Pengertian Makanan Menurut Ahli, Fungsi, Zat yang Terkandung dan Contoh Makanan

Hayo siapa yang suka makan? Walaupun ada sebagian orang yang mengklaim bahwa ia tidak suka makan, namun nyatanya setiap makhluk hidup dimuka bumi ini membutuhkan asupan ya. Nah asupan ini diperoleh dengan cara mengonsumsi berbagai jenis makanan.

Lantas sebenarnya apa itu makanan? Sebab kita semua bisa makan, namun jika ditelaah secara harafiah, apakah kita semua sudah memahami arti dari makanan? Untuk bekajar bersama, yuk simak ulasan mengenai makanan berikut!

Pengertian Makanan Menurut Para Ahli

Walaupun terdengar sudah kelewat umum, tapi pengertian makanan menurut para ahli juga terdapat beberapa perbedaan. Lengkapnya, berikut merupakan pengertian makanan menurut ahli antara lain:

·         KBBI

Jika membuka KKBI, kita akan meneukan definisi makanan sebagi sesuatu yang dapat dikonsumsi. Seperti bahan penganan dan lauk-pauk, serta semua bahan yang telah kita makan akan membentuk jaringan tubuh. Dengan tujuan memberikan sumber tenaga dan mengatur semua proses di dalam tubuh.

·         Hulme

Hulme mendefinisikan makanan dengan lanjutan kata “sehat”. Dalam artian sebagi jenis makanan yang terdiri dari berbagai makanan utama dan juga sekunder. Kala itu masih eksis dikenal sebagai 4 sehat dan 5 sempurna.

·         Prasetyono

Makan sehat tak lain terdiri dari mengumpulkan berbagai macam makanan yang seimbang. Sehingga segala kebutuhan, termasuk nutrisi pada tubuh dapat terpenuhi dan secara fisik juga mental secara nyata.

Fungsi Makanan

Setelah memahami apa pengertian makanan, ada baiknya kita juga memahami fungsi dari makanan itu sendiri. Nah, beberapa poin mengenai fungsi dari makanan yakni:

1.     Penyedia energi sebagai bahan bakar

Tentunya ragam zat makanan yang telah melalui serangkaian proses dari pencernaan. Dimana proses ini terjadi di dalam tubuh dapat menghasilkan sebuah energi dan bahan bakar yang dibutuhkan untuk mampu beraktivitas. Apabila tidak ada energi, tentu kita tidak mampu melakukan kegiatan sehari-hari. Seperti misalnya bekerja, belajar, olahraga dan berbagai kegiatan lainnya.

2.    Pertumbuhan dan juga pembangunan tubuh

Tentunya pertumbuhan serta pembangunan tubuh ini dimulai sejak kita lahir membutuhkan nutrisis. Tak lain untuk jalan pertumbuhan dapat jadi tenaga berasal dari makanan yang telah kita konsumsi.

3.    Pemeliharaan jaringan serta perbaikan jaringan

Agar bisa melakukan fungsi tubuh dengan cara normal, tentu sangat tergantung kepada kesehatan. Termasuk kesehatan jaringan-jaringan yang ada. Maka jika jaringan rusak, harus segera dipulihkan. Tak lain dengan makanan untuk dapat membuat jaringan tersebut bekerja secara optimal.

4.    Pengaturan rangkaian proses tubuh

Manusia banyak sekali berbagai proses yang dapat terjadi. Maka hadirlah dungsi makanan yang berperan dalam sebuah pengaturan metabolism. Termasuk menjaga keseimbangan cairan dari tubuh dengan berbagai unsur-unsur yang telah terkandung di dalamnya.

5.    Pertahanan tubuh terhadap penyakit (antibodi)

Salah satu kandungan dalam kanan seperti vitamin. Vitamin sebagai bentuk salah satu unsur yang terkandung di dalam makanan melakukan berbagai  fungsi. Tak lain untuk dapat mempertahankan kekebalan. Kekurangan dari salah satu vitamin yang terkandung di dalam makanan juga dapat menyebabkan sumber penyakit.

Zat yang Terkandung dalam Makanan

Beberapa zat yang terkandung di dalam makanan adalah sebagai bagian berikut :

  • Karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Peran yang sangat penting dalam metabolism. Sebab karbohidrat hadir untuk menjaga keseimbangan asam dan juga basa. Termasuk membentuk berbagai struktur sel, jaringan, serta organ. Juga dapat membantu pencernaan makanan pada saluran pencernaan. Sumber dari karbohidrat ini termasuk sereal,  berbagai jenis umbi-umbian tepung serta sagu.
  • Lemak hadir dengan fungsi yang  penting bagi tubuh kita. Tak hanya sumber energy, melainkan juga sebagai komponen membran sel. Juga pelarut vitamin A, D, E serta K dan itu merupakan cadangan berbagai makanan bagi tubuh. Lemak sendiri bisa kita peroleh dari berbagai tumbuhan serta hewan. Makanan yang mengandung lemak termasuk jenis kacang-kacangan, ada juga minyak goreng, daging dan juga susu.
  • Protein sendiri diperoleh dari berbagai bagian pada hewan. Seperti daging, susu, ikan, telur, ada juga keju. Sedangkan protein nabati dari sereal.
  • Vitamin berfungsi sebagai ko-enzim. Ko-enzim ini merupakan sebuah zat yang memacu sumber bekerjanya suatu enzim. Vitamin juga ada yang telah larut dalam lemak dan juga tidak larut dalam lemak.

Contoh Makanan

Setelah memahami setap detail dari makanan, selanjutnya kita masuk ke contoh dari berbagai makanan yang umum diketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Makanan pokok yang banyak mengandung unsur karbohidrat. Makanan pokok banyak terdapat pada nasi, jagung, roti, singkong serta sagu.
  • Lauk pauk yang mengandung banyak protein serta lemak. Lauk pauk ini akan digunakan untuk membangun tumbuh tubuh dan juga mengganti sel-sel yang akan rusak. Contoh pada daging, ikan, ayam, telur, tempe, tahu dan sederet lainnya.
  • Sayur dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin serta mineral. Vitamin dan juga mineral ini sangat dibutuhka tubuh untuk menjaga tubuh. Sehingga tidak mudah terserang penyakit dan menahan kekebalan tubuh. Seperti bayam, wortel, jeruk dan masih banyak lagi.

Demikian ulasna kami mengenai makanan dengan ragam detailnya. Semoga artikel kami membantu dan menambah wawasan baru bagi kamu. Terimakasih sudah singgah.