Cara Pengembalian Dana (Refund) Barang di Shopee dengan Cepat dan Mudah

Belanja online sangat digemari masyarakat karena memberikan berbagai kemudahan untuk transaksi jual beli. Untuk itulah, banyak aplikasi belanja online yang menyediakan berbagai fungsi untuk memudahkan belanja online.

Salah satunya adalah aplikasi belanja Shopee yang hadir dalam bentuk pasar, mengumpulkan ribuan penjual untuk memuaskan konsumen. Shopee menyediakan fungsi atau layanan berikut kepada penggunanya:

Shopee Shopping Center

Fitur ini memungkinkan pengguna dengan mudah memenuhi semua kebutuhannya. Pengguna bisa mencari barang yang mereka butuhkan di kolom pencarian, seperti kebutuhan rumah tangga, kosmetik, aksesoris, peralatan elektronik, dan lain sebagainya.

Jika Anda berbelanja di pusat perbelanjaan Shopee, Anda secara otomatis akan menikmati layanan pengembalian 7 hari.

Oleh karena itu, jika ditemukan masalah dalam waktu 7 hari setelah pembelian, barang-barang tersebut dapat dikembalikan dengan cepat tanpa membayar biaya pengiriman.

Kredit, Tagihan dan Hiburan

Shopee tidak hanya mempromosikan penjualan produk, tetapi juga menyediakan pembayaran tagihan, seperti: kartu kredit dan paket Internet, kartu pasca bayar, PLN, Telkom, TV kabel dan Internet, BPJS Kesehatan, PDAM, PBB, asuransi, dll.

Pengiriman

Fitur ini adalah cara untuk menjual barang orang lain atas nama pembeli. Konsinyasi tentu saja bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

100% Jaminan ORI

Fungsi ini menjamin bahwa barang yang ditampilkan benar-benar asli dan disediakan oleh pemiliknya. Dalam fungsi pusat perbelanjaan ini, jika produk yang dihasilkan bukan produk asli maka konsumen akan dijamin harga pembeliannya dapat dikembalikan.

COD (cash on delivery)

Banyak penjual di pusat perbelanjaan Shopee menawarkan metode pembayaran di tempat, jadi mereka tidak perlu menghabiskan waktu untuk melakukan transfer.

Refund di Aplikasi Shopee

Seperti yang sudah disinggung dalam fitur utama aplikasi Shopee, bahwa jika ditemukan masalah dalam waktu 7 hari setelah pembelian, barang-barang tersebut dapat dikembalikan dengan cepat tanpa membayar biaya pengiriman.

Lamanya masa garansi Shopee dihitung berdasarkan waktu pengemasan ditambah perkiraan waktu pengiriman dan perkiraan waktu pengiriman dihitung dari saat pelanggan mengkonfirmasi pembayaran pesanan.

Menariknya, masa garansi Shopee ini bisa diperpanjang. Bagi yang belum tahu, Anda bisa memperpanjang “Masa Garansi Shopee” dengan mengunjungi halaman detail pesanan lalu mengklik tombol “Perpanjangan Masa Garansi Shopee”.

Ketentuan Refund di Aplikasi Shopee

Ketentuan Refund di Aplikasi Shopee

Dalam keadaan jika Pembeli belum menerima barang;

1). Barang cacat atau rusak pada saat diterima.

2). Penjual mengirimkan barang kepada pembeli yang tidak memenuhi spesifikasi yang disepakati seperti kesalahan ukuran, warna ataupun kesepakatan lainnya).

3). Barang yang dikirim ke pembeli berbeda secara signifikan dengan uraian yang diberikan oleh penjual dalam manifest barang.

4). Melalui perjanjian pribadi dengan penjual, penjual harus mengirimkan konfirmasi perjanjian kepada Shopee.

Shopee akan meninjau setiap permintaan pembeli berdasarkan kasus per kasus dan memutuskan sendiri apakah akan berhasil menyelesaikan permintaan pembeli.

