Cara Refund Tiket Pesawat Airasia Terbaru 2021

Kemudahan yang dibawa oleh teknologi memiliki banyak pengaruh terhadap kehidupan manusia. Salah satunya adalah kebutuhan untuk berpindah lokasi dengan cepat, dibarengi pula dengan perubahan perencanaan perjalanan.

Membeli tiket perjalanan dan menyelaraskan dengan jadwal yang tiba-tiba berubah terkadang bisa menjadi kendala. Banyak platform bermunculan untuk memenuhi kebutuhan perjalanan dan tentunya memberikan solusi untuk mengatasi setiap permasalahan calon penumpangnya.

Untuk AirAsia, pengembalian uang hanya dapat dikirimkan melalui pusat panggilan atau melalui menu “Kelola Pemesanan Saya” yang tersedia di situs webnya atau dengan mengisi tautan formulir elektronik di akhir artikel ini. Pada dasarnya, hanya refund (tergantung situasi/alasan) dan pajak bandara yang dapat dilakukan.

Anda tidak akan mendapatkan pengembalian uang untuk pengeluaran lain (seperti bagasi dan makanan). Kebijakan ini berlaku untuk semua jenis tiket pesawat, baik itu kategori “tarif rendah”, “tarif rendah + paket premium”, “Premium Flex” atau “Premium Flatbed”.

Opsi dan Biaya

Di AirAsia terdapat 2 metode refund, yaitu akun kredit AirAsia yang digunakan saat membeli tiket atau metode pembayaran asli. Khusus untuk penerbangan domestik di Malaysia dan Indonesia, refund hanya akan dikembalikan dalam bentuk kredit akun.

Jika Anda memilih akun kartu kredit AirAsia, jumlah pengembalian dana akan dikembalikan sepenuhnya. Namun, jika Anda memilih untuk kembali ke metode pembayaran awal, pengembalian dana akan dikenakan biaya pengembalian dana (per penumpang per segmen penerbangan).

Alasan Refund yang Diperbolehkan dan Cara Refundnya

Alasan Refund yang Diperbolehkan dan Cara Refundnya

Ada beberapa jenis atau alasan pengajuan pengembalian dana (refund) yang bisa dipertimbangkan oleh pihak AirAsia. Alasan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Pajak Bandara

Untuk mendapatkan pengembalian uang, Anda harus mengajukan pengembalian uang dalam waktu 6 bulan sejak keberangkatan penerbangan (untuk penerbangan yang berangkat dari Manila, maksimal 1 tahun).

Jika Anda memilih untuk kembali melalui akun kartu kredit AirAsia atau AirAsia Philippines (Z2), AirAsia Thailand (FD), AirAsia X Thailand (XJ), AirAsia India (I5) dan semua penerbangan yang berangkat, AirAsia tidak akan membebankan pengembalian dana dari Thailand, Myanmar dan Hong Kong.

Di spreadsheet, pilih opsi “Pengembalian Dana” di bagian “Jenis Kasus” dan opsi “Pajak Bandara” di bagian “Jenis Kasus”.

2. Alasan Pribadi

Dengan alasan pribadi, tidak akan ada pengembalian uang. Tidak terbatas pada perubahan jadwal penerbangan maskapai lain, yang dapat menyebabkan jadwal penerbangan “berbenturan” dengan jadwal penerbangan AirAsia Anda, berubah pikiran ataupun yang lainnya.

Namun, jika Anda menggunakan penerbangan domestik di Indonesia Atau anggota keluarga dekat Anda sakit/meninggal, Anda dapat meminta pengembalian uang.

3. Penumpang Sakit

Di spreadsheet, pilih opsi “Permintaan Pelanggan” di bagian “Jenis Kasus”. Pilih opsi “Perubahan Pemesanan Penerbangan” di bagian “Jenis Kasus” dan lampirkan salinan sertifikat rawat jalan/rumah sakit rumah sakit.

Penumpangnya dalam keadaan sakit pada tanggal penerbangan Ketidakmampuan terbang, diagnosis, salinan hasil MRI, hasil CT scan atau dokumen medis lainnya, salinan KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir), ID BIG Shot dan salinan otorisasi surat (jika penumpang yang sakit tidak mengirimkan pengembalian uang secara langsung). Pengembalian dana akan dipotong dari biaya pengembalian dana.

4. Penumpang Meninggal

Di formulir elektronik, pilih opsi “Permintaan Pelanggan” di bagian “Jenis Kasus” dan pilih opsi “Perubahan Pemesanan Penerbangan” di bagian “Jenis Kasus”.

Lalu gunakan kertas header resmi yang disediakan oleh rumah sakit untuk menyediakan Akta kematian Salinan atau partisi, fotokopi KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) penumpang yang meninggal, fotokopi kartu keluarga penumpang yang meninggal, fotokopi KTP atau paspor (halaman pertama dan terakhir) berlaku atas nama penumpang yang meninggal Orang tersebut melakukan pengembalian dana, dan salinan surat otorisasi. Pengembalian dana tidak akan dipotong dari pengembalian dana.

