Google AdSense: Pengertian, Sejarah, Cara Kerja dan Cara Menggunakan Google AdSense

Hadirnya Google AdSense ini membuat dunia internet bisa dijadikan sebagai salah satu sumber penghasilan tambahan maupun tetap. Dengan bergabung Google AdSense memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan dari apa yang Anda unggah melalui laman website, dari unggahan video melalui kanal YouTube dan lainnya.

Google AdSense adalah program periklanan berbasis CPC (cost-per-click) yang memungkinkan pemilik website mendapatkan penghasilan dari iklan yang terpasang.

Tentu hal tersebut membuat banyak pemilik website yang berlomba-lomba untuk mendaftar menjadi publisher AdSense di Indonesia.

Hingga setiap tahunnya terus meningkat dan telah ada sekitar 2 juta lebih publisher AdSense yang tersebar di seluruh dunia. Sampai saat ini AdSense memiliki 2 jenis akun bagi para publishernya yaitu versi AdSense hosted untuk platform Youtube dan AdSense non hosted untuk website.

AdSense akan menampilkan iklan pada website berupa text, gambar dan video kepada pengunjung website, dimana iklan yang ditayangkan adalah yang sesuai dengan minat pengunjung berdasarkan algoritma dari Google AdSense itu sendiri dengan memanfaatkan cache dari browser pengguna untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan, nantinya iklan yang muncul akan sesuai dengan minat atau kebutuhan Anda.

Adapun pada kanal YouTube Google AdSense akan menayangkan iklan pada awal video maupun pada saat Anda sedang memuatar sebuah video.

Sejarah Google AdSense

AdSense muncul setelah Google melakukan akuisisi terhadap Pyra Labs pada bulan Februari 2003, Sebulan kemudian tepatnya tanggal 4 Februari 2003 melalui Chairman dan CEO Google saat itu mengumumkan kemunculan layanan periklanan terbaru dari Google yang bernama AdSense.

Untuk menyempurnakan layanan periklanan di AdSense sebulan kemudian Google mengakuisisi teknologi dari Applied Semantics untuk memaksimalkan kerja AdSense yang lebih baik.

Sejak pertama kali muncul, layanan AdSense ini hanya tersedia untuk content berbahasa Inggris dan beberapa bahasa yang ada di Negara Eropa, Timur Tengah, Asia Timur dan Thailand.

Dan pada tanggal 1 Februari 2012 layanan periklanan Google AdSense mendukung penuh bahasa Indonesia, sehingga layanan AdSense sudah bisa dinikmati di tanah air ini.

Cara Kerja Google AdSense

Sesuai dengan yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa Google AdSense adalah program periklanan berbasis CPC (cost-per-click), yang berarti cara kerja dari Google AdSense ini yakni dengan membayar setiap ada tindakan klik pada iklan dari pengunjung website, artinya semakin banyak klik berarti akan semakin besar pula pendapatan AdSense. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Menyiapkan Ruang Iklan

Pada website biasanya iklan berada pada header, artikel, footer dan sidebar. Untuk Pemasangan iklan sesuai dengan ruang iklan yang ingin Anda sediakan, Anda cukup menempelkan kode iklan berupa script pada bagian tersebut, yang nantinya akan diisi oleh iklan yang sesuai dengan minat pengunjung website.

2. Iklan yang Paling Mahal akan Muncul

Para pengiklan akan melakukan penawaran dengan harga yang tertinggi agar bisa tampil pada ruang iklan yang telah tersedia pada website Anda. Sehingga Anda akan mendapatkan iklan yang paling mahal, tentunya hal ini bisa Anda dapatkan melalui website yang telah dibangun dengan baik.

3. Mendapatkan Bayaran

Besarnya bayaran yang didapat berasal dari iklan yang sudah diklik/dibuka oleh pengunjung website. Untuk besaran biaya per klik tergantung dari jenis produk dan persaingan bid antar pengiklan.

