Jadwal Pemutihan Pajak Kendaraan di Lampung

Penting untuk diketahui bahwa Pajak Kendaraan Bermotor termasuk dalam jenis pajak provinsi yang merupakan bagian dari Pajak Daerah? Kini Pajak Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 12 dan 13 UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 28 TAHUN 2009. Tidak lain adalah adanya pajak atas kepemilikan dan/atau kepemilikan kendaraan bermotor. Sedangkan dalam prakteknya, dana pajak ini dipungut dari wajib pajak (khususnya dalam hal ini pajak kendaraan) yang dipungut di kantor bersama-sama dengan SAMSAT.

Apa yang Menjadi Objek Pajak Kendaraan Bermotor?

Berbicara tentang pajak kendaraan bermotor, objek pajak kendaraan bermotor adalah pemilikan dan/atau kepemilikan kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor menurut definisi adalah kendaraan bermotor beroda dan gandengannya yang dioperasikan pada semua jenis jalan darat. Termasuk di dalamnya kendaraan bermotor yang dioperasikan di udara dengan volume kotor GT 5 (lima Gross Tonnage) sampai dengan GT 7 (tujuh Gross Tonnage). Sedangkan kendaraan yang sering kita lihat atau gunakan namun dikecualikan dari pengertian Kendaraan Bermotor adalah:

  • Kereta
  • Kendaraan yang digunakan untuk tujuan pertahanan dan keamanan nasional
  • Kendaraan bermotor yang dimiliki dan/atau dikuasai oleh konsultan, konsulat, perwakilan negara asing. Dalam hal ini yang dimaksud dengan bantuan adalah asas timbal balik dan internasional yang memperoleh fasilitas perpajakan dari Pemerintah
  • Objek pajak lainnya yang secara khusus diatur dalam Peraturan Daerah.

Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Lampung

Soal hak tentu saja erat kaitannya dengan pengakuan hak milik atas benda-benda yang bersangkutan dan juga bahwa pajak harus rutin. Dalam hal kendaraan bermotor, untuk diakui sebagai milik pribadi kita, harus diserahkan kepada SAMSAT dengan membayar pajak setiap tahun secara teratur. Namun, mungkin karena terlupa atau karena masalah keuangan, kita sering lupa membayar pajak kendaraan. Menyikapi hal tersebut, pemerintah menghadirkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor, pemerintah berharap dapat mencapai tujuan denda bagi wajib pajak.

Biaya dalam Program Pemutihan Lampung

Biasanya, biaya taguhan kendaraan akan tetap sama di berbagai daerah ya. Maka untuk provinsi Lampung mungkin kisaran nya bisa dilihat sebagai berikut:

Sepeda Motor

  • Penerbitan STNK Baru sebesar Rp100.000
  • Penerbitan TNKB sebesar Rp60.000
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ) sebesar Rp35.000
  • Pajak Tahunan (PKB) adalah 1% dari NJKB
  • Denda keterlambatan pembayaran pajak Tergantung waktu keterlambatan
  • SWDKLLJ denda sebesar Rp32.000

Mobil

  • Penerbitan STNK Baru sekitar Rp200.000
  • Penerbitan TNKB sekitar Rp100.000
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ) sekitar Rp143.000
  • Pajak Tahunan (PKB) sebesar 1% dari NJKB
  • Denda keterlambatan pembayaran pajak besarannya dihitumg tergantung waktu keterlambatan
  • SWDKLLJ denda sekitar Rp. 100.000

Jadwal Program Pemutihan Pajak Kendaraan di Lampung

Kepala Bapenda Provinsi Lampung Adi Erlansyah mengatakan pada 2022 Pemprov Lampung tidak akan melakukan pemutihan pajak kendaraan bermotor. Pasalnya, kebijakan tersebut berdasarkan saran dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Republik Indonesia di Lampung untuk melakukan penelaahan terlebih dahulu.

Pemerintah Provinsi Lampung baru menganggarkan penilaian dalam APBD-P 2022, kisaran bulan Agustus atau September APBD-P sudah bisa disahkan, kajian bisa langsung dilakukan. Proses peninjauan sendiri juga akan memakan waktu antara tiga hingga empat bulan. Dalam kajian ini, Bapenda nantinya akan memberikan desain untuk implementasi pajak penawaran pemutihan kendaraan bermotor.

Demikian ulasan kami terkait jadwal pemutihan pajak kendaraan Lampung. Semoga ulasan kami dapat membantu kamu yang sedang mencari info terkait jadwal pemutihan pajak Lampung. Terimakasih sudah singgah, dan semoga urusan pemutihan pajak kamu lancar yaa…