Cara Isi Saldo e-Toll dengan Menggunakan Fitur NFC Smartphone

Di Indonesia, cashless society yang secara khusus menyasar masyarakat yang melakukan transaksi nontunai sudah banyak digunakan. Salah satunya adalah uang elektronik berupa kartu fisik dengan cip yang ditanamkan di dalamnya.

Kartu uang elektronik banyak digunakan untuk transaksi di angkutan umum. Misalnya, pembayaran jalan tol, MRT, bus dan tol elektronik (e-toll). Salah satu kekurangan dari kartu uang elektronik ini adalah membutuhkan perangkat lain untuk memberikan informasi saldo.

Hal ini biasanya menjadi masalah bagi pengguna, terutama mereka yang kerap berjalan – jalan di sekitar pintu tol atau angkutan umum lainnya. Namun sekarang ini, apakah Anda perlu pergi ke dan dari mesin ATM atau minimarket untuk memeriksa dan menambah saldo uang elektronik Anda?

Jawabannya tentu tidak, karena banyak cara untuk mengecek saldo dan mengisi ulang dengan lebih praktis, yaitu melalui aplikasi di smartphone kamu. Syaratnya, ponsel yang terlibat harus memiliki near field communication alias NFC dan harus berbasis Android.

Fitur NFC di Android

Ponsel dengan kemampuan Komunikasi Nirkabel Jarak Dekat (NFC) tidak sepopuler Bluetooth atau koneksi nirkabel jarak pendek lainnya. Namun NFC dibutuhkan di awal, seperti pertukaran file antar ponsel, transaksi non tunai (seperti uang elektronik atau metode top up tagihan telepon elektronik).

Namun, belum semua smartphone dengan kemampuan NFC. Khususnya smartphone keluaran tahun lama yang belum memiliki fitur ini. Ada banyak fungsi NFC di ponsel ini, dengan kisaran harga Rp5 jutaan.

Umumnya ponsel dengan fungsi ini memang merupakan produk kelas atas. Namun, ada juga beberapa pemasok HP yang menawarkan fitur dengan harga Rp2 jutaan.

Cara Menggunakan NFC untuk Beberapa Bank

Fungsi NFC ini bisa Anda gunakan untuk top up uang elektronik melalui beberapa aplikasi penyedia kartu uang elektronik. Untuk Mandiri e-money, Anda dapat mengunjungi Mandiri online.

Kartu BNI dapat menggunakan BNI Tap Cash Go, untuk Flazz BCA dapat mengakses BCA Mobile. BRI Brizzi pada saat yang sama dapat menggunakan BRI Mobile.

1. Mandiri e-money

Pengguna Mandiri e-money dapat mendownload aplikasi “informasi e-money” dan “Mandiri online”. Perbedaan keduanya adalah “informasi e-money” hanya bisa mengecek sisa saldo, sedangkan “Mandiri Online” bisa diisi ulang sekaligus. Untuk langkah pengisian ulang e-money adalah sebagai berikut:

  • Silahkan login ke Mandiri Online.
  • Pilih “e-money”
  • Lalu pilih “isi ulang e-money”.
  • Hubungkan kartu e-money ke bagian belakang ponsel dan tunggu saldo nominal baru muncul di layar.
  • Cek saldo dapat ditemukan di menu yang sama.

Pengguna Mandiri e-money juga dapat mengisi ulang pulsa di aplikasi Bukalapak. Isi ulang bisa dilakukan dengan membuka menu “More”, lalu scroll ke bawah hingga menemukan menu “Mandiri Electronic Currency Recharge”.

Tak ketinggalan, isi ulang uang elektronik juga bisa dilakukan melalui aplikasi Tokopedia. Dari menu aplikasi utama, pilih “Isi Ulang dan Penagihan”, lalu “Uang Elektronik”, lalu “Uang Elektronik Mandiri”.

