Cara Membuat Akun Google Classroom dengan Mudah dan Cepat

Google Classroom adalah platform pembelajaran campuran yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah yang bertujuan membantu semua ruang lingkup pendidikan, seperti membantu siswa untuk menemukan atau mengatasi kesulitan pembelajaran, membantu guru membagikan materi pelajaran dan membuat tugas, dan lainnya.

Google Classroom ini sangat memudahkan siswa dan guru agar dapat saling terhubung, baik di dalam maupun di luar kelas.

Google Classroom menggabungkan Google Drive untuk pembuatan dan distribusi penugasan, Google Docs, Sheets, Slides untuk penulisan, Gmail untuk komunikasi, dan Google Calendar untuk penjadwalan.

Melalui Google Classroom siswa dapat diajak untuk masuk kelas melalui database institusi, melalui kode pribadi, atau secara otomatis diimpor dari domain sekolah.

Dimana setiap kelas membuat folder terpisah di Drive pengguna masing-masing, yang memungkinkan siswa mengirimkan tugas untuk dinilai oleh guru.

Guru dapat memantau kemajuan setiap siswa, kemudian melakukan penilaian, dengan disertai komentar agar siswa melakukan revisi dan memperbaiki tugas yang diberikan.

Guru juga dapat membagikan pengumuman ke ruang kelas. Dan semua layanan tersebut dapat Anda akses hanya dengan koneksi internet saja.

Ada beberapa fungsi dan keunggulan yang bisa didapatkan dari Google Classroom dalam pemanfaatannya sebagai Learning Management System (LMS), antara lain:

  • Proses setting pembuatan kelas yang cepat dan nyaman
  • Hemat dan efisiensi waktu
  • Hemat dan efisiensi waktu
  • Penyimpanan data yang terpusat
  • Fasilitator atau guru online dan pelatih memiliki kemampuan untuk berbagi informasi dan sumber daya online dengan peserta mereka secara langsung langsung.

Cara Membuat Akun Google Classroom

Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan guru untuk memulai pembelajaran menggunakan Google Classroom adalah sebagai berikut :

Buka Google Classroom

1). Buka link berikut https://classroom.google.com

2). Login menggunakan username dan password akun Google pribadi atau akun Google Suite For Education Sekolah/lembaga.

3). Jika sudah berhasil login, lalu pilih I’m a Teacher.

Buat Kelas

Kelas dapat dibuat oleh semua akun Google pribadi maupun akun Google Suite for Education, asalkan Anda sudah berusia di atas 13 tahun. Berikut langkah-langkah untuk membuat kelas:

1). Untuk membuat kelas silakan klik tanda + pada bagian pojok kanan atas, lalu create class.

2). Masukkan nama kelas yang akan Anda buat, lalu pilih create.

Menambahkan Siswa

1). Untuk menambahkan siswa, silahkan pilih student.

2). Terdapat dua pilihan cara menambahkan siswa, antara lain sebagai berikut:

  • Mengunakan Kode kelas
    Untuk menambahkan siswa menggunakan kode kelas ini, maka kode kelas tersebut harus diberikan pada siswa agar dimasukkan sendiri oleh mereka saat membuka dasbord google Classroom sehingga tergabung dengan kelas yang Anda ciptakan sebelumnya.
  • Menggunakan Undangan (Invite Student)
    Adapun untuk menambahkan siswa menggunakan undangan (Invite Student) ini sebelumnya Anda harus memiliki nama akun atau email siswa untuk ditambahkan satu persatu pada daftar undangan, selanjutnya siswa akan mendapatkan pemberitahuan bahwa telah diundang untuk bergabung pada kelas yang muncul pada dasbord Google Classroom maupun pada email masing-masing. Siswa yang sudah masuk ke kelas, akan mucul daftar nama siswa pada tab Student Google Classroom yang telah dibuat.

Membuat Konten Pada Google Classroom

Untuk membuat Konten pada google Classroom, pilih dan klik stream dan pada bagia pojok kiri bawah arahkan kursor pada tanda ‘+’ sehingga muncul berbagai pilihan aktivitas yang bisa dilakukan, seperti berikut:

a). Membuat Pengumuman (Create Anouncement)

Untuk membuat pengumuman atau sekedar berinteraksi dengan siswa, Anda dapat mengetik pesan pada menu create announcement.

b). Membuat Tugas (Create Assignment)

Untuk membuat tugas, Anda sebelumnya harus mempersiapkan file berupa gambar, dokumen, video dan lainnya yang berisi instruksi tentang apa yang harus dilakukan oleh siswa.

Begitupula yang perlu dilakukan siswa, tugas yang dikerjakan oleh mereka harus dilampirkan pada menu Assigment ini.

Selanjutnya progress tentang pengerjaan tugas yang telah dikakukan siswa juga dapat dilihat oleh guru pada dashboard. Berikut langkah-langkah untuk membuat tugas kelas:

  1. Untuk Membuat Tugas Kelas, silakan klik Classwork.
  2. Klik Create, Pilih jenis tugas yang akan dibuat
  3. Selanjutnya klik Assignment, lalu klik Title, selanjutnya masukkan detail Judul Tugas.
  4. Klik Instruction, lalu masukkan informasi tentang tugas maupun instruksi.
  5. Klik Add, untuk menambahkan materi pelajaran yang disiapkan atau pilih Create jika baru ingin membuatnya.
  6. Selanjutnya di Jendela kanan atas, Atur Points, Tenggat Waktu, Topik, dan Rubrik.

c). Membuat Pertanyaan (Create Question)

Untuk membuat pertanyaan, pilih create question. Untuk pertanyaan ini terdapat dua jenis pilihan soal yaitu soal essay dengan jawaban singkat (short answer) dan soal pilihan ganda (multiple choice).

Progress pengerjaan soal juga dapat dipantau, untuk mengetahui siapa saja yang sudah mengerjakan dan siapa saja yang belum mengerjakannya. Setelah tugas masuk, Anda dapat melakukan koreksi dan memberikan skor atas soal yang telah dijawab.

d). Menggunakan Kembali Aktivitas (Reuse Post)

Reuse Post ini dapat menggunakan kembali aktivitas pembelajaran seperti menyampaikan pengumuman, membuat tugas dan membuat pertanyaan di Google Classroom dari satu kelas ke kelas lainnya.

Demikian artikel mengenai Cara Membuat Akun Google Classroom. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.