Cara Pengembalian Dana (Refund) di Aplikasi Google Play

Bagi Anda yang sering berbelanja di Google Play, pasti sudah tidak asing algi dengan berbagai penawaran banyak aplikasi, film, game hingga buku berbayar disana.

Walaupun menawarkan berbagai kemudahan dan kenyamanan pengguna Google Play, terkadang pengguna mungkin menemukan masalah dengan aplikasi yang dibeli, seperti tidak dapat membuka.

Melihat masalah ini, sebenarnya Google Play sendiri memberikan layanan pengembalian dana. Proses pengembalian dana bisa berbeda-beda, bergantung pada jenis barang yang dibeli.

Namun sebelum meminta pengembalian dana, pengguna harus memeriksa undang-undang pembelian yang berlaku di Google Play Store untuk menerima pengembalian dana.

Refund Google Play

Menurut kebijakan pengembalian dana, Google dapat memberikan pengembalian dana untuk pembelian Google Play tertentu. Anda juga dapat menghubungi pengembang secara langsung.

Jika teman atau anggota keluarga melakukan pembelian tidak disengaja menggunakan akun Anda, minta pengembalian dana di situs web Google Play.

Jika Anda belum melakukan pembelian Google Play dan tidak menggunakan kartu atau metode pembayaran lain untuk melakukan pembelian oleh seseorang yang Anda kenal, laporkan biaya tidak valid dalam 120 hari setelah transaksi. Jika permintaan pengembalian dana Anda telah diterima, periksa berapa lama pengembalian dana tersebut akan berlangsung.

Anda dapat meminta pengembalian dana melalui Google Play dalam waktu 48 jam setelah Anda masih membeli aplikasi atau melakukan pembelian dalam aplikasi.

Jika Anda membeli musik, film, buku atau konten lainnya, Anda dapat meminta pengembalian dana setelah 48 jam (lihat kebijakan di bawah). Keputusan biasanya dibuat dalam waktu 15 menit, tetapi proses ini dapat memerlukan waktu hingga 4 hari kerja.

Cara Refund Google Play

Cara Refund Google Play

Adapun cara mendapatkan pengembalian dana saat membeli di Google Play Store adalah sebagai berikut:

1). Pembelian dalam aplikasi dan dalam game atau pembelian dalam aplikasi

a). Jika pengguna membelinya, tetapi tidak menyukainya karena alasan apa pun. Pengguna dapat mengembalikannya dalam dua jam untuk mendapatkan pengembalian dana penuh.

b). Setelah dua jam, pengguna harus menunggu 48 jam sebelum Google dapat memproses permintaan pengembalian dana.

c). Setelah itu, keputusan mengenai pengguna akan mendapatkan uang kembali atau tidak akan tergantung pada pengembang aplikasi.

d). Untuk meminta pengembalian dana dalam waktu dua jam setelah pembelian, ikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi Google Play Store.
  • Ketuk ikon menu, lalu pilih riwayat pesanan.
  • Pilih aplikasi atau game yang ingin Anda kembalikan.
  • Ketuk laporkan masalah, lalu dari menu yang tersedia Pilih pertanyaan.
  • Ikuti petunjuk di layar untuk mendapatkan uang pengguna kembali dan menghapus aplikasi atau game.

Catatan penting:
Untuk meminta pengembalian dana dalam waktu 48 jam setelah pembelian, kunjungi https://play.google.com/store/account. Pilih “Riwayat Pesanan” dan temukan pembelian yang ingin dikembalikan oleh pengguna. Di sisi kanan pembelian, klik Lainnya lalu Pilih Kembalikan Dana dan isi formulir.

2). Hubungi pengembang aplikasi atau game untuk pengembalian dana

Pengguna juga dapat menghubungi pengembang untuk meminta pengembalian dana dengan cara berikut:

  • Buka Google Play Store.
  • Temukan aplikasi pengembang yang ingin Anda hubungi pengguna.
  • Klik aplikasinya, lalu klik untuk membaca lebih lanjut.
  • Akan ada informasi kontak di bagian bawah, di mana pengguna dapat menghubungi pengembang.

Ketentuan Khusus untuk Beberapa Produk

Berikut di bawah ini ketentuan khusus untuk beberapa produk, antara lain sebagai berikut.

Pembelian E-book

Google Play Store biasanya memberi pengguna periode pengembalian 7 hari dan periode pengembalian buku pendidikan 30 hari.

Beberapa buku mungkin memiliki waktu pengembalian modal yang singkat. Untuk mengirimkan permintaan pengembalian dana, pengguna harus menghubungi dukungan pelanggan Google Play.

Pembelian Film

Jika film yang dibeli rusak, pengguna bisa mendapatkan pengembalian dana dalam waktu 65 hari. Jangka waktu ini hanya berlaku jika pengguna belum mulai menonton film dengan aturan pengembalian dana ini juga berlaku untuk pembelian acara TV.

Pembelian Musik

Jika pengguna tidak mendengarkan atau mengunduh kategori musik, Google akan mengembalikan dana untuk kategori musik yang dibeli.

Pengguna memiliki 7 hari untuk masuk ke akun Google Play Store mereka melalui browser web untuk meminta pengembalian dana, menelusuri riwayat pesanan dan menemukan pesanan pembelian. Dengan cara klik ikon menu, pilih laporkan masalah dan pilih Saya ingin meminta pengembalian dana.

Apa bila terdapat masalah terkait aplikasi, dimana ketika pembelian dalam aplikasi telah dilakukan. Namun produk yang Anda beli tidak terkirim atau tidak dapat digunakan secara normal.

Anda menginginkan pengembalian dana dan sudah lebih dari 48 jam sejak pembelian. Pengembang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah pembelian dan dapat memproses pengembalian dana sesuai dengan kebijakan dan hukum yang berlaku.

Demikian ulasan kami mengenai refund di Google Play yang memberikan informasi seputar cara dan ketentuan khususnya. Semoga ulasan kami memantu Anda! Terimakasih sudah singgah.