Contoh Novel Singkat

Halo sobat Appnesia! Kali ini akan membahas mengenai novel singkat. Novel adalah sebuah tulisan mengenai kisah fiksi dari subjek baik itu manusia maupun makhluk lain yang memiliki unsur instrinsik dan juga unsur ekstrinsik di dalamnya.

Apa itu Novel?

Novel merupakan salah satu contoh dari karya sastra yang biasanya ditulis dengan penyajian alur cerita yang sederhana, dan tokoh yang ditampilkan juga tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan roman. Novel terdiri dari minimal 40.000 kata dengan maksimal kata sebanyak 80.000 hingga 100.000 kata dan yang terbagi-bagi menjadi bab bab dengan judul yang berbeda. Berikut adalah beberapa contoh dari novel singkat, diantaranya :

  1. Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori

Novel ini ditulis oleh Leila S. Chudori yang diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia Jakarta, novel yang terdiri dari 379 halaman, bercerita tentang kisah keluarga yang mengalami kehilangan, merasakan kekosongan, mencari kejelasan, novel yang bercerita dengan latar belakang sejarah dengan tokoh utama seorang mahasiswa jurusan Sastra Inggris Yogyakarta, Biru Laut. Novel ini kerap juga ditulis ulang oleh Leila dan dijadikan film yang disutradarai oleh Prita dan produsrnya Wisnu dan Gita dengan durasi kurang lebih 30 menit. “Di dalam kepedihan dan luka, saya tetap harus berfungsi, dan tokoh Asmara Jati mewakili suara saya” itulah kata-kata dari seorang Leila S. Chudori, penulis novel ini. “Ibu dari Biru Laut menderita sendirian, ayahnya menderita sendirian, Asmara Jati pun menderita sendirian, hal yang menyakitkan ketika mereka menderita karena hal yang sama, namun tidak ada yang berani untuk mengungkapkan penderitaan satu sama lain”, dikutip dari pemeran Ibu di film pendek Biru Laut yang dibungkus dalam 3 hari. Novel yang dikemas dengan tema kisah tahun 90 an, tentang kecaman, tentang keluarga yang kehilangan, tentang aktifis 98 yang menjadi korban penculikan tak berjejak, yang dikemas dam menghasilkan respon yang positif dari kebanyakan pembaca novel ini.

  1. Novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar

Novel ini ditulis oleh Agnes Davonar yang diterbitkan oleh Inandra Published dengan jumlah halaman sebanyak 232 halaman yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2008. Novel ini bercerita tentang kisah nyata gadis bernama Gita Wanda Cantika, dengan panggilan Keke, seorang gadis yang mengidap penyakit Rabdosmiosarkoma, yang dikenal dengan kanker jaringan lunak. Novel ini dibuat dengan menonjolkan tentang perjuangan Keke untuk melawan penyakit tersebut dan tidak lupa menyelipkan kepasrahan seorang makhluk terhadap Tuhannya. Pemeran dalam kisah ini terdiri dari 11 tokoh yang terdiri dari Keke, ayah Keke, sahabat Keke; Maya, Fadha, Ida, Shifa, Andhini, kemudian Dr. Mukhlis, Dr. Adhi, Pak Iyus dan Andi. Novel ini juga mendapat respon positif dari pembacanya dan juga kerap dijadikan film yang disutradarai oleh Harris Nizam dan diproduseri oleh Sarjono Sutrisno.

  1. Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata

Novel ini ditulis oleh Andrea Hirata yang memiliki halaman sebanyak 292 halaman dan diterbitkan oleh PT. Bentang Pustaka pada tahun 2008. Novel ini mengisahkan tentang kehidupan 3 orang anak SMA yang bernama Arai, Ikal dan Jimbron. Novel ini menceritakan kehidupan yang juga mengenai perjuangan untuk bertahan hidup dan menggapai impian mereka. Kisah novel ini cukup sederhana namun menarik, dan juga mengandung nilai moral dan sosial. Novel ini juga berhasil difilmkan dengan sutradara  Rizi Riza dan diproduseri oleh Mira Lesmana

  1. Novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo

Novel ini ditulis oleh Dian Purnomo yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2020 dengan jumlah halaman sebanyak 320 halaman. Novel ini bercerita tentang kisah adat kawin tangkap di Sumba pada era modern ini, kisah ini menceritakan betapa tidak relavannya adat tersebut di era sekarang, tapi nyatanya masih banyak masyarakat yang tetap gigih untuk mempertahankan budaya tersebut. Kisah ini menonjolkan tentang perjuangan seorang perempuan dalam memperjuangkan hak dan kebebasannya.

  1. Novel Kita Pergi Hari Ini Karya Ziggy

Novel ini ditulis oleh Ziggy dengan penerbit Gramedia Pustaka Utama di tahun 2022 dengan jumlah halaman sebanyak 192 halaman, dengan campuran genre fiksi, fantasi dan dongeng. Novel yang awalnya mengisahkan kisah untuk anak-anak, namun terdapat alur yang cukup gelap di dalamnya. Gaya tulisan pada novel ini cenderung absurd, tidak heran sebagian besar pembaca akan merasakan keanehan pada saat membaca di tengah-tengah novel sehingga novel ini cenderung berat. Namun itu merupakan gaya penulis Ziggy dalam menyampaikan isi kisah dari novel ini. Namun dalam novel ini tetap banyak pesan moral yang didapat, salah satunya mengenai pengembangan diri seharusnya tidak berhenti. Setiap orang harus mengembangkan dirinya dan harus terus belajar dan menciptakan karya di dalam hidupnya.

  1. Novel Gadis Kretek Karya Ratih Kumala

Novel ini ditulis oleh penulis Ratih Kumala yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama dengan jumlah halaman sebanyak 274 halaman. Novel ini menjadi salah satu karya yang menjadi finalis 10 besar penerima penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa 2012. Novel ini menceritakan tentang peristiwa pada masa sejarah, G30S PKI dengan mengangkat budaya Jawa mengenai tumbuhnya dan berprosesnya pabrik-pabrik rokok di Indonesia. Novel ini mengisahkan persaingan usaha kretek antara 2 orang yang dahulunya bersahabat.

Demikian ulasan kami mengenai novel singkat, lengkap dengan pengertian novel singkat dan 5 contoh novel singkat. Semoga ulasan kami membantu kamu, khususnnya yang sedang mencari referensi ataupun belajar mengenai novel singkat. Terimakasih sudah singgah dan semoga masa belajar mu menyenangkan!