Jadwal Pemutihan Pajak Kendaraan di Riau

Apakah kamu pernah mendengar program pemutihan pajak kendaraan bermotor? Program pemutihan pajaak kendraan bermotor ini bertujuan untuk membantu pemilik kendaraan menyelesaikan kewajibannya hanya dengan membayar pajak dasar tahun ini tanpa dikenakan denda.

Namun tentu saja untuk mengikuti program ini terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemilik kendaraan. Antara lain kewajiban memiliki STNK, KTP, BPKB, bukti cek fisik kendaraan dan untuk pembayaran pajak tahunan.

Nah, perhitungan pemutihan pajak kendaraan bisa diserderhanakan seperti jika dalam satu bulan sebelum tanggal jatuh tempo, masyarakat sudah menggunakan pembayaran pajaknya, mereka bisa mendapatkan potongan harga sebesar 2 persen. Apabila sudah dibayar dalam waktu dua bulan sebelum tanggal jatuh tempo, maka akan mendapatkan diskon 4 persen. Sementara, apabila dalam waktu enam bulan sebelum jatuh tempo, warga bisa mendapatkan diskon 10 persen.

Persyaratan Pemutihan Pajak Kendaraan di Riau

Masyarakat Riau yang sedang mencari informasi mengenai program pemutihan pajak kendaraan, bisa melihat dan mempersiapkan beberapa persyaratan berikut terlebihdahulu ya!

  • Surat Keterangan Nomor Kendaraan (asli dan fotokopi rangkap 2)
  • Kartu Tanda Penduduk atas nama asli pemilik kendaraan (asli dan fotokopi rangkap 2)
  • Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (asli dan fotokopi rangkap 2)

Silakan kamu simpan semua berkas dalam satu map kuning untuk jenis kendaraan sepeda motor dan untuk jenis kendaraan mobil, masukan kedalam map berwana merah. Selanjutnya kamu bisa melakukan pembayaran pokok pajak sesuai dengan jumlah yang dipersyaratkan.

Biaya dalam Program Pemutihan Riau

Biasanya, biaya taguhan kendaraan akan tetap sama di berbagai daerah ya. Untuk provinsi Riau mungkin kisaran nya bisa dilihat sebagai berikut:

Sepeda Motor

  • Penerbitan STNK Baru sebesar Rp100.000
  • Penerbitan TNKB sebesar Rp60.000
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ) sebesar Rp35.000
  • Pajak Tahunan (PKB) adalah 1% dari NJKB
  • Denda keterlambatan pembayaran pajak Tergantung waktu keterlambatan
  • SWDKLLJ denda sebesar Rp32.000

Mobil

  • Penerbitan STNK Baru sekitar Rp200.000
  • Penerbitan TNKB sekitar Rp100.000
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ) sekitar Rp143.000
  • Pajak Tahunan (PKB) sebesar 1% dari NJKB
  • Denda keterlambatan pembayaran pajak besarannya dihitumg tergantung waktu keterlambatan
  • SWDKLLJ denda sekitar Rp. 100.000

Lokasi Pembayaran Pajak Pemutihan di Riau

Kamu dapat membayar Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan melalui program pemutihan di layanan Samsat Kota atau Kabupaten Riau, Samsat Keliling, Samsat Drive Thru, dan Layanan E-Samsat Riau. Sedangkan untuk pajak kendaraan 5 tahun, program pemutihan ini bisa Anda lakukan di Kantor Samsat Bersama sesuai dengan tempat kendaraan kamu didaftarkan.

Waktu Pelaksanaan Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Riau

Nah, untuk jadwal pemutihan pajak kendaraan sendiri, tergantung pada masing-masing daerah, termasuk Riau. Dimana untuk mengurus pemutihan pajak kendaraan, kamu warga Riau bisa datang ke SAMSAT terdekat dengan penampilan yang rapi dan sopan. Sebab biasanya petugas akan memperhatikan penampila, maka hindari mengenakan pakaian kasual seperti kaos longgar, celana pendek dan sandal akan menunjukkan etika yang tidak baik. Silakan kamu datang dengan mengenakan kemeja, pakai celana panjang dan pakai sepatu ya.

Satu lagi, penting untuk diketahui bahwa kamu bisa melakukan pembayaran untuk jenis pajak ini di Samsat Riau maupun daerah yang sesuai dengan penerbitan STNK dan BPKB kendaraan mu. Misal kamu berada di wilayah Riau, kamu harus membayar melalui samsat Sumatera Utara. Jika kamu tinggal di Riau tetapi kendaraan bermotor berasal dari Sumatera Utara, maka kamu masih bisa mengurusnya di Sumatera Utara.

Sangat disayangkan, hingga saat ini Pemprov Riau belum memberikan informasi kapan program pemutihan tahun 2022 akan digelar. Mungkin kamu bisa mempersiapkan berkas terlebih dahulu dan rajin melihat update pelaksanaan program pemutihan pajak kendaraan di Riau ya.

Demikian ulasan kami terkait jadwal pemutihan pajak kendaraan Riau. Semoga ulasan kami dapat membantu kamu yang sedang mencari info terkait jadwal pemutihan pajak Riau. Terimakasih sudah singgah, dan semoga urusan pemutihan pajak kamu lancar yaa…