Google Maps: Pengertian, Sejarah dan Fitur Google Maps

Google Maps adalah layanan pemetaan yang dikembangkan oleh Google. Dengan berbagai fitur yang menyertainya membuat Google Maps sangat diminati oleh banyak pengguna, khususnya saat Google Maps merilis aplikasi mobile.

Sehingga semua orang merasa terbantu dengan saat melakukan perjalanan ke suatu tempat baru ataupun mencari tempat tertentu, seperti tempat makan, penginapan, dan lainnya agar mendapatkan rekomendasi secara mudah dan cepat.

Google Maps juga mampu menampilkan gambar lokasi jalanan dan tingkat kemacetan lalu lintas yang ada di seluruh dunia. Bahkan Google Maps sendiri menyediakan bentuk ataupun rupa dari planet bumi dan juga detail di yang ada di dalamnya.

Sejarah Google Maps

Layanan pemetaan yang dikembangkan oleh Google ini awalnya merupakan program desktop C++ yang dirancang oleh Lars dan Jens Eilstrup Rasmussen pada Where 2 Technologies.

Kemudian perusahaan ini diakuisisi oleh Google, hingga diubah menjadi sebuah aplikasi berbasis web, yang kemudian hadir dengan fitur tambahan dari perusahaan visualisasi data geospasial dan analisis lalu lintas sehingga mampu menampilkan gambar lokasi jalanan dan tingkat kemacetan lalu lintas yang di seluruh dunia. Google Maps ini resmi dirilis pada 8 Februari 2005.

Hadir dengan membawa fitur yang menarik dan memudahkan penggunanya untuk mengakses informasi mengenai petunjuk jalan dengan berbagai informasi lainnya yang berhubungan dengan sebuah perjalanan, membuat Google Maps diminati oleh banyak orang.

Diantaranya menawarkan API, yang memungkinkan peta untuk dimasukkan pada situs web pihak ketiga, dan menawarkan penunjuk lokasi untuk bisnis perkotaan dan organisasi lainnya di berbagai negara di seluruh dunia.

Juga dengan Google Map Maker yang memungkinkan pengguna untuk bersama-sama mengembangkan dan memperbarui pemetaan layanan di seluruh dunia.

Google Maps menawarkan tampilan satelit “top-down”. Dimana sebagian besar memberikan citra resolusi yang tinggi melalui hasil foto udara yang diambil dari pesawat pada ketinggian 800 sampai 1.500 kaki (240–460 meter), sementara sebagian besar lainnya adalah dari satelit.

Dimana sebagian besar satelit tersebut berusia tiga tahun yang terus diperbarui secara teratur. Google Maps juga menyediakan bentuk ataupun rupa dari planet bumi dan juga detail di yang ada di dalamnya.

Seiring dengan perkembangan yang terus dilakukan, hingga Google Maps juga hadir sebagai aplikasi mobile yang dirilis pada September 2008. Dan terus melakukan perbaikan hingga mampu menjadi aplikasi yang paling populer untuk smartphone yang digunakan di seluruh dunia.

Untuk menggunakan Google Maps secara maksimal, dibutuhkan koneksi jaringan internet yang stabil, karenya koneksi yang tidak stabil memungkinkan Google Maps menjadi error.

Fitur pada Google Maps

Google Maps yang dikenal sebagai aplikasi untuk memberikan petunjuk perjalan membuat fitur lain dari Google Maps menjadi jarang digunakan, karena mungkin banyak dari pengguna yang tidak mengetahuinya. Berikut merupakan beberapa fitur dari Google Maps, antara lain:

Your Places untuk menyimpan alamat rumah dan kantor

Untuk dapat memanfaatkan fitur ini Anda cukup pilih bilah menu dengan ikon tiga baris pada Google Maps, lalu pilih fitur your places, selanjutnya masukkan alamat kantor ataupun rumah sehingga Anda tidak perlu mencari alamat rumah ataupun kantor lagi saat menggunakan aplikasi Google Maps.

Share Location untuk membagikan lokasi

Google Maps juga menyediakan fitur share location sehingga Anda dapat membagikan lokasi dimana Anda berada dengan pengguna lainnya. Caranya cukup pilih lokasi yang Anda ingin bagikan, lalu pilih opsi share.

Melihat Street View

Dengan fitur street view ini Anda akan mendapatkan view layaknya Anda melihat suatu lokasi secara nyata, sehingga akan lebih mudah untuk Anda mengenali suatu lokasi tertentu atau sesuai dengan yang Anda tuju. Untuk menikmati fitur ini, Anda cukup mencari lokasi yang Anda inginkan lalu pilih gambar 3D yang terletak di bawah layar.

Eksplorasi Tempat Baru

Jika Anda ingin mencari suatu tempat seperti kafe atau tempat lainnya, Anda dapat memanfaaatkan fitur explore pada Google Maps ini, dimana Google akan memberikan rekomendasi tempat sesuai dengan kategori yang Anda inginkan.

Google Maps Offline

Anda dapat menggunakan fitur offline ini dengan cara mengunduh peta sesuai dengan tempat tujuan yang Anda inginkan. Caranya pilih suatu kota yang ingin disimpan, lalu pilih download untuk menyimpan peta dari lokasi yang Anda pilih.

Namun dengan menggunakan fitur ini artinya Anda hanya akan mendapatkan petunjuk atau tampilan peta saja, tanpa mendapatkan instruksi dari Google Maps secara langsung.

Demikian artikel mengenai Pengertian Google Maps, Sejarah, dan Fitur Google Maps. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.