Jenius BTPN: Cara Registrasi, Persyaratan, Hal yang Perlu Diperhatikan serta Kelebihan dan Kekurangannya

Jenius adalah aplikasi perbankan digital yang akan membantu Anda dalam melakukan berbagai aktivitas finansial. Jenius dapat Anda jalankan dari ponsel Android maupun iOS.

Pengguna Android dengan operating system smartphone Kitkat 4.2 dan pengguna iPhone dengan operating system smartphone iOS 7 bisa segera merasakan pengalaman Banking Reinvented dengan mengunduh aplikasi Jenius yang bebas biaya ini.

Dan khusus untuk pengguna iOS yang telah melakukan update iOS 13, aplikasi Jenius yang diunduh harus versi terkini (v2.27.1) agar aplikasi Jenius bisa digunakan dengan lebih optimal.

Aplikasi Jenius ini dapat digunakan oleh seluruh Warga Negara Indonesia yang sudah memiliki KTP dan smartphone tentunya, karena berbagai fitur padda aplikasi ini hanya bisa dijalankan melalui perangkat ponsel saja.

Dokumen untuk Registrasi Akun Jenius

Untuk melakukan registrasi akun Jenius, Anda cukup mempersiapkan KTP asli serta NPWP yang terlapor di laporan pajak (jika ada).

Adapun jika Anda ingin melanjutkan aktivasi melalui video call, maka Anda harus menyiapkan dokumen pendukung seperti SIM / NPWP / Passport / KTM atau identitas lain yang tercantum nama sesuai dengan KTP asli.

Dan jika Anda masih belum memiliki e-KTP, Anda tetap bisa melakukan registrasi akun jenius selama KTP Anda masih berlaku. Atau jika Anda belum memiliki e-KTP karena masih dalam proses pembuatan e-KTP, silakan untuk melampirkan resi pembuatan e-KTP saat proses registrasi, lalu menunjukkan dokumen identitas pribadi tambahan, seperti SIM atau paspor, saat melakukan aktivasi rekening.

Dan jika Anda tidak memiliki NPWP, silakan pilih opsi “Saya tidak memiliki NPWP” saat melakukan proses registrasi. Namun pada saat melakukan aktivasi rekening, Anda akan tetap diminta untuk menunjukkan NPWP penanggung dana, baik milik pasangan atau orangtua.

Cara Registrasi Akun Jenius

Berikut langkah-langkah untuk registrasi akun Jenius:

1). Download aplikasi Jenius pada App Store/Google Play Store.

2). Siapkan KTP untuk melakukan registrasi.

3). Pilih Aktifkan pada aplikasi Jenius untuk menghubungi Jenius Crew yang akan membantu aktivasi rekening melalui video call atau meet up.

4). Anda juga bisa mengunjungi kantor cabang BTPN Sinaya untuk melakukan aktivasi rekening Jenius.

5). Setelah rekening Jenius sudah aktif, Anda dapat mengaktifkan kartu debit m-Card atau memesan pembuatan kartu debit x-Card melalui aplikasi Jenius.

Proses registrasi ini tidak akan memakan waktu lama, kurang lebih sekitar 10 menit saja.

Hal yang Perlu Diperhatikan jika Proses Registrasi Akun Jenius Gagal

Adapun jika proses registrasi akun Jenius Anda gagal, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

1). Pastikan Anda memasukkan alamat e-mail dengan huruf kecil semua (maksimal 35 karakter).

2). Pastikan Anda mengetik nomor telepon (tidak copy-paste dari daftar kontak yang adai di ponsel) dan hindari spasi.

3). Jika Anda tidak menerima OTP atau kode verifikasi, silakan cek dan pastikan pengaturan tanggal / waktu pada ponsel yang Anda gunakan sudah sesuai atau lakukan pengaturan tanggal dan waktu menjadi auto-sync.

4). Pastikan foto KTP tidak terpotong.

5). Pastikan Anda memasukkan nama menggunakan huruf kapital seluruhnya.

6). Pastikan Anda membuat kombinasi password, yakni terdiri dari huruf kecil, huruf kapital, angka, dan minimal 10 karakter.

7). Jangan mengulang berkali-kali menekan tombol dalam aplikasi. Tekan tombol sekali saja dan tunggu aplikasi bekerja, jangan diulang berkali-kali karena akan membuat aplikasi Jenius hang.

8). Jika gagal memasukkan PIN 3 kali, tunggu 5 menit sebelum mencoba lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Jenius

Kelebihan Tabungan Jenius

Berikut kelebihan dari tabungan Jenius, antara lain:

  • Jenis tabungan yang berbeda dan kompetitif.
  • Menjadi alternatif untuk transaksi jual beli online.
  • Terdapat bonus dan tidak mengharuskan setoran awal.
  • Tarif yang bersaing (biaya per bulan, biaya pemotongan per transaksi, dan lainnya).

Kelemahan Tabungan Jenius

Berikut kelemahan dari tabungan Jenius, antara lain:

  • Jangkauan yang masih terbatas.
  • Kartu yang tidak terlalu fleksibel.

Demikian artikel mengenai cara membuat akun Jenius, dokumen yang perlu dipersiapkan, hal yang perlu diperhatikan serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.