Cara Menggunakan AdSense

Berikut dibawah ini cara menggunakan AdSense, antara lain sebagai berikut:

1. Membuat akun AdSense

Untuk dapat melakukan pendaftaran, Anda memerlukan dua hal berikut:

  • Akun Google
    Pastikan Anda telah memiliki/menggunakan layanan Google (seperti: Gmail). Jika belum, Anda dapat membuat akun tersebut saat akan menggunakan akun AdSense.
  • Konten
    Pastikan Anda memiliki konten baik berupa situs, blog, atau konten lainnya, yang mana konten tersebut memang milik Anda sendiri.

2. Panduan Google AdSense untuk Pemula

Di sini Anda perlu memahami bahwa tidak semua website dapat diterima oleh AdSense, hanya website yang memenuhi syarat dan ketentuan Google AdSense saja yang bisa mendapatkan layanan ini.

Biasanya saat AdSense menolak permintaan Anda, AdSense akan memberikan informai mengenai hal apa yang menyebabkan akun Anda ditolak. Dan jika Anda sudah mampu memenuhi atau memperbaikinya, maka Anda bisa mengajukannya kembali. Berikut panduan Google AdSense untuk pemula:

a). Klik dan Tayangan

AdSense bekerja dengan menampilkan iklan pada website, kemudian saat terjadi klik maka akan dihitung pemasukan. Namun bukan berari Anda dapat seenaknya mengklik iklan tersebut demi mendapatkan penghasilan, karena traffic yang kurang berkualitas malah akan membuat website Anda tidak mendapatkan penghasilan dalam jangka waktu tertentu.

Hal tersebut dapat terjadi apabila Anda melakukan tindakan klik iklan sendiri, meminta orang lain untuk melakukan klik tayangan iklan, meletakan iklan yang memanipulasi pengunjung dan mempromosikan website secara terlarang.

b). Pedoman Konten

Sebagai pembuat konten Anda bertanggung jawab atas semua konten yang berada pada website, hal-hal yang dilarang seperti konten pornografi, mengandung copyright, mengandung kekerasan dan mengandung SARA. Dan tindakan curang akan mengakibatkan akun dinonaktifkan.

c). Implementasi Iklan

Untuk tetap membuat pengunjung nyaman, Anda tidak boleh memasang iklan pop-up dan format iklan lainnya yang merugikan pengunjung dan pengiklan.

d). Penonaktifan Akun AdSense

Setiap kali Anda menggunakan suatu hal, pasti terdapat aturan di dalamnya, termasuk pada AdSense ini. Maka jika Anda tidak mematuhi pedoman Google AdSense, bersiap-siaplah untuk akun AdSense banned atau dinonaktifkan oleh pihak Google.

3. Cara Membuat Akun

Untuk membuat akun AdSense, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka link berikut https://www.google.com/adsense/start.
  • Klik Daftar.
  • Masukkan URL situs dimana Anda ingin menampilkan iklan tersebut. Jika situs Anda adalah salah satu situs partner host Google (Blogger, YouTube, dan lainnya), Anda dapat dapat melanjutkannya melalui akun Anda dengan klik ‘Lanjutkan di …’ setelah Anda memasukan URL.
  • Masukkan alamat email Anda.
  • Pilih apakah Anda ingin AdSense mengirimkan rekomendasi performa dan bantuan yang disesuaikan. Pilih ‘YA’, karena dengan begitu Google akan membantu Anda memaksimalkan AdSense.
  • Klik Simpan dan lanjutkan.
  • Login ke Akun Google.
  • Pilih negara atau wilayah Anda.
  • Baca dan setujui Persyaratan dan Ketentuan Google AdSense.
  • Klik Buat akun.

4. Cara Mengaktifkan Akun AdSense

Setelah membuat akun AdSense, Anda juga perlu mengaktifkannya. Berikut langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengaktifkan akun AdSense:

  • Hubungkan situs Anda ke AdSense
  • Masukkan detail alamat pembayaran Anda
  • Verifikasi nomor telepon Anda
  • Klik Selesai atau Kirim.

Selanjutnya Google akan meninjau situs yang Anda kelola, apakah sudah sesuai dengan kebijakan Program AdSense atau belum. Google akan mengirimkan email ketika akun Anda berhasil diaktifkan. Proses ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup panjang, sampai berhari-hari, bahkan berminggu-minggu.

Demikian artikel megenai pengertian Google AdSense, sejarah, cara kerja dan cara menggunakan Google AdSense. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.