Pengertian Ebook Menurut Ahli, Fungsi, Tujuan dan Cara Menulis Ebook

Dewasa ini, era digital menuntut kita untuk senantiasa mengikuti perubahan. Tak terlepas dari perubahan buku cetak ke buku digital. Dimana tuntutan perubahan buku digital ini memang memaksa perubahan yang signifikan, baik dari penerbitan buku maupun pembaca. Kini tidak hanya hadir buku cetak saja, melainkan juga Ebook.

Namun apakah kamu sudah mengetahui pengertian Ebook itu sendiri? Nah, buat kamu yang pnasaraan dengan hal-hal terkait Ebook, kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang Ebook. Mulai dari pengertian,

perbedaan dengan buku cetak, fungsi, tujuan, dan cara membuatnya. Ingin memahami lebih lanjut? Simak sampai akhir, ya!

Pengertian Ebook Menurut Para Ahli

Ditemani dengan smartphone yang semakin canggih, Ebook sudah semakin mudah ditemukan. Apalagi kapasitas penyimpanan ponsel yang juga sudah sangat besar. Jadi tak heran jika semakin banyak Ebook yang dapat disimpan di dalam ponsel.

Untuk itu, penting bagi kita mengetahui tentang pengertian Ebook secara umum. Namun, pertama mari kita mempelajari pengertian Ebook lebih spesifik yang diartikan secara langsung para ahli. Berikut beberapa pengertian Ebook menurut ahli:

  • Whalts

Whalts sendriri merupakan salah satu portal web yaitu Whalts.com. dalam hal ini mengartikan Ebook sebagai versi buku elektronik yang diambil dari buku cetak tradisional. Ebook tak hanya tersedia untuk dibaca menggunakan smartphone, melainkan juga di komputer.

  • Oxford Dictionaries

Oxford dictionaries mendefinisikan Ebook sebagai buku cetak yang dikonversi ke dalam bentuk elektronik. Mengususng tema kemudahan, Ebook ini bisa dibaca menggunakan perangkat genggam dan komputer.

  • Danang

Danang mendefinisikan Ebook sebagai buku cetak versi elektronik yang bisa dibaca pada sebuah alat. Alat yang dimaksud emacam komputer dan ponsel, juga sejenisnya yang suport bisa membaca dokumen Ebook.

  • Putu Laxman Pendit

Selanjutnya ada Putu Laxman Pendit yang menyederhanakan definisi Ebook sebagai buku cetak yang diubah ke dalam elektronik. Pengubahan ini dimaksudkan agar sehingga dapat dibaca di layar monitor.

Fungsi Umum Ebook 

Setelah memahami pengertian Ebook secara mendalam, ada fungsi besar. Ada pun beberapa fungsi dari Ebook adalah sebagai berikut:

  • Sebagai Sarana Pembelajaran

Ebook sebagai sarana pembelajaran yang dapat dilihat dari aktivitas tenaga pendidik yang mulai menulis buku-buku pendidikan. Dimana tidak hanya menerbitkan dalam bentuk cetak saja, namun turut menerbitkan secara Ebook.

  • Media Informasi

Hal ini bisa dilihat misalnya dalam dunia bisnis. Dimana Ebook dijadikan sebagai media informasi, jadi pebisnis tidak perlu menjelaskan satu persatu kliennya.  Melainkan dengan mudah mengirimkan edukasi berbentuk Ebook lewat email.

  • Media Promosi

Ebook sebagai media ajang promosi ini menjadi cara yang efektif menarik perhatian calon klien. Tidak hanya dikirim juga lewat email, namun juga via WA atau SMS yang di dalamnya berisi link Ebook terkait.

Tujuan Ebook 

Selain sebagai alat penyebaran informasi dan pembelajaran, Ebook juga bertujuan dalam memudahkan pembuatan buku. Termasuk menghemat biaya pembuatan buku, memudahkan proses penyebaran informasi. Adapun poinnya adalah sebagai berikut:

  • Penyerdehanaan Pembuatan Buku

Ya, tentu Ttujuan pembuatan Ebook tidak lain adalah memudahkan dalam pembuatan buku elektronik. Dimana artinya, saat membuat Ebook kita tidak perlu lagi mengurus masalah percetakan yang biasanya memakan waktu lebih lama.

  • Penghematan Biaya Terbit Buku

Biaya dalam membuat Ebook tentu jauh lebih ramah kantong. Karena bisa menghemat biaya pembuatan buku misalnya hemat biaya cetak, biaya mesin dan hemat jasa distributor buku.

  • Penyebaran Lebih Cepat

Sebab Ebook berjalan seiringan dengan kecepatan teknologi, maka Ebook salah satu sarana yang cepat. Sebab selain bisa disebarkan lewat jaringan komputer, Ebook juga bisa dibagikan lewat flashdisk atau hardisk.

  • Perlindungan Ebook 

Memang banyak anggapan bahwa Ebook sangat mudah untuk di duplikasi atau diplagiasi. Namun dewasa ini, dunia daring juga selangkah lebih maju. Nah, jadi tak perlu khawatir karena Ebook juga dilindungi oleh enkripsi agar tidak mudah diduplikasi. Perlindungan Ebook sendiri adalah dengan cara melindungi lewat password khusus.

Cara Menulis Ebook

Setelah banyak memahami mengenai Ebook, mari kita lanjutkan dengan pembahasan cara menulis Ebook. Pasalnya, menulis Ebook sama saja seperti menulis buku. Sebab perbedaan hanya pada media publikasinya saja.

Nah, mengubah naskah menjadi Ebook sendiri juga ada banyak caranya. Mulai dari yang simple, dengan mengubah ke file text/microsoft word kemudian diubah ke  pdf. Hingga menggunakan desain yang bagus dan aplikasi lainnya. Sedikit lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

  • Menulis naskah di teks editor biasa

Saat masih dalam tahap menulis, kamu bisa melakukan pencatatan terlebih dahulu di text editor seperti Notepad di Windows.

  • Membuat Kerangka

Membuat kerangka Ebook ini sangat penting ya. tak lain agar lebih memudahkan kita dalam penulisan. Memberikan kerangka-kerangka juga akan membuat pembaca jadi lebih mudah memahami isi dari Ebook.

  • Membuat Tipografi dan Desain Layout

Apabila tulisan untuk Ebook kamu sudah selesai, artinya waktunya kamu untuk mendesain layout. Untuk menghasilkan Ebook yang layout menarik, ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan. Antara lain seperti Corel Draw, adobe Illustrator, Adobe InDesign dan sederet aplikasi lainnya.

  • Lakukan penyimpan sebagai File PDF

Setelah selesai dalam urusan tulisan dan tampilan cover Ebook, silakan simpan menjadi file PDF.

  • Proteksi Ebook

Pada tahapan ini kamu haarus mempassword file PDF Ebook-nya. Tapi kita akan compress dalam bentuk zip terlebihdahulu, baru di-password.

Demikian artikel kami mengenai pengertian Ebook yang menyajikan ulasan mulai dari pengertian menurut ahli, fungsi, tujuan dan cara membuat Ebook. Semoga ulasan kami membantu dan menambah wawasan baru bagi kamu ya! terimakasih sudah singgah.