Contoh Surat Balasan Penawaran

Surat balasan penawaran adalah sebuah surat yang dibuat untuk menginformasikan bahwa perusahaan yang bersangkutan telah setuju menerima tawaran produk dari perusahaan lain yang menawarkan produknya.

Di era modern saat ini, penggunaan surat balasan penawaran ini memang sudah jarang digunakan dalam hal pribadi karena sudah dapat dikirim melalui pesan singkat di handphone pintar kamu.

Namun, dalam beberapa kegiatan yang bersifat formal seperti sekolah, kerjasama antar perusahaan, pastinya menggunakan surat resmi yang satu ini.

Hal Wajib dalam Surat Balasan Penawaran

Nah, dalam membuat surat tersebut kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting yang harus digunakan di dalam surat tersebut. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat balasan penawaran:

1). Penggunaan bahasa yang baik dan formal

Seperti halnya dengan surat resmi lainnya, dalam membuat surat balasan penawaran, kamu tetap harus memperhatikan kaedah-kaedah penulisannya, sebab surat balasan penawaran juga termasuk ke dalam surat resmi.

Jadi, kamu harus menggunakan bahasa yang formal dan sopan sehingga orang yang membaca surat kamu juga akan antusias.

2). Mencantumkan barang yang ingin dipesan secara jelas

Seperti halnya dengan surat penawaran, surat balasan penawaran harus mencantumkan dengan jelas barang-barang apa saja yang ingin dipesan.

3). Memberikan jangka waktu menerima barang yang sebelumnya ditawarkan

Dalam menulis surat balasan penawaran kamu juga perlu mencantumkan jangka waktu tertentu untuk menerima barang-barang yang sebelumnya telah ditawarkan.

Jika melebihi batas akhir dari jangka waktu pemesanan, maka perjanjian atau transaksi yang telah dilakukan otomatis batal.

Oleh karena itu, diharapkan kepada phak yang menawarkan produknya untuk bisa merespon surat tersebut secepatnya.

Contoh Surat Balasan Penawaran

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi berupa contoh dari surat balasan penawaran. Yuk simak contoh surat balasan penawaran dibawah ini!

Contoh 1

PT. SUMBER BARU
Jl. Angin Ribut No. 56
22 MEI 2022
No Surat : 001/SB-I/V/2022
Hal : Surat Balasan Penawaran
Lampiran : –

Yth. Kepala Marketing
PT. Komputer Kita
di Jakarta

Dengan hormat,

Dengan mengirimkan surat ini, kami selaku Kepala Bagian Perlengkapan PT. Sumber Baru, bermaksud ingin melanjutkan penawaran yang telah diberikan oleh Bapak/Ibu selaku Kepala Marketing PT. Komputer Kita. Setelah melakukan pembicaraan yang dilakukan pada rapat internal perusahaan, maka kami sepakat untuk melakukan pembelian terhadap produk Laptop Lenovo Ideapad milik PT. Komputer Kita. Kami akan membeli 20 buah Laptop Lenovo Ideapad berwarna platinum grey dan abyss blue.

Kami akan menunggu respon dari pihak PT Komputer Kita mengenai pembelian produk Laptop Lenovo Ideapad ini selama kurun waktu 5 hari, mulai dari tanggal 23 Mei 2022. Kami berharap PT Komputer Kita segera memberikan respon terkait hal ini.

Demikianlah surat balasan penawaran ini kami buat. Kami berharap dapat bekerja sama dan menjadi mitra kerja yang baik dengan pihak PT Komputer Kita. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
PT. Sumber Baru

Ahmad Akbar
Kepala Bagian Perlengkapan

Contoh 2

PT. PUSTAKA MADINA
Jl. Cendana No.5
8 Juni 2021
No. Surat : 003/PM.2/VI/2021
Perihal : Balasan Penawaran
Lampiran : –

Yth.
Manager PT. Jaya Baru
Jl. Kenangan No. 54
Jakarta

Dengan hormat,

Kami selaku Kepala Bagian Pengadaan Barang PT. Pustaka Madina, ingin melanjutkan penawaran dari Bapak/ Ibu selaku Kepala Marketing PT. Jaya Baru. Setelah melewat pembicaraan pada rapat internal perusahaan, kami sepakat untuk membeli beberapa peralatan kantor yang di produksi oleh PT. Jaya Baru. Kami sepakat untuk membeli beberapa peralatan kantor untuk menunjang kinerja karyawan dan kemajuan perusahaan kami.

Adapun rincian pembeliannya yaitu sebagai berikut:

• 30 buah kursi dan 15 meja
• 10 laptop
• 3 buah AC
• 7 buah lemari
• 2 buah mesin print

Dan setelah dilakukan perhitungan, diketahui bahwasanya total dari biaya transaksi adalah senilai Rp. 150.000.000,00 (Seratus Lima Puluh Juta Rupiah).

Demikianlah surat balasan penawaran ini kami buat. Kami akan menunggu respon informasi dari PT Jaya Baru mengenai pembelian ini dalam jangka waktu 10 (sepuluh) hari terhitung sejak tanggal 9 Juni 2021.

Demikian surat balasan penawaran ini kami buat. Besar harapan kami untuk dapat bekerja sama dengan baik dengan PT Jaya Baru. Atas waktu dan perhatiannya kami ucapkan terimakasih,

 

Hormat kami,

Akbar Wijaya
Direktur Utama

Contoh 3

PT. SINAR BINTANG
Medan, 10 April 2022
No Surat : 001/SB-I/V/2022
Hal : Balasan Penawaran Kerjasama

Kepada Yth.
Pimpinan Bulan Baru
di Medan

Dengan hormat,

Kami ucapkan terimakasih atas penawaran kerjasama yang telah Bapak/Ibu ajukan melalui surat Nomor 046/SMK/IV/2022 pada tanggal 28 Maret 2022 yang lalu.

Sehubungan dengan penawaran kerjaama dari Bapak/Ibu untuk menjadi distributor peralatan kantor dari perusahaan Bapak/Ibu, kami memutuskan untuk menerima tawaran kerjasama dari perusahaan Bapak/Ibu,

Adapun untuk pembahasan lebih lanjut, diharapkan perusahaan Bapak/Ibu dapat mengirimkan perwakilan untuk dapat bertemu dengan Direktur Teknis dan Prasarana Umum perusahaan kami dengan menemui Bapak Muhammad Sudibyo pada hari Senin tanggal 11 April 2022 pukul 10.00 WIB.

Demikian surat balasan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan pelayanan yang baik dari perusahaan Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

 

Hormat kami,
Corporate Secretary

Hanin Widyawati

Demikianlah informasi seputar surat balasan penawaran beserta contohnya yang bisa kami bagikan untuk kamu.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memberikan ide untuk menulis surat balasan penawaran yang baik dan benar. Terimakasih sudah singgah.