Cara Mengajukan Pengembalian Barang (Refund) di JD.id

Sejak akhir 2015 e-commerce JD.id mulai beroperasi dan berpusat di Jakarta, Indonesia. JD.id sendiri merupakan satu diantara banyaknya e-commerce terpercaya yang diminati banyak konsumen karena menjual berbagai macam produk mulai dari makanan, pakaian, peralatan rumah tangga, produk digital, kecantikan hingga bisa top up paket data, bayar tagihan listrik & air serta banyak lagi lainnya.

Sama halnya dengan e-commerce lain belanja di JD.id bisa kamu lakukan dimanapun & kapanpun asal memiliki koneksi internet untuk masuk akun JD.id. Untuk pembayaran JD.id memfasilitasi konsumen dengan cara transfer via Bank, kartu kredit, cicilan 0%, debit online & COD (cash on delivery).

So … untuk belanja di JD.id kamu hanya tinggal pilih-pilih produk di aplikasi JD.id kemudian cek out dan lakukan pembayaran selanjutnya tinggal tunggu barang pesananmu datang.

Sayangnya kekeliruan saat belanja online tidak bisa dihindari termasuk pada e-commerce JD.id seperti rusaknya barang saat diterima pembeli, salah varian warna / size yang mengakibatkan konsumen tidak puas, namun kamu tidak perlu khawatir JD.id memfasilitasi konsumen yang berniat untuk merefund barangnya asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku serta dengan alasan / keterangan yang jelas.

Sebelum merefund barang dari JD.id sebagai konsumen harus mengetahui terlebih dahulu kebijakan pengembalian barang yang berlaku di JD.id yakni.

  1. Barang yang kamu terima terdapat cacat produksi sebelum digunakan.
  2. Segel barang belum dibuka / garansi belum dipakai saat kamu menerima barang belanjaan dari JD.id
  3. Adanya kesalahan dalam proses logistic oleh penjual.
  4. Tidak jadi membeli / ingin mengembalikan tanpa adanya alasan cacat produk, untuk hal ini kamu akan dikenakan biaya pengiriman sendiri.

Pengembalian barang di JD.id memiliki dua pilihan yakni Refund & Exchange diganti dengan uang atau ganti dengan produk serupa dengan varian warna/ size yang berbeda.

Itulah ketentuan pengajuan pengembalian dana JD.id yang harus dipamahi oleh konsumen, selanjutnya ketahui proses refund pada JD.id yakni:

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk refund barang dari JD.DI adalah sebagai berikut:

1). Login akun JD.id yang kamu miliki.

2). Pilih menu Layanan Purna Jual.

3). Silahkan pilih produk / barang yang ingin kamu refund dengan klik Evaluasi.

4). Liat detail produk yang ingin kamu refund jika sudah yakin silahkan pilih opsi Proses.

5). Pilih satu diantara tiga kategori perbaikan.

Perbaiki

Untuk opsi Perbaiki artinya kamu hanya ingin barang yang dibeli dari JD.id mendapat perbaikan. Jika memilih opsi ini silahkan bawa produk langsung ke Service Centre resmi dari produk yang kamu beli di JD.id

Pengembalian Dana

Jika pilihan kamu Pengembalian Dana waktu yang dibutuhkan kurang lebih 3 hari kerja sejak barang return yang diterima oleh pihak penjual JD.id itupun jika barang yang dikembalikan masuk kategori sah dalam artinya barang sama sekali belum kamu pakai dan kerusakan / kesalahan yang terdapat pada barang murni bukan dari konsumen.

Setelah pengajuan pengembalian dana disetujui kamu harus kembali menunggu hingga dana / uang diterima, adapun jangka waktu pengembalian Dana refund dari JD.id berdasarkan tipe pembayaran yang berbeda adalah sebagai berikut:

  • Kartu Kredit estimasi pengembalian dana 7 s/d 14 hari kerja.
  • Bank Transfer estimasi pengembalian dana 3 s/d 5 hari kerja.
  • COD estimasi pengembalian dana 3 s/d 5 hari kerja.
  • Debit Online estimasi pengembalian dana 7 s/d 14 hari kerja.
    Keterangan : Apabila ingin dana refund masuk rekening pribadi kamu sebagai konsumen silahkan informasikan detail rekening pada pihak customer service JD.id pada nomor 1500 618 | untuk pengguna kartu XL bisa hubungi nomor 021 1500 618 atau cs pada aplikasi JD.id
  • Tukar Barang (tukar barang serupa dengan varian berbeda, misalnya ganti warna / size).

6). Pada kolom Deskripsi Masalah silahkan tulis keterangan terkait barang yang ingin direfund secara jelas dengan disertai foto produk yang keliru (misalnya terdapat cacat atau salah warna dengan yang dipesan) agar memperkuat pengajuan refund kamu.

7). Pilih alamat pengiriman sesuai informasi dari pihak JD.id & isi form selanjutnya secara lengkap.

8). Jika sudah selesai klik opsi Kirim, maka pengajuan kamu telah terkirim ke pihak JD.id

9). Yang terakhir pastinya kamu harus mengemas & mengirimkan barang yang ingin di refund ke alamat JD.id yang diketahui pada form pengajuan refund.

Itulah cara refund e-commerce JD.id semoga informasi ini bisa bermanfaat & jangan lupa pastikan setiap belanja online selalu baca keterangan / deskripsi produk, budayakan membaca sampai tuntas dan jadilah konsumen cerdas.