada pengembangan printer laser untuk komputer pribadi.

Tapi, seiring perjalanannya, corel ternyata kesulitan menembus pasar persaingan, terlebih beberapa produsen di Asia berani mengeluarkan harga murah untuk produk-produk serupa.

Perusahaan pun kemudian mengubah arah dengan memproduksi perangkat lunak yang mendukung pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan dekstop publishing.

Baru pada tahun 1987 Corel mulai mempekerjakan para programmer diantaranya adalah Pat Beirne dan Michel Bouillon untuk menyusun software CorelDraw. 2 tahun setelahnya, CorelDraw diperkenalkan di 1989 dan meledak di pasaran.

Fungsi Corel Draw

Corel Draw memiliki beberapa fungsi yang ditawarkan pada penggunanya. Biasanya Corel Draw dipakai untuk:

1. Mendesain Logo

Corel Draw berfungsi sebagai aplikasi untuk membuat logo. Biasanya ini permintaan dari perusahaan, website, toko ataupun organisasi.

2. Mendesain Brosur

Fungsi lain dari Corel Draw adalah untuk mendesain brosur, undangan dan poster.
Corel Draw menawarkan banyak desain yang menarik.

3. Mendesain Sampul Buku

Corel banyak digunakan untuk membuat sampul buku, mulai dari cover yang bergaya desain sederhana sampai rumit.

4. Membuat Ilustrasi

Corel juga biasa digunakan untuk membuat ilustrasi, misalnya ilustrasi serigala yang tengah mengaum di tengah bulan purnama dan sebagainya.

5. Membuat Kartun

Kamu bisa berkreasi dengan garis dan lengkungan untuk menciptakan tokoh imajinatif seperti dalam dunia perkartunan.

Fitur Aplikasi CorelDRAW

Dirangkum dari situs resmi CorelDRAW, ada beberapa fitur unggulan yang dimiliki aplikasi ini. Adapun beberapa fitur tersebut adalah sebagai berikut.

1). Fitur Kolaborasi, yakni learn.corel.com. Fitur ini memungkinkan Anda bekerjasama dengan ilustrator lainnya. Lewat aplikasi ini, satu dokumen desain bisa dilihat dan diedit oleh banyak orang.

2). Tool tipografi canggih yang memungkinkan Anda mengkreasikan huruf. Ketebalan sumbu X dan sumbu Y font bisa kamu sesuaikan. Tak ada lagi batas mempertebal dan menipiskan huruf.

3). PowerTRACE™, yakni fitur yang bisa mengubah gambar bitmap mencari vektor dengan cepat.

Kelebihan CorelDRAW

Berikut di bawah ini Kelebihan CorelDraw, antara lain sebagai berikut.

  • Lebih User Friendly, jadi untuk pengguna awam, tampilan CorelDraw lebih bersahabat dibandingkan AI. Tampilannya mungkin lebih mirip seperti ms word. Sedangkan Fitur-fitur AI lebih kompleks dan tersembunyi.
  • Formart Import dan Export yang Lengkap. Yakni banyak format save data baik untuk keperluan import maupun export data. Bahkan coreldraw menyediakan format AI, artinya data yang dibuat di coreldraw bisa juga dibuka di Adobe Illustrator yang notabene adalah rivalnya.
  • Resolusi Tinggi, yakni menyediakan hasil gambar dengan resolusi besar. Sehingga aplikasi ini cocok digunakan pada industri yang kadang harus mencetak gambar dalam skala gambar besar.
  • Gampang Dicetak, Ketika akan mencetak/print gambar ke percetakan, software yang terinstal dalam komputer mereka adalah Corel.

Kelemahan CorelDRAW

Berikut di bawah ini kelemahan CorelDraw, antara lain sebagai berikut.

  • Ukuran file yang besar sehinggabmenuntut penggunaan PC yang memiliki spesifikasi mumpuni dan dalam sektor RAM yang tinggi karena ukuran file mentah yang dihasilkan bisa cukup besar. Apalagi jika desainnya terbilang kompleks.
  • Sulit untuk membuat tabel karena berbasis vektor.
  • Color Space harus dikoreksi sebelum penggunaan secara profesional.

Demikian ulasan mengenai apa itu Corel Draw, fungsinya, keunggulan, hingga fitur andalannya. Semoga bermanfaat. (*)