Cara Mengajukan Pengembalian Barang (Refund) di Orami

Kita mengenal banyak sekali e-commerce atau marketplace yang menjual berbagai macam kebutuhan dari A – Z seperti Shopee, Lazada, BukaLapak, Blibli, TokoPedia dan masih banyak lagi.

Namun sudah tahukah kamu bahwa ada e-commerce yang fokus menjual perlengkapan bayi & ibu hamil serta kecantikan? Bagi yang benar-benar hobi shopping online pastinya sudah tahu situs Orami yang didirikan oleh Ferry Tenka & Gusmantara Ekamukti Hemawan.

Dengan berbelanja kebutuhan bayi, ibu hamil & kecantikan di Orami konsumen akan mendapatkan harga lebih rendah jika dibandingkan dengan toko-toko lainnya karena Orami memiliki banyak sekali promosi, diskon & voucher yang akan menguntungkan konsumen mulai dari harga pampers & susu bayi serta masih banyak lagi.

Sama halnya dengan marketplace lain kamu bisa belanja sesuka hati di Orami hanya dengan mengandalkan HP & koneksi internet, tinggal pilih-pilih produk yang akan dibeli kemudian masuk keranjang, lakukan pembayaran lalu tunggu hingga pesanan datang.

Gampang banget kan? Sayangnya jika belanja online kemungkinan barang datang tidak sesuai pesanan selalu ada, misalkan pesan pampers size Xl eh … yang datang size M atau beli Stroller type A eh … yang datang malah type C pasti sebagai konsumen akan merasa kecewa.

Untuk menjaga kepercayaan konsumen terhadap Orami, pihak marketplace ini menyediakan layanan refund atas barang yang tidak sesuai atau kedapatan cacat yang disebabkan oleh pengemasan penjual asalkan barang yang direfund memenuhi syarat dan ketentuan sebagaimana tercantum pada deskripsi barang yang dibeli konsumen.

Sebelum mulai mengajukan refund sebagai konsumen kita harus tahu terlebih dahulu ketentuan pihak Orami apabila ingin merefund barang, adapun ketentuan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mengembalikan barang sebelum 7 hari terhitung hari pertama konsumen menerima pesanan.
  2. Alasan dikembalikannya produk / barang harus jelas, misalkan salah size & salah warna.
  3. Terjadi kerusakan pada produk ketika barang sudah sampai
  4. Produk yang dikirimkan bukan pesanan konsumen (salah kirim)
  5. Produk yang diterima tidak sesuai deskripsi yang tertera pada web Orami.
  6. Barang yang ingin direfund harus dalam keadaan utuh dan baru, belum dipakai sama sekali.
  7. Pengembalian barang / refund tidak berlaku bagi produk yang dibeli saat diskon / sale.
  8. Pakaian dalam tidak bisa dikembalikan dan diganti dengan uang.
  9. Untuk makanan hanya bisa di refund bagi yang memiliki tanggal kadaluarsa 3 bulan ke depan sejak produk makanan diterima konsumen.
  10. Apabila barang yang ingin diferund sudah diterima oleh pihak Orami silahkan tunggu konfirmasi & lamanya pengembalian dana refund adalah 5 s/d 7 hari kerja untuk via transfer bank sedangkan untuk void kartu kredit memerlukan waktu 14 hari kerja.
  11. Jika konsumen memilih menukar barang & harga barang baru lebih besar maka konsumen harus membayar kekurangannya, sebaliknya jika konsumen menukar ke harga yang lebih rendah maka pihak Orami akan mengembalikan dana via Orami Kredit.
  12. Biaya pengembalian barang pihak Orami tidak akan menggantinya untuk alasan tukar size karena kekecilan / kebesaran (barang yang dikirim sesuai pesanan konsumen) namun apabila kesalahan dari pihak Orami maka biaya return barang akan diganti.

Itulah ketentuan yang harus dipahami sebelum kamu mengembalikan barang / merefund barang belanjaan di Orami. Adapun cara refund produk / barang tinggal informasikan pada customer service dengan menjelaskan alasan kamu ingin merefund barang yang sudah dibeli maka CS akan memberikan informasi terkait langkah-langkah yang harus kamu lakukan hingga kamu akan mendapat instruksi untuk mengirimkan barang yang ingin di refund ke warehouse Orami.

Sebagai informasi tambahan di bawah ini adalah kontak pihak Orami yang bisa kamu hubungi jika memiliki pertanyaan seputar produk.

Call Centre 021 290 22 090
e-mail : cs@orami.co.id (Jam kerja Senin – Minggu pukul 08.00 s/d 20.00WIB)

Head Office Orami
Slipi Grand Tower Lt. 38, Unit C – D
Jl. Letjen. S. Parman Kav. 22 – 24
Jakarta Barat
Ph. 021 290 22 132
WareHouse
Kawasan Pergudangan

PT. Widya Sakti Kusuma
Jl. Raya Bekasi KM. 28
Jl. Wahab Affan, Pondok Ungu
Medan Satria, Bekasi 17132