Cara Mengajukan Refund Barang di Bukalapak

Bukalapak adalah salah satu perusahaan e-commerce yang ada di Indonesia. Bukalapak didirikan pada tahun 2010 oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono dan Muhamad Fajrin Rasyid. Bukalapak awalnya merupakan toko online yang memungkinkan para pengusaha kecil dan menengah (UKM) masuk ke dunia maya.

Seiring berjalannya waktu, perusahaan kini telah merambah ke berbagai area bisnis lainnya, termasuk melalui layanan Mitra Bukalapak untuk membantu meningkatkan penjualan warung tradisional. Pada 2017, Bukalapak menjadi salah satu startup unicorn Indonesia.

Bukalapak tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari unggahan di website resmi Bukalapak.

Bukalapak mengatakan bahwa pada 2019, Bukalapak memiliki lebih dari 4,5 juta pedagang online, 70 juta pengguna aktif bulanan, 1,9 juta mitra toko dan rata-rata 2 juta transaksi per hari.

Jadi, ga heran ya jika Bukalapak bisa dikategorikan sebagai salah satu “keranjang” belanja online di tanah air. Meski Bukapalak telah melakukan banyak upaya untuk memastikan kepuasan pelanggan, tidak bisa dipungkiri masih banyak celah yang akan mengecewakan penggunanya.

Oleh karena itu, Bukalapak terus mengembangkan fasilitas dan metode pengaduan agar pengaduan dapat ditangani dengan cepat. Salah satunya adalah fasilitas refund yang hadir sebagai solusi salah satu permasalahan lumrah pelanggan Bukalapak.

Dalam transaksi online, refund bisa dikatakan transaksi yang dibatalkan. Barang yang dibeli dikembalikan ke penjual dan uangnya dikembalikan ke pembeli. Pengembalian uang biasanya karena barang tidak sesuai dengan keinginan pembeli atau sudah rusak.

Pada saat yang sama, pengembalian mengacu pada pertukaran komoditas yang sebelumnya telah dibeli sebagai komoditas lain karena suatu alasan. Dalam transaksi belanja online, penolakan diartikan sebagai penerimaan yang buruk atau ditemukannya cacat.

Aturan Refund di Bukalapak

Aturan Refund di Bukalapak

Berikut di bawah ini aturan refund di Bukalapak, antara lain sebagai berikut.

1). Pelapak tidak akan melakukan konfirmasi pengiriman dalam waktu 2×24 jam (pengiriman biasa) atau 2×24 jam (pengiriman ekspres) pada hari kerja setelah status transaksi diubah menjadi lunas.

2). Transaksi dibatalkan berdasarkan kesepakatan antara pelapak dan pembeli.

3). Jika pelapak menolak perintah terkait, akun Pelapak dinonaktifkan karena melanggar ketentuan aturan pengguna Bukalapak.

Kondisi Pengembalian Dana untuk Kategori Produk Fisik

1). Pengembalian dana akan dikembalikan ke dompet publik pembeli.

2). Dalam kasus pembayaran dengan kartu kredit, pengembalian dana akan dikembalikan ke kartu kredit pembeli dalam waktu 14 hari kerja setelah transaksi dibatalkan dan status diubah menjadi pengembalian dana.

3). Pembeli yang melakukan transaksi tetapi tidak melakukan proses login (pembeli cepat) dan meminta refund, kemudian segera mengecek email yang berisi prosedur refund.

4). Kecuali tiket pesawat dan tiket bus, jika status pembelian sudah diterima dan diselesaikan, pembeli tidak bisa refund.

Prosedur Refund Setelah Pembatalan Transaksi dengan Media Transaksi Tertentu

Prosedur Refund Setelah Pembatalan Transaksi dengan Media Transaksi Tertentu

Berikut di bawah ini prosedur refund setelah pembatalan transaksi dengan media transaksi tertentu, antara lain sebagai berikut.

1). Transfer Bank & Instant

Jika pembeli menggunakan transfer atau pembayaran spot untuk melakukan pembayaran dan jika pembeli mengaktifkan akun DANA melalui Bukalapak (mengikat) maka dana transaksi akan dikembalikan ke saldo DANA.

Apabila pembeli belum melakukan pengikatan atau belum mengaktifkan akun DANA melalui Bukalapak, dana transaksi akan dikembalikan ke saldo Bukalapak (sebelumnya dikenal dengan BukaDompet).

Pembeli dapat menggunakan saldo DANA untuk melakukan pembelian lagi atau membayarnya ke rekening. Saldo BukaDompet hanya dapat diuangkan ke akun atau ditransfer ke saldo DANA untuk berbelanja.

2). Mix Payment

Jika pembeli menggunakan metode pembayaran hybrid untuk membayar transaksi dan kemudian transaksi dibatalkan atau ditolak oleh pelanggan, semua pembayaran yang digunakan akan segera dikembalikan.

Jika pembeli mengaktifkan akun DANA melalui Bukalapak (mengikat) maka dana transaksi akan dikembalikan ke saldo DANA.

Apabila pembeli belum melakukan pengikatan atau belum mengaktifkan akun DANA melalui Bukalapak, dana transaksi akan dikembalikan ke saldo Bukalapak (sebelumnya dikenal dengan BukaDompet).

Dana transaksi yang dikembalikan ke Saldo Bukalapak dapat ditransfer ke rekening pembeli. Namun jika rekening tujuan bukan rekening bank yang terdaftar di Indonesia, Bukalapak tidak akan melakukan refund.

3). Kartu Kredit

Untuk pembayaran dengan kartu kredit, dana transaksi akan dikembalikan langsung ke kartu kredit pembeli. Mekanisme pengembalian limit kartu kredit adalah sebagai berikut:

  1. Transaksi telah berhasil dibayar oleh pembeli
  2. Transaksi refund karena ditolak oleh pelapak
    Jika transaksi ditolak oleh pelapak, dana akan dikembalikan ke limit kartu kredit pembeli hingga 14 hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional) sejak transaksi ditolak oleh pelapak. Peraturan bank penerbit.
  3. Jika tanggal pengembalian dana transaksi pembeli kurang dari 14 hari kerja sebelum tanggal pencetakan laporan mutasi kartu kredit, pengembalian dana tersebut akan dicetak pada laporan bulan berikutnya (invoice).

4). Dana

Jika pembayaran dilakukan menggunakan DANA, maka akan dikembalikan ke saldo DANA. Pembeli tidak perlu khawatir, karena proses refund bisa memakan waktu hingga 1×24 jam.

Jika pembeli menggunakan saldo DANA maka proses refund akan diteruskan ke DANA, namun jika pembayaran dilakukan dengan cara lain dan dananya tidak mencapai saldo DANA maka pembeli dapat mengecek saldo Bukalapak. Jika transaksi dipotong dua kali, pembeli dapat menunggu perubahan histori transaksi, kemudian dananya akan dikembalikan ke saldo DANA.

Demikian ulasan kami mengenai refund di Bukalapak yang membahasa mulai dari pengertian, aturan, kondisi hingga prosedur refund. Semoga ulasan kami membantu Anda, khususnya dalam melakukan refund di Bukalapak! Terimakasih sudah singgah.