5. Kehamilan

Di formulir elektronik, pilih opsi “Permintaan Pelanggan” di bagian “Jenis Kasus” dan pilih opsi “Perubahan Pemesanan Penerbangan” di bagian “Jenis Kasus”.

Lalu lampirkan salinan sertifikat dokter kandungan dengan tajuk resmi, Menunjukkan bahwa penumpang tidak dapat terbang dalam penerbangan, salinan ID atau paspor penumpang hamil (halaman pertama dan terakhir), ID AirAsia BIG Shot penumpang dan salinan surat otorisasi (jika refund tidak diserahkan secara langsung oleh penumpang pesawat). Pengembalian dana akan dipotong dari biaya pengembalian dana.

6. Sakit / Kematian Anggota Keluarga

Kebijakan ini hanya berlaku jika tiket dan nomor pesanan anggota keluarga Anda sama. Di spreadsheet, pilih opsi  “Permintaan Pelanggan” di bagian “Jenis Kasus” dan opsi “Perubahan Reservasi Penerbangan” di bagian “Jenis Kasus”.

Lalu sertakan salinan kartu keluarga penumpang yang sakit/meninggal (nama Anda Harus di atas kartu keluarga). Pengembalian dana akan dipotong dari biaya pengembalian dana.

7. Jadwal telah Diubah / Dibatalkan oleh Pihak AirAsia

Jika AirAsia mengubah jadwal penerbangan Anda selama lebih dari 3 jam atau bahkan membatalkannya, Anda dapat meminta pengembalian uang. Di spreadsheet, pilih opsi “Pengembalian Dana” di bagian “Jenis Kasus”.

Lalu pilih opsi “Ubah Jadwal Penerbangan” (jika penerbangan diubah ke jadwal) atau opsi “Penerbangan Dibatalkan” (jika penerbangan Anda memiliki telah dibatalkan) di bagian “Jenis Kasus”, lalu masukkan kode pemesanan dan nomor penerbangan Anda.

8. Pembayaran Berganda

Anda dapat mengajukan permintaan pengembalian dana hanya jika jumlah pembayaran yang setara untuk pemesanan penerbangan Anda lebih dari 1. Misalnya, gunakan kartu kredit yang sama untuk melakukan beberapa pembayaran.

Permintaan pengembalian biaya yang disetujui akan diproses ke akun pembayaran asli berdasarkan transaksi kedua atau selanjutnya. Di spreadsheet, pilih opsi “Pengembalian Dana” di bagian “Jenis Kasus”, pilih opsi “Pembayaran Ganda” di bagian “Jenis Kasus”. Lalu isi kode pemesanan, nomor penerbangan, dan detail pembayaran Anda.

9. Pesanan Ganda

Pengembalian uang hanya dapat diajukan jika kedua pemesanan tersebut merupakan pemesanan penerbangan dengan tanggal, departemen, dan rute yang sama (keberangkatan dan tujuan), kedua pemesanan tersebut memiliki nama tamu yang sama dan permintaan refund diajukan sebelum permintaan tanggal keberangkatan penerbangan.

Harap diperhatikan bahwa pemesanan penerbangan yang berlaku adalah penerbangan pertama yang ditentukan oleh tanggal dan waktu pemesanan. Permintaan pengembalian uang yang disetujui akan diproses pada pemesanan penerbangan kedua atau selanjutnya.

Di spreadsheet, pilih opsi “Pengembalian Dana” di bagian “Jenis Kasus”, pilih opsi “Pemesanan Ganda” di bagian “Jenis Kasus”. Lalu isi kode pemesanan, nomor penerbangan, tanggal dan waktu penerbangan serta detail pembayaran Anda.

Besaran Pengembalian Uang Rute Domestik

Pengembalian uang harus dilakukan dalam masa berlaku tiket (3 bulan dari tanggal keberangkatan). Tiket tidak terpakai yang telah melewati masa berlaku tidak akan dikembalikan.

Harap dicatat bahwa jika Anda check-in di bandara atau secara online, tidak ada pengembalian uang. Adapun besaran pengembalian uang yang akan diberikan oleh pihak AirAsia adalah sebagai berikut:

1). 72 jam sebelum keberangkatan, pengembalian uang akan dikenakan 25% dari biaya pembatalan tarif dasar per penumpang.

2). Antara 72 jam dan 48 jam, pengembalian uang akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 50% dari tarif dasar per penumpang.

3). Antara 48 jam dan 24 jam, pengembalian uang memerlukan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar setiap penumpang.

4). Antara 24 jam dan 12 jam, pengembalian uang memerlukan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar untuk setiap penumpang.

5). Antara 12 jam dan 4 jam, pengembalian uang memerlukan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar untuk setiap penumpang.

6). Antara 4 jam sebelum keberangkatan dan 2160 jam setelah keberangkatan, pengembalian uang perlu membayar biaya pembatalan sebesar 90% dari tarif dasar untuk setiap penumpang.

Demikian ulasan kami mengenai refund tiket pesawat AirAsia, yang membahas mulai dari opsi dan biaya, alasan dan cara refund, hingga besaran pengembalian uang untuk rute domestik.

Semoga ulasan kami membantu Anda melakukan refund tiket pesawat AirAsia di website resminya! Terimakasih sudah singgah.