Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar Beserta Contohnya

Artikel bisa kamu artikan sebagai teks dengan kisaran 300 – 1.000 kata yang ditulis sebagai informasi dengan tujuan untuk disebar luaskan ke khalayak umum.

Artikel sendiri bisa berbentuk tulisan pada selembaran kertas maupun artikel online yang bisa diakses dengan memanfaatkan koneksi internet dan untuk saat ini kebenyakan orang lebih tertarik membaca artikel online.

Di zaman yang serba canggih ini segala informasi bisa didapatkan dengan mudah hanya dengan bermodalkan internet, kita bisa membaca artikel secara online tanpa mengenal batasan waktu.

Dari sekian banyak artikel online pastinya ada beberapa artikel atau tulisan yang rancu / tidak enak dibaca sehingga informasi tidak tersampaikan secara baik.

Untuk itu penting sekali bagi seorang penulis artikel baik yang sudah professional maupun yang baru belajar menulis untuk memahmi konsep dan cara-cara menulis artikel yang baik dan benar agar informasi yang ditulis bisa tersampaikan dengan jelas kepada seluruh pembaca.

Konsep adalah hal yang perlu diperhatikan ketika hendak menulias artikel, sebagai seorang penulis tentu saja kita perlu tahu jenis / kategori artikel yang akan ditulis. Hal ini bertujuan agar penulis bisa mempersiapkan kerangka tulisan dan referensi yang sesuai dengan jenis artikel terebut.

Persiapan konsep yang matang akan mempengaruhi keberhasilan kita dalam menyempaikan informasi lewat sebuah tulisan / artikel. Untuk langkah-langkah menulis artikel yang baik dan benar silahkah simak uraian di bawah ini:

1. Tentukan Topic Bahasan

Carilah topic yang hangat untuk diperbincangkan, sebagai penulis kita bisa mengangkat tema yang sedang booming agar menarik minat pembaca, selain itu bisa juga mengangkat topic yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari seperti Tips & Trik. Dalam mengusung tema usahakan tidak menyinggung dan menyudutkan pihak tertentu.

2. Menentukan Judul Artikel

Kini apa-apa bisa online termasuk membaca artikel juga kebanyakan online, lebih praktis dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli selembaran koran maupun majalah serta lebih leluasa dalam mencari berbagai judul artikel hanya dengan membuka browser.

Sebagai blogger tentu saja kita harus menentukan judul semenarik mungkin tanpa mengabaikan kata kunci google, silahkan tentukan judul artikel dengan menyematkan kata kunci yang paling banyak orang cari di google agar pengunjung bisa dengan mudah masuk ke website kamu.

3. Paragrafh Pembuka

‘Buatlah kalimat pembuka yang memikat hati pembaca agar ia membaca tulisanmu hingga akhir’ kalimat ini wajib diingat setiap penulis agar bisa membuat kalimat pembuka yang memancing pembaca menyelesaikan bacaannya hingga akhir dengan tujuan informasi tersampaikan dengan jelas dan tidak setengah-setengah.

Dalam membuat kalimat pembuka usahakan tidak terlalu panjang dan berbelit-belit, hal itu bertujuan agar pembaca tidak bosan.

4. Pokok Bahasan

Dalam menyampaikan pokok bahasan silahakan tulis sesuai fakta yang didapat dari berbagai sumber maupun referensi lainnya. Jika kita menulis artikel ilmiah tentu saja harus melakukan riset terlebih dahulu.

Pada paragrafh yang berisi pokok bahasan ini pula sebagai seorang penulis harus berusaha membuat kalimat yang mudah dimengerti agar informasi diterima tanpa ada kesalah pahaman, seperti dalam menulis tips silahkan buat uraian secara jelas (usahakan mencantumkan gambar).

5. Masukan Gambar

Menyertakan gambar dalam tulisan tidak hanya bertujuan agar lebih jelas ketika menulis artikel tentang step by step untuk menyelesaikan suatu masalah, ternyata adanya gambar dalam tulisan bisa membuat pembaca sedikit relax dan tidak jenuh dengan deretan kata.

6. Gunakan Sistem Penulisan Heading

Penggunaan heading dalam artikel / tulisan online sangat berguna bagi para pembaca agar informasi yang disampaikan bisa lebih cepat dipahami.

Heading juga akan membantu tulisan yang dibuat lebih cepat tampil di mesin pencari google sehingga memudahkan pengunjung web / pembaca lebih cepat menemukan artikel yang kamu tulis dan berkunung ke websitemu.

7. Kalimat Penutup

Buatlah kalimat penutup yang memancing pembaca berkunjung kembali ke website kamu dan ketagihan membaca semua artikel yang kamu tulis.

Kalimat penutup ini bisa ditulis dengan manis dan memberikan kesan yang baik ke pembaca serta buat kesimpulan langsung pada intinya.

8. Mulailah Menulis!

Tujuh point di atas adalah langkah – langkah menulis artikel yang baik dan benar intinya harus menulis sesuai tema dan pilihlah kata & kalimat yang mudah dipahami oleh semua kalangan pembaca.

Adapun langkah yang paling penting untuk membuat artikel adalah mulailah … hanya dengan membaca tips membuat artikel yang baik dan benar seseorang tidak akan pernah berhasil menulis jika tidak kunjung dipraktikan.

Itulah langkah-langkah menulis artikel yang baik dan benar. Semoga apa yang kami share bisa bermanfaat bagi pembaca semua dan memotivasi untuk tidak takut memulai.