Google Drive: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Google Drive

Sepertinya kehilangan file pernah dialami oleh hampir semua orang, baik untuk file yang tersimpan di laptop atau smartphone, seperti foto pada moment penting, file tugas, file skripsi, dan file lainnya.

Google Drive hadir sebagai media penyimpanan online yang membuat data Anda tersimpan secara cloud, sehingga data tersimpan dengan aman dan dapat digunakan kapanpun dan dimanapun.

Google Drive adalah media penyimpanan secara online dengan basis cloud Google yang dirilis pada 24 April 2012 dengan menggunakan bahasa pemrograman Python dan Objective-C.

Layanan penyimpanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. Dan Google Drive akan otomatis tersinkronisasi dengan layanan Google lainnya seperti Gmail, Hangouts, Google Photos, dan lain sebagainya.

Google Drive menyediakan kapasitas penyimpanan sebasar 15 Gigabyte secara gratis, yang bisa Anda upgrade menjadi lebih besar dengan membeli layanan versi berbayar.

Google Drive ini tersedia dalam bentuk dekstop dan smartphone. Dan Google Drive sudah menjadi aplikasi bawaan yang pasti sudah terpasang pada hampir semua perangkat Android.

Fungsi Google Drive

Google Drive mempunyai beberapa fungsi utama untuk para penggunanya. Beberapa fungsi tersebut diantaranya:

1. Untuk Menyimpan File

Google Drive memang memiliki fungsi utama sebagai media penyimpanan data. Dengan Google Drive ini Anda dapat menyimpan data dalam bentuk dokumen gambar dan lainnya, tanpa harus menyediakan storage atau media penyimpanan offline seperti ram ataupun hardisk selama Anda terhubung dengan jaringan internet.

2. Berbagi File

Selain untuk menyimpan file, Anda juga dapat membagikan file yang Anda simpan pada Google Drive. Anda dapat berbagi file secara langsung tanpa perlu melakukan konfigurasi yang rumit.

Cukup dengan mengundang pengguna lain melalui Link atau pun melalui alamat email, Anda sudah dapat berbagi file dengan sangat mudah.

3. Edit File

Anda juga dapat melakukan editing data tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu. Pasalnya Google Drive mendukung fitur edit data teks yang terhubung dengan google spreadsheet.

Aplikasi tersebut berfungsi mirip seperti Microsoft Word atau Excel hanya saja berbentuk online tanpa perlu melakukan instalasi software.

4. Melakukan BackUp Data

Seperti fungsi utamanya yang memang sebagai media penyimpanan, dengan menggunakan Google Drive Anda dapat melakukan backup data baik itu data yang ada di komputer ataupun perangkat lainnya.

Manfaat Google Drive

Dengan berbagai fiturnya, berikut beberapa manfaat dari Google Drive, antara lain:

1. Data Tersimpan Aman

Dengan penyimpanan secara online, membuat data yang disimpan pada Google Drive ini aman dibanding Anda menyimpan data pada memori pada perangkat PC atau smartphone.

Karena perangkat tersebut rawan mengalami rusak maupun hilang karena pencurian. Namun tetap saja Anda perlu hati-hati, karena kemungkinan pencurian data secara online bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi.

2. Data Dapat Digunakan Kapanpun dan Dimanapun

Dengan basis penyimpanan Cloud, membuat Anda dapat mengakses data yang ada pada Google Drive kapanpun dan dimanapun.

Kelebihan dan Kekurangan Google Drive

Sistem tanpa sebuah kekurangan rasanya hal yang sangat tidak mungkin, namun hal tersebut tentu tidak akan jadi masalah yang berarti selama kelebihan dari sistem tersebut dapat memberikan fungsi software sesuai dengan tujuan atau fungsi utamanya. Berikut beberapa kelebihan dari Google Drive:

1. Jumlah Memori Penyimpanan Cukup Besar dan Gratis

Google Drive memberikan Anda ruang penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis, yang tentunya akan membantu Anda untuk menghemat ruang penyimpanan pada perangkat PC atau ponsel.

Anda juga bisa menikmati ruang penyimpanan yang lebih dengan melakukan upgrade akun pada versi berbayar.

2. Dapat Menyimpat Berbagai Data

Anda dapat menyimpan berbagai data dengan format teks dokumen, gambar, audio, video, dan lainnya pada Google Drive yang juga bisa Anda akses dengan mudah.

3. Dapat Berbagi File

File-file yang tersimpan dapat kita bagikan pada teman-teman yang kita kehendaki, baik melalui whatsapp, facebook, messenger, easyShare ataupun pesan teks sms.

4. Data Tersimpan Dengan Aman

Walaupun dalam dunia IT terdapat filosofi bahwa “tidak ada data yang aman”, namun Google company yang memiliki developer-developer handal dalam teknologi dan keamanannya menjadi point plus pada setiap software yang dibuat oleh Google, termasuk pada Google Drive ini.

Adapaun untuk kekurangan dari Google Drive ini hanya cara penggunaannya yang memerlukan koneksi internet saja. Dan hal ini rasanya tidak akan menjadi masalah yang berarti.

Demikian artikel mengenai Google Drive, Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Google Drive. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.