Pengertian Brainware, Fungsi dan Contoh Brainware

Brainware, biasanya masih terdengar asing di telinga kita. Sebab istilah tersebut tidak umum dan masih jarang dipakai dalam keseharian. Istilah brainware dipakai untuk menghubungkan manusia selalu pembuat dan pengguna hasil ciptaannya seperti komputer serta software.

Tidak hanya itu, istilah brainware juga merujuk dalam dunia bisnis, yaitu bagaimana seseorang menata kemampuan otaknya. Termasuk didalamnya bagaimana orang tersebut memanfaatkan intelektualnya dalam manajemen pekerjaan, kegiatan harian, menata perasaan dan emosional serta sederet lainnya yang tercakup dalam manajemen brainware.

Untuk lebih mengenai apa itu brainware, silakan simak ulasan berikut ya! Sebab kali ini kita akan membahas mengenai brainware, mulai dari  pengertian, fungsi dan contoh brainware.

Pengertian Brainware

Brainware adalah istilah yang digunakan untuk manusia yang berinteraksi dengan sistem komputer. Manusia adalah elemen dari sistem komputer, dan sistem komputer merancang cara kerja mesin sesuai dengan hasil yang diperlukan.

Tingkat perangkat lunak otak meliputi analis sistem, pemrogram, administrator dan operator. Bagian otak terdiri dari operator komputer, teknisi, pelatih, konsultan, manajer proyek, programmer, desainer grafis, ahli jaringan, administrator database dan sistem analisis.

Oleh karena itu, dalam istilah sederhana “brainware” mengacu pada orang yang menggunakan atau mengoperasikan peralatan komputer. Hal ini menjadikan istilah “peralatan otak” seseorang dengan kemampuan dan keahlian menggunakan komputer.

Perangkat lunak otak juga biasanya dikaitkan dengan perangkat pintar yang memiliki keterampilan untuk menggunakan dan menjelajahi sistem perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Sedangkan jika melihat dari kacamata dunia bisnis dan pengembangan perusahaan, istilah brainware merujuk pada seseorang atau kelompok orang yang memiliki kemampuan intelektual dalam mengeksplorasi serta menjalankan jaringan sistem informasi manajemen perusahaan terkait.

Brainware dalam sistem informasi manajemen bisnis, akan sangat berguna sebagai upaya menghasilkan dan mengolah informasi menjadi benefit. Benefit yang didapatkan perusahaan tersebut seperti pengolahan data, input dan output atau apa saja yang bisa didapatkan perusahaan untuk dapat dikelola nantinya.

Tentunya semua hal tersebut sangat berguna bagi kelangsungan organisasi maupun perusahaan untuk lebih unggul dengan kompetitornya.

Pengertian Brainware Menurut Ahli

Beberapa ahli juga turut memberikan pengertian brainware. Adapun definisi brainware menurut Azhar Susanto dan Edi Purwono adalah sebagai berikut:

Azhar Susanto (2004)

Azhar susanto mendefinisikan brainware sebagai seseorang yang dapat menciptakan, mengatur dan juga mampu untuk menjalankan sebuah sistem informasi.

Edi Purwono (2004)

Definisi brainware oleh Edi Purwono yaitu seorang ahli profesional yang secara langsung terlibat dalam pengolahan sebuah sistem informasi. Ahli yang dimaksud dalam hal ini antara lain bagian sistem analis dan juga programmer.

Fungsi Brainware

Berangkat dari penjelasan dan pengertian brainware diatas, hal selanjutnya yang harus kita ketahui adalah fungsinya. Adapun beberapa fungsi dari brainware secara umum adalah:

Project Manager

Pemimpin tentunya harus memiliki kriteria tersendiri, sebab ia akan memimpin banyak karyawan serta proyek pekerjaan di bawahnya. Maka perusahaan yang akan mempekerjakan seseorang sebagai project manager, harus mempunyai basic kepemimpinan serta dedikasi dalam membimbing tim nya.

Konsultan

Sebagai seorang konsultan, tidak hanya dituntut mempunyai cangkupan ilmu yang luas dan bisa membaca arah serta keadaan. Namun juga harus memberikan nasehat dan konsultasi yang dapat membawa klien dalam menentukan langkah mereka selanjutnya.

Administrator

Administrator merupakan tugas bagi seorang yang dianggap memiliki skill dalam mengelola suatu sistem operasi berserta juga program yang dijalankan dari komputer atau jaringan dalam perusahaan.

Terdapat pula database administrator yang bertanggung jawab terhadap kelancaran sistem database perusahaan. Termasuk didalamnya bertugas untuk mengatur, mengelola serta menyimpan arsip mau pun data-data penting perusahaan.

Programmer

Biasanya perusahaan juga harus mempunyai programmer mereka sendiri. Programmer memiliki tugas untuk membuat program yang dibutuhkan perusahaan dalam sistem komputerisasi. Programmer juga memegang peran sebagai pihak yang turut menjaga keamanan serta kelancaran keseluruhan sistem komputer perusahaan.

Operator

Operator yang bertugas untuk menjalankan sistem operasi serta program dalam perangkat komputer perusahaan. Operator akan melakukan perawatan sistem operasi komputer, menyiapkan akses pada data dan informasi yang dibutukan dan sederet lainnya.

Teknisi Komputer

Teknisi komputer haruslah memiliki kemampuan dan keahlian khusus untuk merawat, mengatasi hingga memperbaiki berbagai jenis masalah yang sering terjadi pada komputer. Seorang teknisi computer harus pengetahuan yang luas mengenai semua perangkat yang berhubungan erat dengan komputer.

Contoh Brainware

Setelah memahami fungsinya, tentu yang menjadi pertanyaan adalah contoh dari Brainware itu sendiri. Untuk itu, berikut ini adalah penerapan dari istilah brainware:

Netter

Netter merupakan istilah bagi mereka pengguna internet yang menjelajahi situs-situs web dengan kepentingan mencari dan mendapatkan informasi. Istilah ini tidak hanya mengacu pada individu, namun juga sekelompok orang mau pun sebuah organisasi.

EDP Department

EDP Department ini adalah orang-orang yang berada di IT Department. EDP Department atau Pengolah Data Elektronik yang dimaksud merupakan penggunaan suatu metode otomatis dalam mengolah data komersial untuk suatu perusahaan.

Network System

Network System merujuk pada jenis sistem operasi yang ditujukan dalam upaya menangani suatu jaringan komputer. Biasanya sistem operasi ini terdiri dari banyak kumpulan layanan, yang dimaksudkan agar dapat memberikan pelayanan bagi para pengguna komputer.

Demikian artikel kami mengenai brainware, yang mengulas mulai dari  pengertian, fungsi dan contohnya. Semoga ulasan kami membantu Anda, khususnya untuk lebih mengenal brainware! Terimakasih sudah singgah.