Google Chrome: Pengertian, Sejarah, Fitur, Kelebihan dan Kekurangannya

Google terus membuat berbagai software yang menunjang berbagai aktivitas, baik pada perangkat mobile maupun PC. Salah satunya Google Chrome yang merupakan web browser.

Saat ini berbagai informasi dapat Anda akeses dengan mudah melalui search engine, yang tentunya harus Anda akses melalui web browser untuk menampilkan halaman-halaman web di internet.

Maka dari itu web browser menjadi perangkat lunak yang penting untuk Anda instal. Google Chrome adalah sebuah penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dan mempunyai nama proyek Chromium.

Dengan menggunakan rendering WebKit, maka Google Chrome mempunyai kecepatan di atas rata-rata dan tetap ringan.

Sejarah Google Chrome

Google Chrome merupakan web browser yang dikembangkan oleh Google ini dirilis pada 2 September 2008. Pada awal rilisnya Google Chrome ini masih pada tahap Beta, dimana saat itu Google Chrome hanya dapat digunakan pada sistem operasi Windows. Namun walau begitu, Google Chrome telah memiliki fitur-fitur yang menarik di dalamnya.

Hingga pada 11 Desember 2008, Google Chrome telah bisa dinikmati oleh perangkat dengan berbagai sistem operasi. Dan pada awal bulan 2012, Google Chrome diperkirakan berhasil meraih presentasi 25-28% dari seluruh pengguna browser.

Pada awal rilisnya Google Chrome hanya mendapatkan posisi ketiga namun saat ini menjadi web browser terbaik. Meskipun hanya diposisi ketiga setelah Mozilla Firefox dan Internet Explorer, Google Chrome terus dikembangkan dengan baik. Akhirnya pada saat ini Google Chrome memiliki pengguna terbanyak dibanding web browser lainnya.

Fitur – Fitur Pada Google Chrome

Hadir dengan tampilan antarmuka yang nyaman, serta fitur-fitur yang memberikan pengalaman menjelajah internet membuat Google Chrome menjadi web browser yang banyak digunakan. Adapun fitur-fitur pada Google Chrome diantaranya sebagai berikut:

1). Bandwidth Saving yang berfungsi untuk menghemat data.

2). Menyimpan riwayat situs yang telah dikunjungi (history), sehingga Anda bisa mengakses situs yang telah dikunjungi dengan lebih mudah.

3). Menyimpan riwayat data yang telah selesai diunduh.

4). Mengelola Bookmark untuk menyimpan situs yang Anda suka.

5). Mode Incognito atau penelusuran situs tanpa meninggalkan jejak atau seperti ‘secret mode’.

6). Task Manager untuk mengelola program, seperti untuk memeriksa memori dan menghentikan pemasangan instalasi.

7). Fitur multi profil, yang memudahkan jika Anda mempunyai/menggunakan beberapa akun Google.

8). Pin tab untuk menandai beberapa tab utama yang Anda butuhkan, yang akan tampil pada posisi paling kiri pada halaman Chrome.

9). Omnibox atau pencarian memori.

10). Fitur terjemahan yang mendukung lebih dari 50 bahasa.

Kelebihan dan Kekurangan Google Chrome

Berikut ini kelebihan dan kekurangan Google Chrome, antara lain sebagai berikut.

Kelebihan Google Chrome

Beberapa kelebihan dari Google Chrome, antara lain:

1). Desain antarmuka user friendly

Desain antarmuka yang user friendly membuat Google Chrome menjadi web brwser yang banyak digunakan.

2). Fitur bawaan menarik

Google Chrome didukung oleh berbagai fitur yang sangat membuat Anda lebih mudah dalam berselancar di internet, untuk mencari, mengelola dan menyimpan informasi. Adapun fitur menarik pada Google Chrome, seperti Task Manager, Omnibox, Mode Incognito dll.

3). Fungsi pencarian yang sangat baik

Google Chrome mempunyai fungsi yang sangat baik dalam pencarian. Dimana Google Chrome dapat mendeteksi ketika pengguna telah mencari situs web dan memasukkan situs web itu dalam daftar penyedia pencarian.

4). Bisa ditambahkan fitur baru

Anda dapat menambahkan fitur baru pada Google Chrome, dengan menambahkan ekstensi

5). Terhubung langsung dengan Google Search Engine

Dengan menggunakan search engine Google, sehingga dapat memuat banyak informasi didalamnya.

6). Lebih hemat RAM dan ROM

Google Chrome mempunyai ukuran memori yang kecil sehingga dapat digunakan sekalipun pada perangkat dengan speksifikasi rendah.

Kekurangan Google Chrome

Adapun beberapa kekurangan dari Google Chrome, antara lain:

1). Privasi

Google menyimpan 2% interpretation pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP. Artinya google bisa mengetahui “siapa mencari apa dan dimana”.

2). Celah Keamanan

Beberapa pakar menemukan adanya bugs pada chrome. Dimana ketika membuka suatu halaman website akan membuat browser ini menjadi crash. Ditambah Google Chrome juga memiliki underline Download Otomatis, dimana hal tersebut dikhawatirkan akan disalah gunakan oleh Hacker.

3). Bahasa

Google Chrome memang menyediakan banyak bahasa, namun masih terdapat rangkaian kata yang membuat Anda sulit untuk memahami maksud kalimatnya, karena adanya kejanggalan pemakaian bahasa.

Demikian artikel mengenai Sejarah Google Chrome, Fitur, Kelebihan dan Kekurangannya. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.