Cara Pengembalian Dana (Refund) di Aplikasi Traveloka

Perkembangan teknologi memiliki banyak pengaruh terhadap kehidupan manusia. Salah satunya adalah kebutuhan untuk berpindah lokasi dengan cepat.

Jarak yang jauh bukan lagi menjadi alasan perjalanan, karena dukungan transportasi untuk perjalanan sebenarnya sudah disediakan.

Namun, membeli tiket dan pendukung perjalanan lainnya terkadang bisa menjadi kendala. Melihat hal ini, berbagai platform bermunculan untuk memenuhi kebutuhan perjalanan. Salah satunya adalah Traveloka, biro perjalanan online terkemuka di Tanah Air.

Traveloka memiliki banyak fitur yang dirancang untuk memberikan layanan dan kenyamanan yang lengkap di setiap tahapan perjalanan.

Traveloka tidak hanya membantu Anda membeli tiket pesawat dengan mudah, tetapi juga memenuhi kebutuhan perjalanan lainnya. Untuk lebih jelasnya, kami akan merangkum fungsi-fungsi berikut ini.

Pesan Tiket Perjalanan

Ada banyak jenis transportasi perjalanan yang bisa dipesan melalui Traveloka. Mulai dari tiket pesawat, kereta api, bus hingga travel.

Tempat Menginap

Fitur reservasi hotel dari Traveloka ini sangat bermanfaat bagi mereka yang harus menginap di tempat yang belum pernah mereka kunjungi.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu bingung dan tidak perlu mencari hotel saat tiba di lokasi. Tidak hanya untuk hotel, tapi juga untuk booking villa dan apartemen atau hotel terbaru.

Kegiatan dan Hiburan

Fitur yang tergolong baru di Traveloka ini sangat membantu perjalanan Anda. Layanan yang diberikan meliputi pengalaman dan makanan.

Pembayaran, Voucer dan Isi Ulang

Fitur ini memungkinkan Anda untuk memesan tiket lebih dulu dan bayar kemudian di menu PayLater. Anda juga bisa mendapatkan ragam voucer hadiah menarik juga untuk membayar tagihan.

Refund di Aplikasi Traveloka

Refund di Aplikasi Traveloka

Dalam beberapa keadaan, Anda mungkin terpaksa mengajukan pembatalan penerbangan dan mengembalikan uang tiket yang sebelumnya Anda pesan di Traveloka. Refund itu sendiri adalah jumlah yang akan Anda terima untuk penerbangan yang dibatalkan.

Proses pengajuan refund di Traveloka sebenarnya sangat mudah, namun sayangnya hal ini bisa menimbulkan kepanikan dan kebingungan selama pengerjaannya.

Beberapa hal yang Traveloka masih membingungkan pemohon refund adalah lamanya waktu refund dan besaran diskon untuk setiap tiket yang dibatalkan.

Oleh karena itu, kami akan merangkum tiga hal yang harus Anda ketahui mengenai refund di aplikasi Traveloka. Yakni kebijakan refund masing-masing maskapai berbeda, pemotongan dana yang dipengaruhi oleh waktu refund dan berapa lama dana perlu dikembalikan ke rekening Anda. Adapun penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut:

1). Pahami Kebijakan Pengembalian Uang Setiap Maskapai Penerbangan

Tidak semua maskapai penerbangan mengizinkan Anda untuk mengembalikan atau membatalkan penerbangan Anda di Traveloka.

Untuk mengetahui apakah Anda dapat membatalkan atau mengembalikan uang di masa mendatang, Anda harus berhati-hati saat memesan tiket.

Semua penerbangan yang muncul di hasil pencarian akan menampilkan informasi tentang apakah tiket dapat dikembalikan dengan detail harga yang tersedia.

Pastikan tiket Anda memiliki label hijau berlabel “Dapat Dikembalikan” sehingga jika Anda meminta pengembalian dana kapan saja, aplikasi Anda tidak akan ditolak.

Penting untuk diketahui sejak awal apakah tiket dapat diuangkan kembali, karena dapat mencegah Anda dari kecewa ketika Anda tidak dapat mengajukan pengembalian uang di masa mendatang; karena Anda tidak tahu apa yang akan terjadi dengan rencana perjalanan Anda di masa depan, Anda harus memilih salah satu yang dapat dikembalikan jika Anda membatalkan paragraf rencana perjalanan.

2). Waktu Pengembalian Dana Akan Mempengaruhi Jumlah Pengembalian Dana

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa maskapai penerbangan tidak akan mengembalikan 100% dana Anda secara penuh untuk alasan tertentu (misalnya, jika terjadi kesalahan).

Pengembalian dana Anda tergantung pada berapa lama permintaan pengembalian dana sebelum waktu keberangkatan yang dijadwalkan.

3). Lamanya Proses Refund Bergantung Pada Kebijakan Maskapai

Setelah mengirimkan permintaan pengembalian dana dan memahami jumlah diskon yang berlaku, hal lain yang perlu Anda ketahui adalah waktu proses pengembalian dana. Aturan saat ini adalah dana akan dikembalikan dalam 30-90 hari kerja.

Selama proses refund, Anda bisa mengecek statusnya melalui aplikasi Traveloka. Ini juga mudah untuk diperiksa, cukup buka “Akun Saya”, pilih “Pengembalian Dana Saya” dan temukan status saat ini dari permintaan pengembalian dana Anda.

Cara Refund di Aplikasi Traveloka

Berikut di bawah ini cara refund di aplikasi Traveloka, antara lain sebagai berikut.

1). Masuk ke akun Traveloka Anda. Jika Anda belum memiliki akun Traveloka.com, harap mendaftar dengan alamat email yang digunakan saat melakukan pemesanan.

2). Setelah itu silahkan login ke www.traveloka.com/login

3). Buka menu pesanan saya.

4). Periksa detail pesanan yang ingin Anda kembalikan dananya.

5). Setuju dengan syarat dan ketentuan.

6). Isi formulir pengembalian dana.

7). Centang kotak di samping “Ya, saya setuju” dan klik tombol “Kirim Pengembalian Dana” untuk mengirimkan permintaan pengembalian dana.

Cara Memeriksa Status Permintaan Pengembalian Dana

Tentu yang sering menjadi pertanyaan setelah melakukan prosedur refund adalah “apakah permintaan refund saya sudah terekam” Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut penjelasannya:

Dengan melakukan langkah 1 hingga 3 di atas, Anda dapat memantau status pengembalian dana di halaman “Detail Pesanan Saya”.

Bergantung pada hotel atau maskapai penerbangan, proses pengembalian voucher hotel membutuhkan waktu kurang dari 30 hari kerja, sedangkan proses pengembalian tiket membutuhkan waktu kurang dari 90 hari kerja.

Demikian ulasan kami mengenai refund di apliakasi Traveloka yang menjelaskan mengenai prosedur dan cara memeriksa status refund.

Semoga ulasan kami membantu Anda mengajukan refund di aplikasi Traveloka! Terimakasih sudah singgah.

Link download terkait