Aplikasi: Pengertian, Klasifikasi, Fungsi dan Dampak Negative dari Aplikasi

Khalayak pengguna smartphone pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “aplikasi”. Aplikasi merupakan perangkat lunak atau program komputer tersebut kemudian akan dijalankan pada sistem tertentu yang sengaja dikembangkan dan kemudian dikembangkan sehingga dapat mengeksekusi perintah-perintah tertentu yang dibutuhkan.

Perancang dan pengembang aplikasi yang disebut pengembang akan merancang atau merakit aplikasi mereka dan kemudian menjualnya. Namun, Anda juga bisa mendapatkan berbagai aplikasi gratis di toko smartphone.

Bagi Anda yang masih membutuhkan lebih banyak informasi terkait aplikasi, berikut kami ulas untuk Anda. Yuk, simak!

Pengertian Aplikasi

Aplikasi adalah jenis perangkat lunak yang menggabungkan fungsi tertentu dengan cara yang dapat diakses oleh pengguna. Ada jutaan aplikasi yang menyediakan layanan aplikasi di App Store dan toko aplikasi Android. Aplikasinya sendiri adalah dasar dari ekonomi seluler.

Sejak peluncuran iPhone pada 2007 dan App Store pada 2008, aplikasi telah menjadi cara utama bagi pengguna untuk memasuki revolusi ponsel cerdas. Selain itu, aplikasi tersebut telah membantu menciptakan angka industri bernilai miliaran dolar.

Misalnya, game seluler sekarang menghasilkan pendapatan lebih dari $ 30 miliar setiap tahun, dan aplikasi dari perusahaan media sosial seperti Facebook berkontribusi besar terhadap pendapatan miliaran dolar mereka setiap kuartal.

Peningkatan popularitas yang dramatis berdampak langsung pada pengiklan. Penggunaannya yang meluas telah menjadikan penggunaan seluler sebagai saluran periklanan utama semakin penting bagi perusahaan.

Baik perusahaan menjalankan bisnis melalui aplikasi atau melalui iklan di perangkat seluler, aplikasi telah menjadikan iklan seluler sebagai industri yang berharga secara global.

Selain itu, aplikasi seluler juga sangat penting, karena keserbagunaannya dapat menghadirkan banyak kemudahan bagi kehidupan masyarakat.

Klasifikasi dan Jenis Aplikasi

Untuk memudahkan pengguna menemukan tipe aplikasi yang ingin mereka gunakan, ada beberapa pengelompokan atau kategori aplikasi berikut ini:

1). Perangkat lunak waktu nyata

Jenis ini merupakan klasifikasi aplikasi yang dapat digunakan untuk mengamati, mengontrol, dan menganalisis langsung kondisi di dunia nyata.

2). Perangkat lunak sistem

Jenis aplikasi yang sangat berguna untuk mengontrol dan mengatur proses operasi internal yang ada di sistem komputer.

3). Perangkat lunak komersial

Jenis ini merupakan aplikasi yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan bisnis pribadi. Contohnya adalah mengelola sistem keuangan, mencatat jumlah pesanan dan sederet fungsi lainnya.

4). Perangkat lunak PC

Jenis ini merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna resmi maupun pribadi.

5). Perangkat lunak berbasis web

Jenis perangkat lunak berbasis web merupakan aplikasi dengan fungsi menghubungkan pengguna langsung ke Internet.

6). Rekayasa dan perangkat lunak ilmiah

Jenis aplikasi ini dibuat dan dikembangkan untuk membantu manusia memecahkan berbagai masalah. Hanya saja masalahnya spesifik, yaitu bukan masalah algoritma.

Fungsi dan Kegunaan Aplikasi di Bidang Khusus

Menurut pengertian aplikasi, fungsi aplikasi tentunya tidak jauh dari tujuannya. Artinya memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam segala bidang kehidupan.

Alhasil, berbagai fungsi aplikasi bisa didapatkan untuk semua bidang kehidupan, antara lain:

1). Bidang Sains

Di area ini, aplikasi dapat digunakan untuk memperoleh informasi tentang sains. Anda juga dapat mengembangkan aplikasi ini untuk membantu seseorang melakukan penelitian.

Contoh penerapannya adalah aplikasi yang dapat menghubungkan siswa dengan guru atau tutor privatnya.

2). Bidang Pendidikan

Aplikasi bidang ini biasanya digunakan sebagai bahan ajar, apalagi dimasa pandemic yang berakibat pada pendidikan jarak jauh.

Contoh aplikasi seperti Microsoft PowerPoint dapat menampilkan berbagai jenis materi dalam bidang pendidikan, bukan hanya materi tertulis.

Namun bisa juga menggunakan video, audio, animasi dan bentuk lainnya untuk membuat suasana belajar mengajar lebih menarik.

Ada pula aplikasi familiar seperti Zoom, Google Clasroom, Google Meet dan masih banyak lagi.

3). Bidang Medis

Aplikasi di bidang medis ini dapat membantu dokter dalam berbagai cara. Mulai dari mendiagnosis penyakit, menyiapkan obat dan mengatur pengobatan. Saat ini sudah banyak aplikasi yang dikembangkan di bidang medis.

