Cara Mengajukan Pengembalian Barang (Refund) di Lazada

Di masanya kini belanja online atau online shop seperti sudah menjadi kebiasan sebagian orang, mungkin termasuk kamu. Ditambah himbauan hindari kerumunan & jaga jarak / menjalankan prokes selama pandemic covid 19 banyak orang memilih untuk memenuhi kebutuhan hidup mulai dari pakaian, makanan maupun pernak-pernik lain dengan cara belanja dari rumah.

Belanja dari rumah memang banyak keuntungannya seperti tidak perlu menempuh jarak untuk mendapatkan apa yang ingin dibeli, penawaran harga yang justru lebih murah jika dibandingkan belanja offline (tanpa harus tawar menawar), bisa mengetahui review barang yang ingin dibeli dari pembeli sebelumnya juga banyak promo / voucher menarik dari mulai diskon hingga gratis ongkir hingga Rp. 0 rupiah.

Tapi memang benar tidak ada yang sempurna di dunia ini, dimana ada kelebihan disitu pulalah terdapat kekurangan, meski belanja online memiliki banyak keuntungan namun nyatanya kamu juga bisa mendapatkan kemungkinan mengecewakan seperti proses pengiriman yang lama, respon penjual yang selow banget, barang yang kamu terima salah type / nomor hingga barang yang sampai tidak sesuai ekspektasi / terdapat cacat padahal kamu membelinya dengan harga normal, misalkan.

Untuk penjual yang amanah tentu saja kekeliruan dalam proses pengiriman akan sangat disesalkan dan mereka akan menawari kamu untuk me-refund barang (ganti barang baru atau kembali uang) umumnya pihak market place menyediakan fitur refund.

Kali ini kita akan bahas cara refund barang di Lazada, yes … pastinya kamu tahu Lazada kan, salah satu marketplace di Indonesia yang memiliki banyak peminat karena menawarkan berbagai diskon hingga voucher menarik yang memikat hati pelanggan.

Sebagaimana diulas di atas kemungkinan salah kirim barang selalu ada di marketplace manapun begitupun Lazada untuk itu bagi pengguna Lazada meski banget tahu tata cara mengembalikan / refund barang ke penjual supaya menghindari rugi.

Sebelum kamu mengembalikan barang yang kamu beli ke pihak penjual pastikan kamu sudah baca kebijakan dari pihak penjual ketika hendak / sebelum kamu membeli barang tersebut biasanya keterangan ada pada deskripsi barang.

Langsung masuk ke langkah-langkah refund, dibawah ini urutannya:

1). Login akun Lazada yang kamu miliki

2). Masuk Profile & silahkan pilih menu Pesanan

3). Pilih produk yang akan kamu refund

4). Akan ada pilihan Pengembalian Saya & Tulis Ulasan, silahkan klik pada Pengembalian Saya.

Keterangan: opsi Pengembalian Saya akan muncul apabila barang pesanan sudah kamu terima. Disarankan ketika hendak merefund barang jangan melebihi jangka waktu kebijakan pengembalian karena jika batas waktu sudah kadaluarsa opsi Pengembalian Saya tidak akan muncul di akun Lazda.

Masa Pengembalian Barang Lazada:

5). Pada pilihan Pengembalian Barang silahkan pilih alasan mengapa kamu ingin mengembalikan barang yang sudah dibeli.

6). Jika memungkinkan upload foto produk sebagai bukti pendukung jika terdapat kesalahan pada produk.

7). Tambahkan komentar tambahan sebagai kalimat yang memperjelas alasan kamu mengembalikan barang.

8). Akan muncul keterangan “Dengan mengirim form ini saya setuju dengan kebijakan pengembalian dari Lazada” jika sudah yakin silahkan pilih opsi Selanjutnya.

9). Silahkan pilih metode pengembalian yang kamu inginkan via Bank Transfer / via Lazada Credit / sesuai dengan metode pembayaran yang kamu lakukan ketika membeli produk yang akan di refund.

10). Setelah kamu memilih salah satu cara pengembalian akan muncul detail pengembalian dana. Jika setuju silahkan lanjutkan proses pengembalian dengan pilih opsi Kirimkan.

11). Pilih metode pengiriman barang yang akan di refund sesuai kehendak kamu Pick-up / Drop off.

12). Jika memilih Pick-Up dan jasa pengiriman tersedia maka kurir akan menjemput barang yang akan kamu refund sesuai jam kerja namun jika kamu memilih Drop Off artinya kamu harus mengirimkan barang yang akan di refund ke jasa pengiriman yang bekerja sama dengan Lazada sebelum 3 x 24 jam sejak kamu mengirimkan formulir permohonan pengembalian dana.

13). Setelah proses pengisian formulir selesai langkah selanjutnya adalah kemas kembali barang yang hendak dikirim dengan rapi dan cantumkan alamat sesuai alamat penerima refund yang muncul pada form setelah pengisian selesai yakni Lazada WareHouse, Lazada Return WareHouse Gate 2 & 3 – Jl. Raya Bogor Km 36, Cimanggis, Depok.

Muncul pertanyaan, bagaimana jika kamu memesan barang dengan sistem COD atau bayar di tempat ketika barang sudah datang apakah bisa refund? Tergantung ketentuan & kebijakan penjual untuk itu pastikan kamu benar-benar membaca deskripsi produk sebelum ceklis.

Jika ada pernyataan produk yang tidak sesuai bisa di refund dengan syarat dan ketentuan yang berlaku silahkan lanjutkan sebagaimana proses pengisian formulir di atas, selanjutnya cetak formulir pengembalian online (Setelah di isi dengan lengkap dan jelas alasan kamu mengembalikan produk yang sudah dibeli) kemudian kirimkan ke Lazada WareHouse, Lazada Return WareHouse Gate 2 & 3 – Jl. Raya Bogor Km 36, Cimanggis, Depok.

Lantas apakah biaya kirim barang (refund) akan diganti oleh pihak penjual / Lazada? Biaya kirim akan diganti oleh pihak penjual / Lazada ketika barang yang kamu refund dinyatakan sah (memenuhi syarat & ketentuan) namun kamu harus pastikan jasa ekspedisi yang kamu pilih adalah JNE dan menggunakan tarif regular.

Setelah itu tinggal tunggu barang diterima pihak penjual / Lazada hingga proses pengembalian dana masuk rekening kamu / credit di akun Lazada. Itulah cara refund barang / permohonon pengembalian dana belanjaan di Lazada baik dengan cara bayar terlebih dahulu maupun cash on delivery (COD).

Jika terdapat keterangan yang kurang dimengerti kamu bisa langsung hubungi call centre Lazada dan menanyakannya secara langsung pada ling https://www.lazada.co.id/contact / (021) 80630200 pada jam kerja Lazada Senin s/d Jumat 09:00 s/d 21:00 & Sabtu s/d Minggu 09:00 s/d 17:00.

Itu saja yang bisa kami share saat ini, semoga bermanfaat ya.