Jika pembeli telah mengajukan tuntutan hukum terhadap penjual, pembeli dapat mengeluarkan pemberitahuan resmi kepada Shopee dari otoritas yang berwenang, meminta Shopee untuk terus menahan harga pembelian hingga ada persyaratan formal. Shopee akan memutuskan sendiri apakah perlu untuk terus menahan pembelian ini.

Untuk menikmati pengalaman tanpa repot saat mengembalikan barang, pembeli harus memastikan bahwa barang (termasuk barang gratis yang menyertai barang, seperti aksesori) harus dikembalikan ke penjual sesuai dengan ketentuan yang diterima oleh pembeli di waktu pengiriman. Itulah alasan mengapa Shopee menegaskan pembeli untuk mengambil foto barang saat menerimanya.

Tanggung Jawab Atas Biaya Transportasi Pulang Pergi

1). Jika terjadi kesalahan yang tidak disengaja di pihak penjual (yaitu produk rusak, cacat atau salah dikirim ke pembeli). Penjual atau pembeli akan menanggung biaya pengembalian barang sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan penjual.

2). Jika penjual dan pembeli memiliki perselisihan mengenai siapa yang bertanggung jawab atas biaya pengiriman barang dagangan yang dikembalikan, Shopee akan memiliki kewenangan penuh untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab atas biaya pengiriman barang dagangan yang dikembalikan.

Hanya setelah Shopee menerima konfirmasi penjual bahwa penjual telah menerima barang yang dikembalikan, uang pembeli akan dikembalikan.

Jika Shopee tidak menerima surat dari penjual dalam waktu yang ditentukan, Shopee dapat mengembalikan pembayaran yang sesuai kepada pembeli tanpa pemberitahuan lebih lanjut kepada penjual. Pengembalian dana akan dikembalikan ke kartu kredit pembeli atau akun ShopeePay yang sesuai.

Cara Mengajukan Refund di Shopee

Cara Mengajukan Refund di Shopee

Berikut di bawah ini cara mengajukan refund di Shopee, antara lain sebagai berikut.

1). Buka detail pesanan transaksi (“Tab Saya” > “Belanja Saya” > tab “Kemas Sekarang”).

2). Di halaman tersebut, lalu pilih tombol “Kirim Pengembalian Dana”.

3). Pilih item untuk dikembalikan

4). Pilih alasan pengembalian

5). Masukkan alamat email yang digunakan

6). Kemudian klik tombol kirim

7). Untuk memperkuat proses pengajuan refund, nasabah dapat mengirimkan foto, video atau screenshot transaksi sebagai bukti ke alamat email issue@shopee.co.id.

Keuntungan Garansi Shopee

Selama masa garansi Shopee, jika pelanggan tidak menekan tombol “Terima Pesanan”, pelanggan masih dapat mengajukan pengembalian uang. Artinya jika terjadi masalah, seperti tidak terkirim atau kuitansi tidak normal, pelanggan dapat meminta pengembalian dana.

Namun perlu ditekankan bahwa pengembalian dana ini diserahkan kepada penjual dan penjual bisa menolak lamaran. Namun masa berlaku ini adalah tiga hari, jika tidak ada respon maka prosedur refund akan dilakukan sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan.

Jika Anda menggunakan metode pembayaran transfer bank yaitu Indomaret, Alfamart atau ShopeePay, maka akan dikembalikan ke ShopeePay. Sementara itu, hal lain seperti kartu kredit, kartu debit online, Akulaku dan Kredivo akan dikembalikan ke rekening masing-masing.

Demikian ulasan kami mengenai Refund di aplikasi Shopee yang membahas mengenai ketentuan refund, tanggungjawab pengiriman barang yang dikembalikan, langkah melakukan refund dan keuntungan garansi Shopee.

Semoga ulasan kami membantu Anda melakukan refund di aplikasi Shopee! Terimakasih sudah singgah.

Link download terkait

Android