Game Among Us: Pengertian, Cara Download, Cara Bermain dan Tips Bermain Among Us

Among Us merupakan game 2D multiplayer yang dikembangkan oleh Innersloth LLC. Pada perangkat Andorid, game ini telah diunduh lebih dari 100.000.000 kali. Game ini dirilis pada 15 Juni 2018, namun tidak berhasil menjadi game yang populer.

Hingga akhirnya banyak streamer Twitch dan YouTuber terkenal yang memainkannya, sehingga popularitasnya meningkat pada 2020 ini. Permainan dapat berlangsung di salah satu dari tiga peta : pesawat ruang angkasa (The Skeld), gedung markas (Mira HQ), atau pangkalan planet (Polus).

Among Us ini permainan game online yang dimainkan oleh 4-10 pemain. Saat bermain game ini kamu akan diajak untuk menjadi salah satu dari dua peran yang tersedia, yaitu Crewmates dan Impostor.

Crewmates diberi tugas di sekililing peta yang harus diselesaikan berbentuk permainan mini, terdiri dari pekerjaan perawatan sistem vital, seperti pemasangan kabel listrik dan pengisian bahan bakar mesin. Crewmates memiliki tugas untuk menyelesaikan tasks atau misi serta mencari siapa Impostor pada game ini.

Sedangkan Impostor diberi daftar tugas palsu untuk berbaur dengan Crewmates dan memiliki kemampuan untuk menyabotase sistem peta, melintasi ventilasi, mengidentifikasi Impostor lain, dan membunuh Crewmates, juga membuat kekacauan yang akan memudahkan ia dalam misi pembunuhan dan membuat alasan lainnya agar tidak dicurigai sebagai Impostor.

Jika seorang pemain meninggal, mereka menjadi hantu; hantu memiliki kemampuan untuk menembus dinding, tetapi hanya dapat berinteraksi dengan cara yang terbatas dan tidak terlihat oleh semua orang kecuali hantu lainnya.

Semua pemain, selain hantu, memiliki lapan pandang yang terbatas, memungkinkan pemain untuk bersembunyi dari pandangan pemain lain meskipun game ini memiliki perspektif dari atas ke bawah.

Crewmates menang dengan menyelesaikan semua tugas sebelum dibunuh atau dengan menemukan dan melenyapkan semua Impostor; agar Impostor menang, mereka harus membunuh beberapa Crewmates sehingga jumlah Impostor sama dengan jumlah Crewmates atau waktu hitung mundur sabotase habis; tujuan dari hantu adalah untuk membantu rekan satu tim mereka yang masih hidup dengan menyelesaikan tugas dan melakukan sabotase.

Ketika Impostor melakukan sabotase, ada konsekuensi langsung (seperti semua lampu dimatikan) atau penghitungan mundur akan dimulai. Sabotase harus diselesaikan sebelum hitung mundur selesai, atau semua kru akan mati. Sabotase dapat diselesaikan oleh pemain dengan berbagai cara tergantung pada sabotase yang dilakukan.

Jika seorang pemain menemukan mayat, mereka dapat melaporkannya, lalu langsung diarahkan ke pertemuan kelompok dimana seluruh permainan lainnya dihentikan dan pemain mendiskusikan siapa yang mereka yakini sebagai Impostor berdasarkan clue seputar pembunuhan tersebut.

Jika suara mayoritas tercapai, orang yang dipilih dikeluarkan dari peta dan mati. Pemain juga dapat mengadakan emergency meeting dengan menekan tombol di peta kapan saja.

Permainan ini dapat dimainkan dalam obrolan teks, dimana pemain hanya dapat berkomunikasi selama pertemuan, dan hanya jika mereka masih hidup, meskipun hantu dapat berbicara hantu lainnya.

Meskipun game Among Us ini tidak memiliki sistem obrolan suara bawaan, pemain biasanya menggunakan program eksternal seperti Discord saat bermain. Berbagai opsi penyesuaian, seperti jangkauan penglihatan dan pertemuan darurat, tersedia di setiap lobi permainan.

