Definisi Flora Dan Fauna

Indonesia merupakan wilayah yang sangat strategis dikarenakan merupakan wilayah yang diapit oleh dua benua dan dua samudra. Menjadikan wilayah geologis Indonesia sangatlah unik, termasuk flora dan fauna yang ada di Indonesia. Tak hanya kaya dalam spesies flora dan fauna, namun Indonesia juga merupan tempat tinggal dari banyaknya flora dan fauna eksotis dan juga langka.

Flora dan fauna yang berada di Indonesia sendiri terklasifikasi dalam tiga zona, yaitu zona asiatis, peralihan dan australis yang dipisahkan dengan garis wallace dan juga garis weber. Untuk kita bisa mengenali lebih jauh tentang keanekaragaman hayati di Indonesia dengan penjelasan sebagai berikut.

  1. Definisi Flora dan Fauna

Flora berdasarkan bahasa latin merupakan alam tumbuhan atau nabatah yang menjadi khazanah basi segala macam jenis tanaman atau pun tumbuhan. Flora endemik adalah kumpulan jenis tumbuhan yang hidup pada suatu daerah tertentu. Terdapat flora jawa, flora daerah sumatera, flora endemik kalimantan dan lain sebagainya. Flora endemik yang berada pada suatu daerah yang biasanya memiliki jenis tertentu, terkadang juga tidak bisa didapatkan di daerah lain atau pun mungkin jarang ditemukan. Hal ini disebabkan karena pada tiap daerah mempunyai tingkat kesuburan perbedaan iklim dan cuara serta juga jenis tanah yang berbeda satu dengan yang lain. Flora endemik di Jawa contohnya ialah bunga melati, flora endemik Papua yaitu buah merah, flora endemik daerah Sumatera ialah rafllesia arnoldi atau pun bunga bangkai dan lain sebagainya.

Bukan hanya yang terdapat pada flora, tetapi di dunia hewan atau fauna ternyata juga mempunyai kelompok yang berbeda pada tiap daerah. Misalnya fauna endemik asli dari Papua yaitu burung cendrawasih. Fauna asli yang berasal dari Jawa ialah badak bercula satu dan juga fauna dari Sumatera ialah harimau sumatra. Fauna juga mempunyai imbuhan geografis seperti hewan peralihan, hewan asia dan juga hewan australia

 

  1. Persebaran Flora dan Fauna

  • Fauna
  1. Kawasan Indonesia yang berada pada bagian barat

Kawasan ini dibatasi dengan garis imajiner Wallace yang berada di antara Sulawesi dan juga Kalimantan serta juga di antara Lombok dan pulau Bali. Jenis fauna yang berasalkan dari Indonesia bagian barat antara lain ialah leopard atau semacam tutul, harimau, orang utan, gajah, beruang madu, lutung, merak hijau, burung jalak bali, wau-wau, banteng, merak hijau dan juga badak jawa.

  1. Kawasan peralihan

Daerah yang termasuk dalam kawasan ini ialah seperti Sulawesi, Maluku, Sumbawa, Sumba serta Lombok. Kawasan peralihan ini dibatasi dengan garis Lydekker yang berada di sebelah timur dan garis Wallace yang terdapat di sebelah barat. Di antara kedua garis pembatas ini terdapat garis weber yang menjadi garis keseimbangan terletak di sebelah timur pulau Sulawesi. Jenis hewan yang terdapat pada kawasan ini antara lain yaitu kupu-kupu sulawesi, kuskus, beruang, soa-soa, kakatua putih, burung rangkong, anoa dataran rendah, anoa pegunungan, komodo dan lain-lain.

  1. Kawasan Indonesia bagian timur

Kawasan ini dibatasi dengan garis Lydekker yang mencakup Papua serta pulau-pulau kecil yang berada di sekitarnya. Jenis fauna bertempat pada kawasan ini antara lain yaitu kupu-kupu sayap burung, burung cendrawasih ekor pita, walabi kecil, kasturi raja, ular sanca hijau, burng kasuari gelambir ganda serta burung kakatua raja.

 

  • Flora

Adapun persebaran flora di Indonesia bagian barat, timur dan tengah yaitu:

  1. Flora bagian barat

Flora bagian barat mempunyai jenis tumbuhan yang sangat beragam dan juga memmpunyai kawasan mangrove yang banyak pada sekitar pantai. Hutan yang berada pada kawasan bagian barat ini selalu terlihat hijau dengan jenis kayu yang mempunyai banyak sekali manfaat bagi manusia.

  1. Flora bagian timur

Ciri flora yang didapati di bagian wilayah timur seringkali mempunyai  kemiripan dengan flora yang terdapat di benua Australia. Selain itu persebaran flora di timur lebih banyak tumbuh semak dan juga belukarnya. Flora yang khas dari wilayah ini ialah pohon matoa serta tanaman ficus famili beringin.

  1. Flora bagian tengah

Flora yang berada pada bagian tengah mempunyai jenis hutan yang seragam karena hanya didominasi dengan satu jenis tumbuhan saja. Jenis tumbuhan yang paling banyak ditemukan di kawasan ini ialah seperti cemara, pinus serta palma.