Contoh Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum dalam suatu acara tertentu. Pidato biasanya menggunakan naskah namun ada juga pembicara yang melakukan improvisasi terhadap wacana, gagasan maupun nasihat apa yang hendak disampaikan kepada khalayak umum. Pidato dilakukan di dalam suatu perkumpulan tertentu yang disampaikan dengan bahasa yang formal dan jelas agar sampai tepat kepada pendengar dengan baik atau tidak ambigu. Tujuan pidato bermacam-macam antara lain hendak memberikan sapaan, kemudian informasi yang penting kepada seluruh pendengar, selain itu juga untuk mempengaruhi/meyakini pendengar karena isi pidato yang bersifat ajakan, kemudian pidato juga bisa menjadi hiburan bagi pendengar.

Jenis Pidato

Pidato terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya pidato informatif, dimana bertujuan untuk memberikan sebuah pengetahuan maupu informasi penting, yang terbagi lagi menjadi laporan lisan; laporan ilmiah, laporan panitia, laporan tahunan dan lainnya. Kemudian pengajaran seperti yang dilakukan oleh guru dalam mengajar, kemudian kuliah, seperti ceramah umum, presentasi makalah maupun konferensi dan sebagainya.

Kemudian pidato Argumentatif, dimana pidato ini mengandung argumentasi, dalil, data yang berfungsi dalam melakukan penolakan ataupun dukungan mengenai sebuah pernyataan.

Ketiga adalah pidato Reaktif, dimana pidato tersebut akan menyajikan sebuah kegembiraan, keramahtamahan, dengan tujuan untuk menghangatkan suasana. Keempat adalah pidato Persuasif dimana tujuan pidato ini adalah untuk mempengaruhi pendengar, mempengaruhi suatu pendapat tertentu, pidato ini berkaitan dengan manipulasi psikologi seseorang.

Contoh Pidato

setelah meamahai pengertian pidato dan jenisnya, berikut adalah contoh pidato yang dapat kami sajikan:

Pidato Informatif

Pidato dengan Tema Narkoba

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Para hadirin yang saya hormati.

Memanfaatkan hingga mengkonsumsi narkoba merupakan perbuatan yang harus dan wajib kita jauhi bersama-sama. Tindakan tercela tersebut merupakan sikap yang melanggar hukum baik dunia bahkan akhirat. Menyalahgunakan narkoba akan mengarah kepada perbuatan kejahatan lainnya yang sangat mungkin membahayakan diri sendiri hingga orang lain.

Hadirin yang saya hormati,

Kita semua wajib menghindar dari penggunaan narkoba, karena apabila hal itu terjadi maka sulit untuk bisa keluar dari lubang yang sangat dalam tersebut, hal ini dikarenakan narkoba adalah zat aktif yang memiliki efek candu sehingga narkoba pasti akan mengikat diri kita untuk terus berada di dalamnya terus menerus, meskipun hal ini masih mungkin dapat ditolong dengan cara rehabilitasi tetapi akan ada proses yang sangat panjang dan membutuhkan ketekunan kepercayaan yang penuh dan teguh untuk bisa keluar dari lingkaran tersebut. Untuk itu mari kita semua, putra putri bangsa, ayo jauhi narkoba dan zat aditif lainnya, mari sama-sama kita berlomba-lomba untuk meraih impian kita menuju yang lebih tinggi dan menjadi insan yang lebih baik setiap hari.

Penutup Pidato:

Hadirin yang saya hormati,

Kiranya hanya ini ynag dapat saya sampaika, kurang lebihnya saya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampun,

Akhirul kalam, wassalamualaikumWr. Wb.

Pidato Argumentatif

Assalamua’laikum Wr. Wb

Salam Sejahtera bagi kita semua

Yang terhormat bapak walikota Semarang H. Hendrar Prihadi, SE. MM beserta wakilnya  ibu Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Yang terhormat bapak ibu staf dan karyawan Pemerintah Kota Semarang

Yang terhormat bapak ibu staf dan karyawan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Semarang.

Yang terhormat para tamu undangan yang telah bersedia hadir

Dan yang saya sayangi seluruh masyarakat kota Semarang dan sekitarnya.

Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas karunia-Nya, sehingga kita diberi kesempatan dan kesehatan untuk bisa berkumpul di tempat ini dengan keadaan tanpa kurang satu apapun.

Pada kesempatan kali ini saya selaku Gubernur Jawa Tengah mengucapkan terimakasih kepada tamu undangan serta seluruh masyarakat khususnya Semarang yang dengan rendah hati meluangkan waktu untuk menghadiri perayaan HUT Semarang kali ini, rasa bangga serta syukur yang tak henti kami rasakan. Semoga kota kita tercinta kota Semarang akan lebih istimewa setiap tahunnya.

Hadirin yang saya cintai, dikesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato singkat saya dengan tema “Lestarilah Budaya Semarang”. kita semua telah tahu bahwa Semarang memiliki beragam potensi kesenian budaya. Berdasarkan hal itu, banyak aspek kesenian Semarang yang harus kita lestarikan, baik itu kesenian budaya seperti seni rupa, seni tari, kerajinan seperti batik, bordir, eceng gondok, relief dan wayang.

Dari sekian banyak kesenian yang ada di Semarang, kini yang mulai ditinggalkan salah satunya adalah wayang. Semakin meningkatnya perkembangan teknologi, banyak pemuda khususnya Indonesia yang kini tidak memahami mengenai tokoh-tokoh wayang bahkan tidak ingin terjun lebih dalam. Padahal pada dasarnya wayang adalah satu aset budaya Indonesia yang wajib kita lestarikan.

Kita harus menjaga dan melestarikan budaya ini bagaimanapun caranya . Banyak hal yang bisa diupayakan untuk menghidupkan kembali peminat wayang terutama di Semarang.  Salah satunya dengan menampilkan kembali penokohan wayang yang kini mulai tidak dilirik para generasi muda.

Hadirin yang saya sayangi, pada hari ulang tahun kota Semarang ini saya berharap kita semua dapat saling bahu membahu untuk membangun kembali kebudayaan di Semarang terutama wayang yang kini mulai tenggelam seiring perkembangan zaman.

Mari kita nyalakan kembali semangat dan ketertarikan kita terhadap kesenian dan budaya kota Semarang. Ayo kita tuntun untuk menjadi kota yang benar-benar menerapkan nilai kesenian dan kebudayaan. Agar semarang selalu menjadi kota yang dirindukan oleh setiap penduduknya bahkan yang hanya sekedar singgah.

Hadirin yang berbahagia, hanya ini yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, apabila terdapat kekurangan saya mohon maaf dan pada Tuhan saya mohon ampun. Selamat Hari Ulang Tahun kota Semarang teruntuk kita semua. Salam seni dan budaya.

Wassalamua’laikum Wr.Wb.

Nah, itu adalah informasi seputar pidato, mulai dari pengertian pidato, jenis dan contoh pidato. Semoga artikel ini membantu ya, khususnya buat kamu yang sedang ingin menulis pidato! Terima kasih telah membaca!