Gmail: Pengertian, Fitur, Manfaat, dan Cara Membuat Akun Gmail

Gmail adalah layanan surat elektronik (e-mail) yang dibuat oleh Google. Gmail pertama kali dirilis dalam versi Beta pada 1 April 2004, dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 meski masih dalam status Beta. Hingga pada 7 Juli 2009, bersamaan dengan seluruh produk Google Apps, Gmail tidak lagi Beta.

Gmail hadir dengan kapasitas penyimpanan awal 1 GB per pengguna, artinya Gmail berhasil meningkatkan standar penyimpanan gratis surat elektronik yang ditawarkan pesaingnya yakni dari 2-4 MB saja.

Adapun untuk pesan pribadi, termasuk lampiran, dibatasi hingga 25 MB, yang juga lebih besar daripada layanan email lainnya.

Didukung dengan antarmuka yang berorientasi pencarian dan “tampilan percakapan” yang mirip dengan forum Internet, akan sangat memudahkan pengguna dalam mengirim pesan, dan melakukan surat-menyurat secara online.

Gmail menjadi layanan pertama yang memakai metode pemrograman Ajax. Dan Gmail beroperasi dengan Google GFE / 2.0 di Linux. Saat ini, Gmail adalah layanan surat elektronik berbasis web terbesar di seluruh dunia.

Fitur yang Terdapat Pada Gmail

Sebagai layanan surat elektronik yang dapat diakses secara gratis, Gmail memiliki beragam fitur, diantaranya sebagai berikut:

Blokir

Dengan fitur blokir Anda dapat melakukan pemblokiran pada pengirim/akun Gmail tertentu yang Anda rasa mengganggu.

Import Kontak

Anda dapat mengimpor kontak media sosial ke dalam Gmail. Fitur ini tentu sangat berguna, sehingga Anda tidak mengetik ulang kontak.

Tidak ada waktu kadaluarsa

Sekalipun Anda tidak menggunakan akun Gmail dalam jangka waktu yang lama. Sehingga Gmail memungkinkan Anda untuk melakukan log in sekalipun sudah lama tidak aktif.

Kapasitas Ruang yang Besar dan Dapat Diakses Melalui Ponsel

Manfaat Gmail

Terdapat banyak sekali manfaat dengan memiliki akun Gmail, antara lain:

1). Mengirim dan menerima pesan, baik dokumen, foto, video, dan lainnya.

2). Menjalankan Android dan mengakses berbagai aplikasi di Goole Play Store.

3). Memiliki akun YouTube hanya dengan melakukan login dengan akun Gmail.

4). Membuat blog di blogspot dengan akun Gmail.

5). Mengirim lamaran pekerjaan secara online melalui Gmail, dengan melampirkan dokumen yang menjadi persyaratan mendaftar pekerjaan.

6). Akses Google Drive, sehingga Anda mendapatkan ruang penyimpanan secara gratis, dan dapat menyimpan dokumen dengan aman.

7). Terhubung di Goggle maps yang berfungsi sebagai peta online.

8). Meningkatkan penjualan dengan memasanga iklan berbayar melalui Google Adwords untuk pemasaran secara online dengan jangkauan yang luas.

9). Mendapatkan penghasilan dengan menjadi publisher iklan melalui Google Adsense.

10). dan lainnya.

Cara Membuat Akun Gmail

Dengan berbagai keunggulan fiturnya, Gmail menjadi layanan email gratis yang penting untuk dimiliki. Berikut langkah-langkah untuk membuat Akun Gmail:

1). Kunjungi situs Gmail.

2). Pilih “Create Account” atau “Buat akun” yang terletak di bawah kotak sign-in atau di sebelah kanan atas halaman Google mail.

3). Isi kolom yang tersedia pada halaman pengisian data sesuai dengan identitas Anda, setelah selesai klik Next (berikutnya).

4). Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan nomer ponsel untuk proses verifikasi, klik berikutnya dan masukkan kode verifikasi yang dikirim ke ponsel Anda.

5). Selanjutnya masukkan data-data lainnya yang diminta, seperti tanggal lahir, current email address/ alamat email saat ini (isi dengan alamat email yang sudah kita miliki), dsb.

6). Centang kolom persetujuan terhadap persyaratan dan kebijakan dari Google ( I agree to the …. / Saya menyetujui … ), lalu klik Next (berikutnya)

7). Anda telah selesai membuat email.

8). Selanjutnya Anda bisa menambahkan foto profile email dan hal lainnya. Akun email Anda di Google siap digunakan. Klik tombol “Lanjutkan ke Gmail” untuk masuk ke halaman email Anda.

Adapun jika Anda ingin membuat akun Gmail melalui aplikasi mobile, berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Gmail yang ada di Play Store (Biasanya aplikasi ini sudah menjadi aplikasi bawaan ponsel Android)
  • Lalu klik tanda ‘+’ untuk menambah atau membuat akun Gmail baru.
  • Selanjutnya isi data diri dengan lengkap dan tepat, jika sudah lalu pilih Next.
  • Masukkan kata sandi yang Anda inginkan. Ikuti langkah selanjutnya.
  • Selanjutnya akan tampil halaman persetujuan atas ketetapan dan kebijakan Gmail, lalu pilih I Agree.
  • Konfirmasi usernama serta kata sandi yang digunakan lalu tekan next, tunggu hingga pendaftaran Gmail berhasil.

Demikian artikel mengenai Gmail, Fitur, Manfaat, dan Cara Membuat Akun Gmail. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.