Cara Melindungi Data Pribadi di Internet

Sudah bukan rahasia lagi kalau penjahat siber bisa mengintip data pribadi pengguna internet apalagi yang dibagikan ke media sosial.

Karena itu, para pengguna internet disarankan untuk membagikan sesedikit mungkin data pribadi mereka di internet.

Hal itu untuk melindungi data Anda dan menghindari kejahatan phising yang akan menimpa Anda.

Perusahaan keamanan siber, Kaspersky menyebut, memberikan terlalu banyak informasi di media sosial bisa memudahkan penjahat siber untuk mengumpulkan informasi tentang seseorang.

Menjaga data pribadi Anda tetap aman bisa dilakukan dengan beberapa cara, yakni:

1. Jangan publikasikan rencana perjalanan yang akan datang. Itu karena hal ini bisa memberitahu orang-orang bahwa Anda akan berada jauh dari rumah.

2. Jangan bagikan informasi seperti tanggal lahir atau tempat kerja di media sosial. Hindari juga untuk mengunggah alamat rumah atau nomor telepon di forum publik mana pun.

3. Periksa apakah medsos yang kamu pakai menambah data lokasi pada unggahan. Jika iya, matikan pengaturan ini. Pada dasarnya, membagikan lokasi secara publik merupakan hal yang tidak perlu.

4. Jangan ikuti kuis trivia yang sering beredar di media sosial. Pasalnya sering kali dapat menanyakan pertanyaan seperti hewan peliharaan favorit atau nama sekolah Anda.

Padahal, jenis pertanyaan ini seringkali digunakan sebagai pertanyaan keamanan, jadi kalau Anda menjawabnya, artinya Anda membuka akses peretas untuk membobol akun Anda.

5. Hati-hati juga dengan hadiah, giveaway, dan kontes. Meski banyak yang sah, beberapa merupakan penipuan terselubung.

Dengan membagikannya ke media sosial, kamu bisa menyebarkan malware tanpa disadari, atau menjebak orang memberikan data sensitif mereka.

– Pastikan Anda memiliki kode sandi atau password yang tidak mudah ditebak untuk mengakses ponsel kamu.

– Pastikan untuk selalu mengunduh aplikasi atau gim hanya dari toko aplikasi yang sah.

– Jangan melakukan jailbreak atau root perangkat kamu. Hal tersebut memberi peretas cara untuk menimpa pengaturan kamu dan menginstal perangkat lunak berbahaya milik mereka.

– Pertimbangkan download aplikasi yang bisa menghapus semua data ponsel dari jarak jauh jika ponsel dicuri. Dengan begitu, kamu bisa menghapus informasi pribadi dengan mudah.

– Selalu update software apa pun, dan hati-hati ketika mengklik tautan online.

– Pasang solusi gabungan produk keamanan untuk meminimalkan ancaman dan menjaga data tetap aman saat online. (*)