Pengertian Bandwidth, Fungsi, Jenis – Jenis dan Cara Kerja Bandwidth

Ketika berbicara mengenai kecepatan internet Anda mungkin akan menemukan istilah “bandwidth”. Istilah ini juga sering muncul ketika membahas Virtual Private Server (VPS).

Begitupun, tidak semua orang paham apa itu bandwidth meski mereka menggunakan internet setiap hari.

Di dunia internet, bandwidth adalah sebutan untuk kapasitas pertukaran atau transfer data antara server dengan penerima yang dihitung dalam satuan bit per detik (bps).

Bandwidth berhubungan dengan cakupan frekuensi sinyal dalam medium transmisinya.

Analoginya adalah, bandwidth diibaratkan seperti pipa saluran air. Jadi semakin besar diameter pipanya, maka akan semakin banyak atau semakin besar volume air yang bisa lewat.

Nah, sekarang bayangkan ketika di sepanjang jalur pipa ditambahkan cabang-cabang untuk mengarahkan air ke tujuan lain, otomatis kecepatan laju air dalam pipa akan berkurang.

Cabang-cabang ini adalah perangkat lain yang digunakan dalam satu saluran internet.

Selain itu, dalam jaringan komputer, pengertian bandwidth biasanya berhubungan dengan data transfer rate, yaitu penghitungan jumlah data dari satu lokasi ke lokasi lain dalam waktu tertentu yang sama-sama dihitung dalam satuan bps.

Inilah nilai kapasitas maksimum yang bisa digunakan untuk mengirim data dalam satuan detik di satu jalur.

Untuk mengukur bandwidth biasanya menggunakan satuan Mbps (megabit per second).

Sebagai contoh, jika anda memiliki bandwidth 100Mbps maka sejalan dengan jumlah data maksimal yang bisa dilewati hanya 100Mbps per second pada suatu saluran komunikasi.

Dengan demikian, apabila semakin besar bandwidth yang anda miliki maka akan semakin besarpun data yang dapat melewati saluran komunikasi tersebut.

Fungsi Bandwidth

Bandwidth memiliki beberapa fungsi dalam dunia internet, yakni:

1. Media Pengiriman Data

Bandwidth berperan penting sebagai media pengiriman data.

Jadi, jika diumpamakan dengan kabel fisik pada LAN yang biasanya digunakan sebagi penghubung koneksi LAN dengan perangkat komputer maka dalam hal ini Mengenal Bandwidth berfungsi sebagai media yang dapat menghubungkan jalannya proses transfer pada data.

2. Pembatas Kecepatan Transfer

Fungsi lain dari bandwidth adalah sebagai pembatas kecepatan transfer data. Biasanya hal ini dimanfaatkan oleh para administrator guna mengelola jaringan supaya dapat terhindar dari tindakan pencurian data.

3. Pembatas Kecepatan Pengiriman Data

Selain membatasi jumlah data, bandwidth juga berfungsi untuk membatasi kecepatan transfer data.

Ini juga biasanya digunakan oleh pihak administrator sebagai contoh pihak administrator menyediakan bandwidth 1GB perbulan dengan mempertimbangkan jumlah perangkat yang digunakan, maka batas maksimal data yang bisa dikirim hanya 1GB dan tidak bisa lebih.

Cara Kerja Bandwidth

Untuk cara kerja dari Bandwidth sendiri sebenarnya masih berkaitan dengan ketiga fungsi diatas yang sudah dijelaskan.

Besar kapasitas bandwidth pada jaringan komunikasi sangat memberikan pengaruh terhadap kinerja jaringan tersebut, namun apabila pada saat prosesnya terjadi beberapa gangguan maka ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya yaitu seperti packet loss, latency, atau bahkan bisa jadi dari faktor bandwidth itu sendiri.

Banyak orang mengenal Bandwidth sebagai suatu komponen yang berperan penting dalam pengiriman data pada suatu jaringan, yang perlu diperhatikan bahwa besar kapasitas dari bandwidth penting demi kelancaran dari proses pengiriman data tersebut.

Sebagai contoh apabila anda mengunggah atau mengunduh beberapa file yang berukuran besar dalam jumlah yang banyak maka kapasitas dari bandwidth juga akan semakin cepat habis.

Jenis – Jenis Bandwidth

Berdasarkan bentuk teknologinya, ada dua jenis bandwidth, yakni analog dan digital.

1. Bandwidth Digital

Jenis bandwidth digital dapat memberikan informasi mengenai kapasitas yang ditunjukkan secara digital. Data tersebut bisa berupa kapasitas dalam sebuah saluran transmisi, baik menggunakan kabel maupun nirkabel, yang dihitung dalam satuan bit per detik (bps).

2. Badwidth Analog

Bandwidth analog adalah bandwidth yang menghitung berapa banyak informasi yang bisa ditransmisikan oleh sebuah jaringan dalam waktu tertentu. Bedanya dengan digital, jenis bandwidth yang satu ini menghitung data dalam satuan Hertz (Hz) atau siklus per detik.

Demikian ulasan mengenai apa itu bandwidth, fungsinya, cara kerja hingga jenisnya. (*)