Google Classroom: Pengertian, Fitur, Cara Menggunakan dan Keunggulan Google Classroom

Google Classroom adalah layanan web gratis, yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah, lembaga non-profit, dan siapa pun yang memiliki Akun Google.

Dengan tujuan untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa. Dimana dengan beragam fiturnya, akan memudahkan dalam proses membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas tanpa harus bertatap muka.

Google Classroom terintegrasi dengan berbagai layanan Google, yakni Google Drive untuk pembuatan tugas dan distribusi file atau dokumen, Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide untuk menulis, Gmail untuk komunikasi, dan Google Kalender untuk penjadwalan, dan penelusuran Google untuk membantu proyek sekolah.

Siswa dapat diajak ke kelas melalui database institusi, melalui kode pribadi, atau secara otomatis diimpor dari domain sekolah. Setiap kelas membuat folder terpisah di Drive pengguna masing-masing, dimana siswa dapat mengirimkan tugas untuk dinilai oleh guru.

Layanan web gratis yang dirilis pada 12 Agustus 2014 ini tersedia untuk perangkat berbasis iOS dan Android dan maupun diakses melalui browser website. Pengguna bisa memanfaatkan melakukan berbagai aktifitas seperti mengambil foto dan melampirkan tugas, berbagi file dari aplikasi lain, dan mengakses informasi secara offline.

Guru dapat memantau kemajuan setiap siswa, dan setelah dinilai, guru dapat kembali bekerja. Guru dapat menambahkan komentar agar siswa bisa melakukan revisi dan memperbaiki tugas. Guru dapat memposting pengumuman ke ruang kelas yang telah dibuat, dan siswa bisa berinteraksi dengan menuliskan komentar.

Fitur Google Classroom

Google Classroom hadir dengan dilengkapi tiga fitur utama, yaitu untuk membuat pengumuman, memberikan tugas dan menyampaikan materi secara daring, berikut selengkapnya:

1. Membuat Pengumuman

Pengumuman yang Anda buat akan disampaikan kepada anggota kelas. Dan setiap terdapat pengumuman baru, maka anggota kelas akan mendapat notifikasi mengenai pengumuman tersebut.

Pengumuman tersebut juga bisa dikomentari oleh semua anggota kelas, tergantung apakah Anda mengaktifkan komentar atau tidak.

2. Membagikan Tugas dan Memberikan Penilaian

Dengan fitur membagikan tugas ini Anda bisa mengatur deadline dari tugas yang Anda berikan. Anda bisa melihat setiap peserta didik yang telah berpartisipasi di dalam tugas yang Anda berikan.

Selain itu, Anda juga bisa sekaligus memberikan penilaian dari hasil tugas yang telah dikerjakan oleh peserta didik yang Anda bimbing.

Anda juga bisa mengaktifkan komentar pada fitur ini apabila ada peserta didik yang masih kurang paham dengan tugas yang Anda berikan.

3. Share Materi dengan Dukungan Cloud

Dengan fitur share materi pembelajaran Anda bisa membagikan link dari materi yang ingin Anda berikan. Dimana link tersebut dapat berupa link Google Docs, link video Youtube, maupun link Google Drive.

Fitur ini juga dilengkapi dengan komentar untuk saling bertukar pikiran antara tenaga pendidik dan peserta didik agar materi yang disampaikan bisa dipahami dengan sempurna.

Fitur untuk Masing-Masing Pengguna (Pengajar, Siswa, Wali dan Administrator)

1. Pengajar

Sebagai Pengajar, dengan Google Classroom Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Memulai rapat video.
  • Membuat dan mengelola kelas, tugas, dan nilai secara online tanpa kertas.
  • Menambahkan materi ke tugas, seperti video YouTube, survei Google Formulir dan item lainnya dari Google Drive.
  • Memberikan masukan real-time.
  • Menggunakan forum kelas untuk memposting pengumuman dan melibatkan siswa dalam diskusi berbasis pertanyaan.
  • Mengundang orang tua dan wali untuk mendaftar ke email evaluasi yang menginformasikan tentang tugas siswa yang akan datang atau yang tidak diserahkan.

