Internet Adalah, Pengertian, Cara Kerja, Perkembangan Hingga Manfaatnya Bagi Kehidupan

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan penting masyarakat dunia. Internet menawarkan berbagai kemudahan bagi penggunanya dalam melakukan berbagai kegiatan.

Kegiatan yang dilakukan dengan internet di antaranya adalah akses komunikasi yang super luas, jual beli barang, hingga mengerjakan pekerjaan rumahan.

Internet belakangan ini mendampingi manusia dalam menjalani kegiatan sehari – hari. Namun tahukah Anda apa itu internet sebenarnya dan bagaimana cara kerjanya?

Internet atau Interconnection Network adalah sebuah sistem jaringan komunikasi yang berfungsi untuk menghubungkan antara satu media elektronik dengan media elektronik yang lain.

Jaringan komunikasi itu akan mengirim informasi dari suatu perangkat yang akan diterima perangkat lain. Informasi itu disampaikan lewat transmisi sinyal dengan frekuensi yang telah disesuaikan.

Nah, dalam menyampaikan informasi itu, standar global yang digunkan jaringan internet sendiri menggunakan TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).

Istilah TCP ataupun IP itu sendiri adalah sebuah protokol pertukaran paket yang digunakan oleh berbagai pengguna di dunia. Kemudian, proses untuk menghubungkan antara rangkaian internet disebut dengan “internetworking”.

Seorang ahli dalam bidang IT bernama Onno W. Purbo (2005) menyebut internet dapat diartikan sebagai suatu media yang digunakan untuk mengefisienkan proses komunikasi menggunakan aplikasi seperti website, email, atau voip.

Bagaimana Internet Pertama Muncul?

Sejarah kemunculan internet dimulai pada 1960an. Jaringan internet pertama saat itu dibuat oleh Departemen pertahanan Amerika melalui ARPA (Advanced Research Project Agency). Mereka membuat sistem jaringan yang dinamai ARPANET. Nah, jaringan ARPANET ini nantinya akan menjadi nenek moyang teknologi jaringan.

Awalnya, teknologi jaringan itu hanya dipakai oleh kalangan terbatas saja pada tahun 1980an. Pada tahun 1982 protokol standar TCP / IP mulai dipublikasikan.

Kemudian tahun 1986, didirikanlah NSFNET (National Science Foundation Network) yang menggantikan peranan dari ARPANET untuk mewadahi kegiatan riset dan penelitian di Amerika. Dan, pada tahun 1990, ARPANET mulai diturunkan dan dengan layanan yang sama World Wide Web (WWW) mulai diperkenalkan oleh CERN.

Tahun 1993, jaringan yang bernama InterNIC mulai dikembangkannya untuk mendaftarkan nama domain dari publik.

Internet masuk Indonesia sekitar tahun 1994. Internet dulu tidak bisa digunakan secara bebas seperti saat ini. Bahkan beberapa tahun sejak masuk Indonesia dan mulai diperkenalkan ke publik, Anda belum bisa berselancar dengan nyaman di internet. Sinyal masih terbatas dan akses yang masih sangat lamban pada saat itu.

Perkembangan Internet

Secara umum internet terus mengalami perkembangan pesat dari tahun ke tahun. Dari yang awalnya Anda bisa menunggu berjam-jam untuk mengunduh satu file, sekarang bisa dalam hitungan detik. Layanan internet saat ini juga sudah mencapai pelosok-pelosok daerah.

Perluasan jaringan di daerah di dunia ini biasanya menggunakan satelit. Satelit membantu jaringan internet menjangkau banyak tempat secara masif.

Selain perluasan jaringan, internet juga berkembang di bidang transmisi paket data yang digunakan. Sekarang ini proses transmisi data yang dilakukan didukung oleh banyak teknologi terbaru dan lebih modern.

Dulu di awal kemundulannya di Indonesia jaringan yang tersedia hanya EDGE, kemudian G, dan kemudian berkembang menjadi 2G, 3G, 4G dan sekarang 5G. Namun belum semua daerah menggunakan teknologi 5G, karena butuh resources yang cukup besar bagi suatu negara.

Internet membawa banyak sekali perubahan pada masyarakat dunia. Jika awal pengembangan internet digunakan untuk kebutuhan riset militer, maka untuk sekarang cakupannya lebih banyak lagi misalnya bidang pendidikan, budaya, ekonomi bahkan sampai memudahkan pekerjaan rumahtangga.

Manfaat Internet Bagi Manusia

Seperti yang telah disebutkan di atas, internet memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Berikut akan kami rincikan manfaatnya berdasarkan bidang masing-masing.

1. Bidang Ekonomi dan Bisnis

Dampak internet pada ekonomi dan bisnis bisa terlihat dengan jelas. Sebab sekarang internet telah memungkinkan masyarakat bertransaksi jual beli antar kota, bahkan antarbenua dengan mudah.

2. Bidang Pendidikan

Pendidikan juga semakin berkembang karena adanya internet. Internet menyediakan media belajar dan ilmu pengetahuan sehingga murid bisa belajar tidak hanya bersumber dari satu buku, melainkan banyak jurnal dan artikel di internet.

Hal yang paling jelas terlihat saat ini adalah manfaat intenet bagi pendidikan selama Pandemi Covid-19, dimana anak-anak tidak bisa bersekolah dan hanya bisa belajar secara daring di rumah.

3. Bidang Informasi

Internet menawarkan kemudahan akses informasi yang sangat luas bagi penggunanya. Anda butuh informasi apapun, sekarang bisa dicari di internet.

Hal tersebut karena, internet adalah penyedia sumber informasi yang dirasa lebih efektif daripada kita harus menonton atau memakai media elektronik seperti radio, televisi, dan koran untuk mendapatkan informasi, dan berita aktual secara cepat.

Seusai dengan pengertian internet sendiri, media elektronik di abad ke – 21 banyak yang telah memanfaatkan media internet untuk memberikan informasi secara cepat, dengan jangkauan yang lebih luas.

Misalnya saja, perusahaan media cetak selain memberikan berita melalui surat kabar, juga membuka media channel di internet untuk mendapatkan berita tidak hanya dari lingkup dalam negeri saja, tetapi sudah mencakup internasional.

4. Bidang Kesehatan

Banyak sekali referensi kesehatan, dan jasa untuk layanan pengobatan secara online. Hal tersebut merupakan bentuk manfaat internet dalam bidang kesehatan. Anda cukup dengan mencari berbagai kebutuhan seperti obat, resep, gaya hidup sehat, dan rujukan rumah sakit melalui media internet.

5. Bidang Sosial dan Hiburan

Hiburan juga merupakan hal yang ditawarkan paling banyak di internet. Penggunaan internet di bidang ini untuk mengakses berbagai situs dan media sosial yang ada. Seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan lain sebagainya.

Beberapa platform tersebut menyediakan fitur dan akses yang cukup mudah agar setiap orang dapat terhubung dengan baik meskipun berkomunikasi dengan jarak yang sangat jauh.

Demikian informasi mengenai internet, mulai dari pengertian, sejarah kemunculan, perkembangan hingga manfaatnya bagi kehidupan manusia. Semoga bermanfaat. (*)