4). Bidang Militer

Aplikasi militer dapat bertindak sebagai pengendali pesawat dimana dengan cara ini, kontrol manual tidak lagi diperlukan. Alhasil, penentuan informasi kendali akan lebih optimal daripada informasi kendali manual.

5). Area Komersial

Dari segi bisnis, aplikasi dapat digunakan sebagai alat untuk menghitung profit dengan lebih cepat, mudah dan akurat. Dengan cara ini, orang yang terlibat dalam bisnis tertentu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menghitung angka, karena aplikasi dapat menggantikan kinerjanya.

Fungsi dan Kegunaan Aplikasi Secara Umum

Selain beberapa aplikasi dengan fungsi berdasarkan bidang di atas, berikut ini juga perlu dipahami beberapa fungsi aplikasi secara umum:

1). Dapat Mempermudah Pekerjaan Seseorang

Adanya aplikasi tersebut sangat memudahkan seseorang dalam melakukan pekerjaan tersebut. Misalnya, temukan alamat rumah Anda yang dilakukan cukup unduh aplikasi Google Maps di Play Store dan App Store.

Begitu pula ketika seseorang ingin mengedit foto, cari saja aplikasi edit foto melalui Play Store dan App Store, lalu unduh dan gunakan dengan cara yang cepat.

2). Sebagai Media Hiburan

Fungsi aplikasi universal lainnya adalah dapat menjadi media hiburan yang menarik. Sama seperti beberapa aplikasi yang dibuat untuk bermain game, menonton film dan masih banyak lagi. Dengan cara ini, dimanapun mereka berada orang tidak akan mudah merasa bosan.

3). Media Komunikasi dan Pertemanan

Saat seseorang menggunakan aplikasi, fungsi umum lainnya adalah komunikasi dan persahabatan. Dengan aplikasi ini, Anda dapat berteman tanpa ada batasan jarak. Artinya seseorang dapat menjalin komunikasi dan pertemanan dengan orang-orang di sekitar atau jauh.

4). Mencari dan Menemukan Berita Terbaru

Terakhir, aplikasi yang dibuat juga dapat digunakan sebagai media update berita terbaru. Saat orang menggunakan aplikasi, pemberitahuan dari aplikasi dapat memberikan pembaruan berita terbaru. Dengan cara ini, tidak ada yang ketinggalan berita terbaru saat itu.

Dampak Buruk Aplikasi

Tentunya selain bermanfaat, aplikasi juga memiliki berbagai efek yang tidak diinginkan. Efek merugikan dari aplikasi adalah sebagai berikut:

1). Kumpulkan Data Pribadi

Apakah Anda sering mendengar tentang scam? Satu kata berarti penipuan. Penipuan dapat dimulai dengan penyalahgunaan data pribadi dan aplikasi dapat menjadi sumber bencana. Beberapa aplikasi memerlukan izin pengguna untuk mengumpulkan data pribadinya.

Hal tersebut bisa menjadi momok. Karena aplikasi tersebut dapat mengakses kontak, mengakses data pribadi pengguna dan juga dapat menggunakannya untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengunduh aplikasi, perhatikan baik-baik izin aplikasi tersebut.

2). Membawa Virus

Seperti yang Anda ketahui, banyak aplikasi membawa virus. Virus dapat membahayakan ponsel atau komputer Anda, dapat merusak ponsel atau komputer Anda, dan dapat kehilangan data penting.

Untuk mengatasi virus ini, gunakan perangkat lunak anti-virus yang dapat melindungi ponsel atau komputer Anda dengan baik.

3). Membuat Anda Ketagihan

Aplikasi-aplikasi yang dikemas dengan sangat menarik dan menghibur tentu dapat membuat seseorang ketagihan.

Pasalnya, aplikasi tersebut menyediakan berbagai hal magis yang tidak bisa dilakukan manusia, seperti berhubungan dengan orang lain atau memberikan pengalaman bermain game yang mengasyikkan.

Namun, ini bisa membuat ketagihan atau di luar kendali Anda. Jika Anda tidak ingin menjadi kecanduan, harap batasi penggunaan aplikasi.

4). Memberikan Dampa Buruk Bagi Mata

Saat mengawasi secara berlebihan, grafik dalam aplikasi dapat melukai mata Anda. Untuk mengatasi hal ini ini, pastikan layar ponsel atau layar komputer tidak menyala terlalu terang. Selain itu, jangan lupa untuk tidak selalu fokus pada layar dan luangkan waktu dari layar.

Seperti hal lainnya di dunia ini, aplikasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan seperti yang sudah dipaparkan diatas. Namun, jika Anda tahu cara menghindari efek buruk, aplikasi tersebut tentu tidak akan berbahaya bagi Anda.

Demikian ulasan kami mengenai aplikasi yang membahas mulai dari pengertian, klasifikasi, hingga fungsi dan dampak negative dari aplikasi. Semoga ulasan kami memberikan informasi dan edukasi bagi Anda terkait aplikasi! Terimkasih sudah singgah.