2. Siswa

Untuk Siswa, dengan Google Classroom Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Melacak tugas kelas dan mengirimkan tugas.
  • Memeriksa keaslian, masukan, dan nilai.
  • Berbagi materi dan berinteraksi dalam forum kelas atau melalui email.

3. Wali

Sebagai Wali, dengan Google Classroom Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Mendapatkan email evaluasi tentang tugas siswa.
  • Meninjau pengumuman dan aktivitas.

4. Administrator

Sebagai Administrator, dengan Google Classroom Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Melindungi data dan menetapkan izin untuk pengguna Anda.
  • Menyiapkan kelas dan daftar nama siswa.
  • Menambahkan atau menghapus siswa dan pengajar dari kelas.
  • Mendapatkan dukungan 24/7.

Cara Menggunakan Google Classroom

Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan guru atau pengajar untuk memulai pembelajaran menggunakan Google Classroom:

1. Buka Google Classroom

  • Buka link berikut https://classroom.google.com
  • Login dengan user dan password akun Google pribadi atau akun Google Suite For Education Sekolah/lembaga.
  • Jika sudah membuka dan login maka tampilannya adalah seperti ini, dan lanjutkan continue :
  • Pilih I’m a Teacher

2. Buat Kelas

Pada kelas yang Anda buat, Anda dapat memberi tugas dan memposting pengumuman kepada siswa. Siapa pun yang berusia di atas 13 tahun dapat membuat kelas menggunakan Akun Google pribadi.

Namun, jika sekolah Anda memiliki akun G Suite for Education, Anda harus menggunakan email tersebut untuk membuat kelas. Untuk mengetahui detailnya, buka Tentang akun pengguna Classroom. Berikut cara untuk membuat kelas:

  • Untuk membuat kelas silahkan klik tanda + pada bagian pojok kanan atas dan create class.
  • Berilah nama yang akan Anda buat dan tekanlah create.

3. Menambahkan Siswa

  • Untuk menambahkan siswa, silahkan pilih dan klik student pada gambar diatas
  • Ada dua pilihan cara menambahkan siswa, yaitu dengan Mengunakan Kode kelas dan Menggunakan Undangan (Invite Student), berikut penjelasannya:
    1. Mengunakan Kode kelas
    Jika Anda memilih untuk menggunakan Kode kelas, maka kode kelas tersebut harus diberikan pada siswa agar dimasukkan sendiri oleh mereka saat membuka dasbord google Classroom sehingga tergabung dengan kelas yang Anda ciptakan sebelumnya.
    2. Menggunakan Undangan (Invite Student)
    Jika menggunakan Invite Student sebelumnya Anda harus memiliki Nama akun atau email siswa untuk ditambahkan satu persatu pada daftar undangan, dan siswa akan mendapatkan pemberitahuan bahwa telah diundang untuk bergabung paa kelas yang muncul pada dasbord Google Classroom maupu pada email masing-masing. Jika siswa siswa sudah tergabung maka akan mucul daftar nama siswa pada tab student google classroom yang telah dibuat.

4. Membuat Konten Pada Google Classroom

Untuk membuat Konten pada google Classroom, pilih dan klik stream dan pada bagia pojok kiri bawah arahkan kursor pada tanda ‘+’ sehingga muncul berbagai pilihan aktivitas yang bisa dilakukan, seperti berikut:

  • Membuat Pengumuman (Create Anouncement)
  • Membuat Tugas (Create assignment)
  • Membuat Pertanyaan (Create question)
  • Menyalin aktifitas (Reause post)
  • Membuat Pengumuman (Create Anouncement)

Untuk membuat pengumuman atau sekedar berinteraksi dengan siswa tinggal Anda dapat mengetik pesan pada menu create announcement.

