Google Translate: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerja Google Translate

Google Translate adalah layanan penerjemahan milik Google. Penggunaan Google Translate memungkinkan Anda untuk menerjemahkan melalui teks yang diketik, maupun melalui gambar, dan juga kata-kata yang diucapkan dari bahasa asing ke bahasa yang Anda inginkan.

Pada April 2020, Google Translate mendukung 109 bahasa di berbagai tingkatan dan hingga April 2016, mengklaim lebih dari 500 juta total pengguna, dengan lebih dari 100 miliar kata diterjemahkan setiap harinya.

Dengan fitur dan layanan bahasa yang dimilikinya, Google Translate telah menggantikan posisi kamus tebal yang dulu dipakai untuk menerjemahkan kata.

Diluncurkan pada bulan April 2006 sebagai layanan terjemahan mesin statistik, Google Translate menggunakan dokumen dan transkrip PBB dan Parlemen Eropa untuk mengumpulkan data linguistik.

Google melakukan penerjemahan dengan pendekatan yang disebut penerjemahan berdasar statistik. Penerjemahan demikian merupakan hasil penelitian Franz-Josef Och yang telah memenangkan kontes DARPA untuk kecepatan mesin terjemahan pada tahun 2003. Dimana sekarang Franz-Josef Och ini menjadi kepala departemen mesin penerjemah Google.

Namun seringkali Google Translate ini menghasilkan terjemahan kata yang justru membingungkan, karena sistem kerja dari Google Translate itu sendiri tidak langsung menerjemahkan kata ke dalam bahasa yang diminta, melainkan akan ke bahasa Inggris dan kemudian berporos ke bahasa target.

Sejarah Google Translate

Pembuatan Google Translate ini berawal dari Sergey Brin yang merupakan salah satu pendiri Google yang pada saat itu menerima surat dari seorang fans dengan bahasa Korea, dimana ia dan orang-orang terdekatnya tidak mengerti bahasa tersebut.

Kemudian Brin menerjemahkan surat itu melalui mesin penerjemah yang ia punya, lalu menghasilkan terjemahan berikut : “The sliced raw fish shoes it wishes. Google green onion thing!”, sehingga ia terinspirasi untuk membuat mesin penerjemah yang andal, hingga akhirnya lahir Google Translate.

Walaupun masih terdapat banyak kekurangan dalam penerjemahan kalimat, namun Google Translate sudah cukup sukses dalam memberikan layanan penerjamah secara online.

Google terus mengembangkan Google Translate, hingga saat ini sudah mampu terintegrasi secara langsung dengan produk Google lainnya, salah satunya Google Pixel Buds.

Fungsi Google Translate

Berikut merupakan beberapa fungsi utama dari Google Translate, diantarnya:

  • Menerjemahkan teks tertulis ke bahasa asing.
  • Menerjemahkan seluruh halaman web ke bahasa yang Anda inginkan.
  • Menerjemahkan dokumen yang diunggah ke bahasa yang dipilih. (Keterangan: dokumen harus dalam format .doc, .docx, .odf, .pdf, .pptx, .ps, .rtf, .txt, .xls, .xlsx.)
  • Menerjemahkan bahasa lisan ke dalam bahasa asing yang dipilih.
  • Menerjemahkan teks pada aplikasi seluler secara instan, tanpa perlu keluar dari aplikasi yang sedang dijalankan.
  • Mengidentifikasi teks dalam gambar, kemudian menerjemahkan teks di layar secara instan.
  • Menerjemahkan bahasa yang ditulis tangan.

Anda juga dapat mengakses Google Translate secara offline dengan menggunakan aplikasi Google Translate yang dapat Anda unduh melalui ponsel Anda. Google Translate juga dilengkapi dengan fitur untuk pelafalan, kamus, dan mendengarkan terjemahan.

Manfaat Google Translate

Berikut manfaat dari layanan penerjemah Google Translate, antara lain:

1). Tidak Perlu Mengetik

Saat ini Google Translate sudah dilengkapi fitur perekam suara. Sehingga Anda hanya perlu mengucapkan kata yang ingin diterjemahkan, kemudian Google Translate akan menganalisis, dan kemudian menerjemhakannya ke dalam bahasa yang Anda pilih.

2). Menerjemahkan dengan Gambar

Anda juga dapat menerjemahkan sebuah gambar yang di dalamnya terdapat teks yang tidak Anda mengerti. Cukup dengan memotretnya, maka Google Translate akan menampilkan terjemahan sesuai dengan bahasa yang Anda pilih.

3). Translate kalimat otomatis cukup dengan sekali Tap

Pilih teks yang Anda inginkan, maka Google Translate akan menampilakn pop-up “Tap to Translate”.

4). Ketik kalimat yang Anda inginkan, biarkan Google Translate bekerja.

Jika Anda kesulitan untuk menyampaikan sebuah kalimat, Anda bisa mengetikan kalimat yang Anda inginkan, lalu memlih bahasa sesuai dengan target / lawan bicara Anda.

Kemudian pilih ikon speaker kecil untuk membuat Google Translate melafalkan kalimat tersebut dengan bahasa yang telah diterjemahkan.

Cara Kerja Google Translate

Google Translate bekerja dengan menerjemahkan teks ke bahasa Inggris terlebih dahulu, sebelum kemudian diterjemahkan ke bahasa yang Anda inginkan.

Referensi bahasa yang digunakan oleh Google Translate adalah kosakata yang digunakan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan Uni Eropa (UE).

Untuk layanan penerjamah ini, Google Translate tidak mempekerjakan ahli untuk menyusun tata bahasa yang baik, dan hal itu pula yang menjadi salah satu kekurangan dari Google Translate yang tidak mampu menghasilkan terjemahan dengan rangkaian kata yang baik.

Namun walau begitu, Google akan terus melakukan perbaikan pada sistem terjemahan ini, termasuk untuk membandingkan semua hasil penerjemahan yang bersumber dari sumber linguistik yang lebih luas. Dimana sistem terebut memastikan keberhasilan hasil terjemahan yang mampu memberikan konteks secara penuh (bukan per kata).

Selain itu, Google juga melakukan pemetaan terjemahan. Seperti terjemahan antara bahasa Inggris-Indonesia dan sebaliknya. Pemetaan yang dilakukan Google ini mampu menyimpulkan dan memetakan hubungan antara Inggris dan Indonesia, serta membuat terjemahan dua arah antara kedua bahasa tersebut.

Demikian artikel megenai pengertian Google Translate, sejarah, fungsi, manfaat dan cara kerja Google Translate. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.