Cara Mengajukan Pengembalian Barang (Refund) di Blibli

Belanja online tapi produk yang datang tidak sesuai ekspektasi? Jangan langsung naik pitam! Tenang kamu bisa mengajukan pengembalian barang asalkan masuk kategori sah / memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku pada aplikasi marketplace yang kamu gunakan.

Belanja online atau online shopp memang hal yang tidak bisa dihindari di zaman yang serba modern ini, ingin ini itu tidak perlu repot berkendara ke luar rumah hanya bermodalkan HP … ceklis ini ceklis itu barang yang kamu inginkan bisa langsung datang depan mata.

Memang banyak keuntungan jika kita belanja online bukan sekadar irit waktu tapi juga irit ongkos, ditambah lagi pada hampir semua marketplace memiliki voucher gratis ongkir yang mana hal tersebut menjadi daya tarik yang besar bagi konsumen.

Dengan belanja online kita juga bisa mempertimbangkan produk sebelum masuk keranjang lewat review konsumen lain, ini sangat penting jangan lewatkan melihat review barang yang ingin kamu beli di marketplace untuk menghindari rasa kecewa jika produk yang kamu terima tidak sesuai ekspektasi.

Namanya juga belanja online kita hanya tinggal klik lalu tunggu barang datang tanpa melihat langsung proses pengemasannya maka bisa jadi terdapat kekeliruan oleh pihak penjual kerana itu setiap marketplace menyediakan layanan pengembalian barang / refund.

Nah, kali ini kami akan share sama kamu yang hobi online shopp bagaimana cara mengajukan refund di Blibli.com. Di bawah ini cara mengajukan refund di Blibli dengan menggunakan aplikasi Blibli.com pada smartphone:

1). Login akun Blibli yang kamu miliki

2). Masuk menu Profile kemudian pilih opsi Pengembalian lalu Ajukan Pengembalian Produk.

3). Kamu akan diarahkan ke tab Pesanan Selesai silahkan klik produk yang ingin kamu refund / kembalikan selanjutnya pilih opsi Pengembalian Produk.

4). Akan muncul formulir pengembalian produk yang harus kamu isi, silahkan isi sesuai fakta produk yang kamu terima misalkan; barang yang diterima salah size / warna; barang yang diterima terdapat cacat; barang yang diterima bukan barang yang dipesan dsb.,

5). Untuk memperkuat permohonan kamu silahkan upload bukti foto produk yang tidak sesuai pesanan maksimal 3 foto.

6). Pada keterangan tambahan silahkan tuliskan keluhan kamu terhadap barang yang diterima secara jelas & singkron dengan foto yang kamu lampirkan.

7). Centang syarat dan ketentuan pengembalian jika kamu setuju.

8). Klik pada tulisan Konfirmasi Pengajuan.
Keterangan: Terdapat dua opsi untuk permohonan refund yang dilakukan di Blibli yakni pengembalian dana atau self replacement (tukar produk yang sama dengan varian (size/warna yang berbeda).

9). Jika proses pengisian permohonan pengembalian barang sudah berhasil maka akan muncul informasi nomor laporan atas pengajuan kamu, silahkan unduh jika diperlukan dengan klik pilihan Cetak Label Pengiriman Produk disini.

10). Selanjutnya silahkan kemas kembali produk / barang yang hendak kamu kembalikan serapi mungkin.

11). Lengkapi dengan alamat penerima return yakni Warehouse Blibli.com sesuai alamat Blibli yang muncul pada formulir yang selesai kamu isi.

12). Kemudian kirimkan paket produk melalui distribusi yang sudah bekerja sama dengan Blibli.com.

Sebagai informasi Blibli.com memiliki 7 warehouse yang menerima return dari konsumen yakni:

PT. Global Digital Niaga
Up: Return Management
Jl. Dewi Sartika No. 184, Kramat Jati – Cawang, Jakarta Timur 13630
No. Pengembalian : Isi dengan nomor pengembalian yang tertera pada formulir
pengajuan refund yang sudah diisi.
No. Handphone : Isi dengan nomor handphone yang kamu gunakan.

PT. Global Digital Niaga
Up: Return Management
Jl. Berbek Industri I Kav. 5-19, Desa Berbek, Kec. Waru – Sidoarjo
Jawa Timur 61256
No. Pengembalian : Isi dengan nomor pengembalian yang tertera pada formulir
pengajuan refund yang sudah diisi.
No. Handphone : Isi dengan nomor handphone yang kamu gunakan.

PT. Global Digital Niaga
Up: Return Management
Kawasan MMTC WareHouse Blok I Jalan Pasar V Barat
Kenangan Baru – Percut Sei Tuan
Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara, 20374
No. Pengembalian : Isi dengan nomor pengembalian yang tertera pada formulir
pengajuan refund yang sudah diisi.
No. Handphone : Isi dengan nomor handphone yang kamu gunakan.

PT. Global Digital Niaga
Up: Return Management
Jl. Gunung Gallunggung No. 5 Denpasar Utara – Ubung Kaja,
Kec. Denpasar – Bali, 80116
No. Pengembalian : Isi dengan nomor pengembalian yang tertera pada formulir
pengajuan refund yang sudah diisi.
No. Handphone: Isi dengan nomor handphone yang kamu gunakan.

PT. Global Digital Niaga
Up: Return Management
Jl. Ketileng Raya No. 28 (Gerbang sebelah kanan Alfamidi Katileng)
Sendangmulyo – Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50272
No. Pengembalian : Isi dengan nomor pengembalian yang tertera pada formulir
pengajuan refund yang sudah diisi.
No. Handphone : Isi dengan nomor handphone yang kamu gunakan.

PT. Global Digital Niaga
Up: Return Management
Jl. Ibrahim Adjie No. 338, Kel. Binong, Kec. Batununggal
Kota Bandung, 40275
No. Pengembalian : Isi dengan nomor pengembalian yang tertera pada formulir
pengajuan refund yang sudah diisi.
No. Handphone : Isi dengan nomor handphone yang kamu gunakan.

PT. Global Digital Niaga
Up: Return Management
Jl. Kebon Agung No. 127, Kel. Sendangadi, Kec. Mlati
Keb. Sleman, DI Yogyakarta, 55285
No. Pengembalian : Isi dengan nomor pengembalian yang tertera pada formulir
pengajuan refund yang sudah diisi.
No. Handphone : Isi dengan nomor handphone yang kamu gunakan.

Setelah produk yang kamu refund telah dikirim kamu akan mendapatkan informasi berupa sulosi atas pengajuan permohonan refund dari pihak Blibli.com

Itulah cara pengajuan pengembalian barang pada e-commarce Blibli.com yang bisa kamu lakukan jika barang yang diterima tidak sesuai pesanan.

Sekian dari kami semoga apa yang dishare bisa bermanfaat, happy shopping …