5. Membuat Tugas (Create Assignment)

Untuk membuat tugas, Anda sebelumnya harus mempersiapkan file berupa gambar, dokumen, video dan lainnya yang berisi instruksi tentang apa yang harus dilakukan oleh siswa.

Begitupula yang perlu dilakukan siswa, tugas yang dikerjakan oleh mereka harus dilampirkan pada menu Assigment ini. Progres tentang pengerjaan tugas yang telah dikakukan siswa dapat dilihat oleh guru pada dashbord.

6. Membuat Pertanyaan (Create Question)

Untuk membuat pertanyaan, pilih create question. Anda dapat membuat pertanyaan dengan dua model, yakni essay dengan jawaban singkat (short answer) dan soal pilihan ganda (multiple choice).

Progress pengerjaan soal dapat dipantau, agar Anda dapat melihat siapa saja yang sudah mengerjakan dan siapa saja yang belum mengerjakan soal tersebut beserta jawabannya. Setelah tugas masuk, Anda dapat melakukan koreksi dan memberikan skor atas soal yang telah dijawab.

7. Menggunakan kembali aktivitas (Reuse Post)

Untuk dapat menggunakan kembali aktivitas pembelajaran seperti menyampaikan pengumuman, membuat tugas dan membuat pertanyaan di Google Classroom dari satu kelas ke kelas yang lain, Anda bisa menggunakan menu Reuse Post.

Keunggulan Google Classroom

Berikut beberapa keunggulan dari Google Classroom, antara lain:

1. Tampilan yang Sederhana

Google merancang aplikasi Google Classroom dengan sangat sederhana bersama G suite untuk pendidikan, sehingga dengan teknologi ini tenaga pendidik bisa fokus menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik.

2. Integrasi Luas

Google Classroom sebagai layanan yang dikembangkan oleh Google ini terintegrasi dengan beberapa aplikasi pembelajaran besutan Google lainnya, seperti classcraft, Pear Deck, Quizizz, Tynker, Kami, dan Little SIS.

Kolaborasi antara Google Classroom dan aplikasi tersebut akan sangat membantu tenaga pendidik dalam memberikan materi pembelajarannya.

3. Aman

Google menjamin tingkat keamanan yang tinggi ketika menggunakan aplikasi Google Classroom sebab layanan ini terintegrasi dengan layanan Gmail yang reputasinya sangat baik dalam hal keamanan.

Teknologi ini juga berfungsi sebagai media penyimpanan atau arsip digital bagi peserta didik atau tenaga pendidik yang apabila sewaktu-waktu dibutuhkan, bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

4. Lintas Platform

Aplikasi ini bisa diakses di PC (personal computer) atau smartphone. Sehingga tenaga pendidik maupun peserta didik bisa belajar, mengerjakan tugas, dan melihat pengumuman bisa dimanapun tanpa harus bertatap muka. Sehingga sangat efisien dalam menyampaikan materi pembelajaran, tugas dan pengumuman.

5. User Friendly

Mulai dari pembuatan kelas baru sampai dengan personalisasi kelas semuanya didesain user friendly. Sehingga semua fitur bisa dilakukan dengan langkah yang sangat sederhana.

Sehingga tenaga pendidik bisa fokus dengan tujuannya membuat kelas tersebut. Tenaga pendidik tidak disibukkan dengan rumitnya personalisasi dari sebuah aplikasi yang mereka gunakan.

6. Hemat dalam Pemakain Kuota Internet

Aplikasi ini fokus pada pembelajaran, baik itu dalam penyampaian materi maupun dalam pemberian tugas. Walaupun ada link materi yang dibagikan, tetapi link tersebut bisa diakses secara offline setelah peserta mengunduh materi atau tugas tersebut.

Demikian artikel mengenai Google Classroom, Fitur, Cara Menggunakan, dan Keunggulan Google Classroom. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Link download terkait