Google Play: Pengertian, Sejarah dan Cara Melakukan Pembayaran Aplikasi Google Play

Google Play, yang sebelumnya bernama Android Market ini adalah layanan layanan distribusi digital yang berfungsi sebagai toko aplikasi resmi untuk sistem operasi Android, sehingga pengguna dapat menelusuri dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan Android Software Development Kit (SDK) dan diterbitkan melalui Google.

Selain beragam aplikasi, Google Play juga menawarkan program musik, buku, film dan televisi.

Google Play ini menyediakan aplikasi yang bisa Anda dapatkan baik secara gratis atau dengan biaya. Anda dapat mengunduh segala hal yang ada di dalamnya secara langsung melalui perangkat Android lewat aplikasi Play Store.

Adapun aplikasi yang ditargetkan untuk pengguna perangkat dengan komponen perangkat keras tertentu, seperti sensor gerak (untuk game yang bergantung pada gerakan) atau kamera yang menghadap ke depan (untuk panggilan video online).

Google Play Store telah memiliki lebih dari 82 miliar unduhan aplikasi pada 2016 dan telah mencapai lebih dari 3,5 juta aplikasi yang diterbitkan dan masih terus bertambah lagi.

Sejarah Google Play

Google Play ini berasal dari tiga produk yang berbeda, yakni Android Market, Google Music dan Google eBookstore. Pada awal kemunculannya, Google Play ini merupakan Android Market yang diumumkan oleh Google pada 28 Agustus 2008, dan tersedia untuk pengguna pada 22 Oktober 2008.

Pada bulan Desember 2010, pemfilteran konten ditambahkan ke Android Market. Dimana pada setiap halaman detail aplikasi mulai menampilkan grafik promosi di bagian atas, dan ukuran maksimum aplikasi dinaikkan dari 25 megabita menjadi 50 megabita.

Google eBookstore diluncurkan pada 6 Desember 2010, yang didukung oleh tiga juta ebook, yang berhasil menjadikan Google eBookstore sebagai “koleksi ebooks terbesar di dunia”. Dan pada November 2011, Google mengumumkan Google Music yang menawarkan pembelian musik.

Kemudian pada bulan Maret 2012, Google meningkatkan ukuran maksimum aplikasi yang diizinkan dengan memungkinkan pengembang untuk melampirkan dua file ekspansi ke unduhan dasar aplikasi, setiap file ekspansi memiliki ukuran maksimum 2 gigabita, dan memberikan pengembang aplikasi total 4 gigabita.

Google Play diluncurkan pada 6 Maret 2012, menyatukan Android Market, Google Music, dan Google eBookstore di bawah satu merek. Hal tersebut menandai perubahan dalam strategi distribusi digital Google.

Sehingga layanan yang termasuk dalam Google Play adalah Google Play Books, Google Play Games, Google Play Film & TV dan Google Play Music. Setelah merek-ulang, Google secara bertahap memperluas dukungan geografis untuk setiap layanan.

Kemudian pada Mei 2016, diumumkan bahwa Google Play Store, termasuk semua aplikasi Android, akan dihadirkan ke Chrome OS pada bulan September 2016.

Cara Menemukan Aplikasi di Google Play

Untuk menemukan aplikasi sesuai dengan yang Anda inginkan, Anda dapat mencarinya berdasarkan hal-hal berikut:

1. Koleksi

Anda dapat menemukan aplikasi dengan memilih aplikasi berdasarkan koleksi aplikasi dan game yang dipersonalisasi kepada pengguna berdasarkan kriteria tertentu, seperti aktivitas pengguna yang lalu, tindakan yang coba mereka selesaikan, lokasi, dan peristiwa utama.

Koleksi ini dikelola secara otomatis dan oleh tim editorial Google Play untuk memastikan pada fitur koleksi ini Google Play menawarkan aplikasi dan game terbaik.

2. Peringkat Aplikasi

Melalui peringkat aplikasi, Anda akan menemukan aplikasi dan game yang paling populer dari berbagai peringkat aplikasi.

Selain untuk mengenali aplikasi baru yang lagi yang populer, peringkat aplikasi juga menampilkan aplikasi lama yang telah diupdate sehingga kualitasnya meningkat.

3. Kategori

Google Play hadir dengan lebih dari 40 kategori aplikasi dan game, sehingga akan memudahkan Anda dalam menemukan berbagai aplikasi dan game sesuadi dengan yang Anda inginkan.

4. Pilihan Editor

Aplikasi dan game Pilihan Editor ini akan menampilkan aplikasi dan game terbaik di Android dalam hal inovasi, kreativitas, dan desain. Aplikasi dan game itu dipilih langsung oleh tim editorial Google Play.

5. Akses Awal

Jika Anda ingin menjadi orang pertama yang merasakan inovasi aplikasi dan game terbaru, Anda bisa mendapatkan pengalaman tersebut melalui program Akses Awal dan terlibat sebagai penguji beta untuk membantu meningkatkan kualitas aplikasi dan game sebelum diluncurkan ke publik.

6. Penelusuran

Melalui penelusuran ini Anda dapat memasukkan nama dan kata kunci untuk menemukan aplikasi yang diinginkan.

Untuk query penelusuran yang lebih luas, hasil akan ditampilkan dalam bentuk kumpulan, untuk membantu menampilkan tipe aplikasi berbeda yang mungkin juga diminati oleh pengguna.

Cara Melakukan Pembayaran Aplikasi Google Play

Mengingat aplikasi yang ada di Google Play ini bukan hanya aplikasi gratis, melainkan ada juga aplikasi berbayar. Berikut beberapa cara pembayaran untuk membeli aplikasi pada Google Play:

1). Menggunakan kartu kredit atau debit di lebih dari 135 negara

Tambahkan informasi kartu kredit atau debit yang Anda miliki ke akun Google, sehingga Anda dapat dengan mudah membeli aplikasi dan game berbayar, produk dalam aplikasi dan berlangganan.

2). Tagihan operator langsung dengan 140 operator di 55 negara

Anda juga dapat melakukan pembelian aplikasi, berlangganan melalui tagihan operator, karena Google Play telah terhubung dengan 140 operator di 55 negara.

3). Kartu hadiah di lebih dari 700 ribu lokasi di lebih dari 30 negara

Kartu hadiah Google Play adalah kartu yang biasanya diberikan sebagai hadiah atau sebagai ungkapan terima kasih oleh pengguna. Kartu ini dijual bebas di toko retail.

Untuk menggunakannya, Anda cukup mengaktifkan kartu tersebut ke akun Play Store dengan memasukkan kode unik pada kartu, kemudian saldo dari kartu tersebut sudah dapat langsung digunakan untuk membeli aplikasi dan game atau konten digital yang dijual di Google Play.

4). PayPal di lebih dari 20 negara

Dengan menggunakan PayPal, Anda akan dengan mudah melakukan pembelian aplikasi dan game.

Demikian artikel mengenai pengertian Google Play, sejarah, cara menemukan aplikasi dan cara melakukan pembayaran aplikasi Google Play. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.