Pengertian Aplikasi, Fungsi dan Jenis – Jenis Aplikasi

Kata aplikasi sendiri sepertinya sudah tidak asing lagi, terutama di era sekarang yang sudah serba modern. Namun, apa sebenarnya arti dari aplikasi itu sendiri?

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai pengertian aplikasi secara umum dan menurut para ahli, fungsi dan jenis-jenis aplikasi.

Pengertian Aplikasi

Secara umum, aplikasi ialah sebuah program software yang diciptakan dan didesain untuk mampu melakukan tugas-tugas tertentu pada sebuah perangkat komputer,laptop dan juga smartphone.

Sebuah aplikasi pada umumnya digunakan dalam untuk mengontrol device driver, melakukan proses perhitungan dan berinteraksi dengan aplikasi dasar lainnya seperti sistem operasi dan bahasa pemrograman.

Pada umumnya, aplikasi dapat dikategorikan kedalam tiga tingkatan, yaitu tingkatan program aplikasi, sistem operasi dan bahasa pemrograman.

Untuk dapat memahami pengertian dari aplikasi, kami telah merangkum beberapa pendapat para ahli mengenai defenisi dari aplikasi.

Jogiyanto

Jogiyanto berpendapat bahwa aplikasi merupakan penggunaan dalam suatu komputer,instruksi serta pernyataan yang disusun sedemikian rupa sehingga sebuah komputer dapat mengolah input menjadi output.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, aplikasi merupakan penerapan dari rancang sistem yang dimana dalam memproses data, menggunakan aturan atau bahasa pemrograman tertentu. Aplikasi juga dapat dikatakan sebagai sebuah program komputer yang dirancang untuk mampu mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari pengguna.

Hengky W. Pramana

Menurut Hengky W. Pramana, aplikasi merupakan sebuah software yang dirancang secara khusus untuk dapat memenuhi kebutuhan bermacam-macam aktivitas dan pekerjaan.

Harip Santoso

Harip Santoso berpendapat bahwa aplikasi ialah suatu kelompok file yang diciptakan untuk mengerjakan kegiatan tertentu yang saling berhubungan.

Sri Widianti

Menurut Sri Widianti, aplikasi merupakan suatu software yang dibuat untuk front end sistem yang dipakai dalam memproses data sehingga dapat menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi user.

Rachmad Hakim S.

Rachmad Hakim S. berpendapat bahwa aplikasi merupakan sebuah software yang dibuat dan memiliki tujuan tertentu seperti mengolah dokumen dan lain sebagainya.

Wikipedia

Wikipedia mengatakan bahwa aplikasi merupakan subkelas software yang memanfaatkan kemampuan komputer dalam melakukan tugas-tugas yang diinginkan oleh seorang user.

Ali Zaki dan Smitdey Community

Mereka berpendapat bahwa aplikasi merupakan suatu komponen yang berguna sebagai media dalam menjalankan proses pengolahan data dan juga berbagai kegiatan lain seperti pengolahan dokumen ataupun file.

Fungsi Aplikasi

Kehadiran aplikasi memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh manusia. Berikut beberapa fungsi aplikasi sebagai berikut.

1. Di bidang pendidikan

Aplikasi dapat digunakan sebagai bahan pengajaran. Seperti aplikasi yang digunakan untuk menyajikan materi yang berbentuk animasi agar lebih menarik. Dengan begitu, pembelajaran menjadi lebih efektif dan mencapai hasil yang maksimal.

2. Di bidang kedokteran

Kegunaan aplikasi juga meliputi bidang kedokteran. Seperti penggunaan aplikasi yang dapat digunakan oleh seorang dokter dalam mendiagnosa penyakit atau pekerjaan lain yang berkaitan dengan dunia medis.

3. Di bidang bisnis

Aplikasi berfungsi dalam membantu menghitung keuntungan yang diperoleh. Aplikasi membuat waktu yang dibutuhkan lebih sedikit dibanding dilakukan secara manual.

4. Di bidang ilmu pengetahuan

Aplikasi juga berperan dalam membantu memperoleh informasi yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Terdapat banyak aplikasi yang dibuat untuk membantu penelitian yang terkait dengan pengetahuan.

5. Di bidang militer

Aplikasi juga memliki fungsi yang berkaitan dengan miliiter. Salah satu kegunaan aplikasi pada bidang militer seperti kontrol pada pesawat tidak dilakukan secara manual, melainkan lewat aplikasi.

Jenis – Jenis Aplikasi

Terdapat beberapa jenis aplikasi yang sesuai dengan penggunaanya. Berikut beberapa jenis aplikasi diantaranya:

1. Aplikasi pengolah kata

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengedit atau mengelola kata. Beberapa aplikasi yang termasuk kedalam jenis ini seperti Microsoft word, Open Office writer dan aplikasi pengolah kata lain.

2. Aplikasi Spreadsheet

Aplikasi ini digunakan untuk mengelola data, khususnya angka dalam bentuk kolom atau tabel. Beberapa aplikasi yang termasuk kedalam jenis ini seperi Microsoft Excel, Lotus improv dan lain sebagainya.

3. Aplikasi Multimedia

Aplikasi ini digunakan dalam melakukan pengolahan informasi yang berbentuk teks,gambar dan sebagainya. Sekarang ini sudah banyak aplikasi multimedia yang dapat digunakan untuk melihat gambar atau sekedar menonton video. Beberapa contoh aplikasi yang termasuk kedalam jenisi seperti adobe flash player, windows movie maker dan lain sebagainya.

4. Aplikasi presentasi

Aplikasi presentasi merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan presentasi, seperti menampilkan slideshow. Salah satu contoh aplikasi yang termasuk kedalam jenis ialah microsoft power point.

5. Aplikasi grafis

Aplikasi grafis merupakan aplikasi yang banyak digunakan untuk membuat suatu desain atau menyunting gambar. Beberapa aplikasi yang termasuk kedalam jenis aplikasi ini seperti adobe illustrator dan adobe photoshop

6. Aplikasi akuntansi

Aplikasi statistik merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu hal-hal yang berkaitan dengan hitung-menghitung uang maupun yang berkaitan dengan akuntansi. Beberapa aplikasi yang termasuk kedalam jenis aplikasi ini seperti MYOB,DacEasy Accounting dan masih banyak lain.

Demiakanlah penjelasan mengenai pengertian aplikasi secara umum dan menurut para ahli,fungsi dan jenis-jenis aplikasi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda lebih luas lagi.