Terdapat juga banyak pilihan tampilan pemain seperti warna, topi, dan hewan peliharaan, beberapa diantaranya adalah konten berbayar yang dapat diunduh.

Cara Download dan Install Game Among Us di Android

Berikut ini cara download dan install game Among Us di perangkat android.

1). Jalankan Aplikasi Google Play Store.

2). Selanjutnya masukan dan cari game Among Us.

3). Klik Install, tunggu hingga proses instalasi selesai.

4). Setelah itu kamu bisa menjalankan game Among Us.

Cara Download dan Install Among Us di Laptop / Komputer

Berikut ini cara download dan install game Among Us di perangkat laptop / komputer.

1). Karena Among Us merupakan game untuk smartphone, maka kamu perlu menginstal emulator di laptop / komputer.

2). Buka emulator > cari game Among Us dari toko aplikasi emulator.

3). Pasang aplikasi Among Us pada emulator.

4). Game Among Us sudah bisa kamu jalankan.

Cara Bermain Game Among Us

Berikut ini cara bermain game Among Us, pemula wajib nyimak.

1. Pilih Mode Permainan

Pada saat pertama kali kamu masuk ke game Among Us ini, pemain diberikan pilihan mode permainan Local, Online, dan Freeplay. Mode Local digunakan untuk Anda yang bermain dengan anggota yang memiliki satu hotspot atau WiFi.

Mode Online, pemain bisa bergabung dengan orang lain yang telah membuat room. Sedangkan dalam mode Freeplay, pemain bisa bermain dan menyelesaikan tasks sendiri.

2. Membuat Room

Untuk membuat room, pilih mode permainan online, kemudian pada bagian Host klik opsi.

3. Creat Game

Selanjutnya Anda bisa melakukan kustomisasi pada room yang telah dibuat. Pilihlah peta, tentukan jumlah anggota dan Impostor, serta preferensi bahasa chat.

4. Jalankan Permainan

Setelah bergabung dalam sebuah room, pemain memilih warna dan topi sebagai tanda pengenal. Ketika permainan dimulai, pemain diberikan sejumlah tasks yang dapat dilihat di kiri atas layar.

Jika pemain Crewmates menemukan mayat rekannya, mereka bisa melapor dengan memilih opsi Report. Untuk menggelar meeting darurat dengan semua pemain dan mendiskusikan siapa pelaku pembunuhan, pilih opsi Meeting Emergency.

Dan setiap pemain dapat memilih siapa yang dicurigai sebagai Impostor, apabila berdasarkan hasil voting Impostor asli tidak terpilih, permainan akan dilanjutkan.

Sementara Crewmates yang mendapat voting tertinggi akan dikeluarkan dari permainan. Permainan berakhir jika Crewmates berhasil menyingkirkan semua Impostor, atau jika Impostor berhasil membunuh semua Crewmates

Tips Bermain Among Us

Mengingat terdapat dua peran pada game Among Us ini, berikut tips bermain Game Among Us untuk Crewmates dan Impostor.

1. Tips Untuk Crewmates

  • Crewmates harus waspada dan mengamati perilaku pemain sekitar. Hindari berpasangan dengan orang lain ketika melakukan tugas.
  • Meski Crewmates dapat melapor ketika menemukan seorang rekan yang terbunuh, jangan asal. Sebab bisa jadi Anda yang akan dituduh. Jika akan melapor, pastikan mengetahui ciri-ciri Impostor.

2. Tips Untuk Impostor

  • Bersikap baik pada pemain lain, seperti membantu menyelesaikan misi agar tidak ada yang curiga.
  • Pikirkan strategi untuk dapat memisahkan Crewmates. Gunakan fitur khusus untuk mengunci pintu ruangan, mematikan listrik, menghilangkan oksigen dan lainnya. Ketika Crewmates sendirian atau lengah, Impostor dapat membunuhnya tanpa diketahui orang lain.
  • Setelah membunuh, segeralah berbaur dengan keramaian.

Demikian artikel mengenai Game Among Us, Cara Download, Cara Bermain dan Tips Bermain Among Us. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.