2. BNI Tap Cash

Pemegang kartu BNI Tap Cash dapat mengunduh aplikasi bernama BNI Tap Cash Go. Aplikasi ini hanya bisa mengecek saldo.

Proses pemutakhiran saldo dapat dilakukan, namun pembayaran tetap dapat dilakukan melalui ATM, EDC atau SMS bank.

3. Pengguna Flazz BCA

Flazz BCA dapat mengunduh aplikasi BCA Mobile untuk mengecek saldo. Tidak dapat menyelesaikan top-up melalui aplikasi ini.

Untuk mengecek saldo Flazz Anda melalui BCA Mobile, pilih “Info Saldo Flazz” dari menu utama dan tempelkan kartu di bagian belakang ponsel Anda. Pengisian ulang Flazz dilakukan melalui ATM, pusat isi ulang Flazz, EDC dan toko pihak ketiga.

4. BRI Brizzi

Pengguna BRI Brizzi dapat mendownload aplikasi cek saldo uang elektronik bernama BRI Mobile. Untuk memeriksa saldo, Anda bisa ikuti langkah berikut:

  • Pilih menu “Brizzi” dari menu utama aplikasi
  • Lalu pilih “Info Saldo”

Selain memeriksa jumlah yang tersisa, pengguna juga dapat mengisi ulang dengan langkah sebagai berikut:

  • Dari menu utama BR I Mobile, pilih “Perbankan Online”
  • Lalu “Beli”
  • Pilih “Isi Ulang Brizzi Online”
  • Masukkan nomor kartu dan saldo nominal
  • Konfirmasi dan tempelkan kartu Brizzi di bagian belakang smartphone

Layaknya Mandiri E-Money, isi ulang Brizzi juga bisa dilakukan dengan cara serupa melalui aplikasi Tokopedia. Dari menu aplikasi utama, pilih “Isi Ulang dan Penagihan”, lalu “Uang Elektronik”, lalu “BRI Brizzi”.

5. Saldo Uang Elektronik

Jika Anda memiliki beberapa kartu elektronik, dan Anda tidak ingin mengunduh setiap aplikasi seluler dari bank, Anda dapat memilih aplikasi alternatif. Yaitu saldo kartu uang elektronik.

Anda bisa langsung mengecek saldo uang elektronik dari bank-bank tersebut di atas melalui saldo kartu uang elektronik. Triknya adalah dengan membuka aplikasi dan menghubungkan kartu ke bagian belakang ponsel. Namun, sayangnya aplikasi ini tidak dapat mengisi kembali saldo tersebut.

Cara Mengisi Ulang Uang Elektronik Menggunakan Fungsi NFC Smartphone

Berikut di bawah ini cara mudah mengisi ulang uang elektronik menggunakan fungsi NFC smartphone, antara lain sebagai berikut.

1. Samsung

Ada juga beberapa ponsel dengan fungsi NFC yang mampu diberikan oleh smartphone Samsung andalan Anda. Sebelumnya, hanya pengguna seri Samsung Galaxy S atau seri Galaxy Note atau bahkan Samsung Galaxy A dengan harga 9 juta rupiah saja yang bisa menggunakan fungsi NFC ini.

Samsung Galaxy J3 Pro-Rp 1,6 jutaan adalah salah satu tipe smarphone dari Samsung yang sudah memiliki fitur NFC. Lainnya sebagai berikut:

  • Samsung Galaxy A9 Rp8 jutaan
  • Jenis Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus Rp11-14 jutaan
  • Samsung Galaxy Note 9 Rp13 jutaan
  • Samsung Galaxy S10e, S10 dan S10 plus Rp 24 jutaan

Namun, dengan munculnya Galaxy J30 Pro, Samsung juga dapat menyediakan ponsel berkemampuan NFC yang terjangkau untuk membantu Anda mengisi ulang uang elektronik dengan lebih mudah.

2. Huawei

Huawei adalah smartphone dengan fungsi NFC yang diharapkan bisa menjadi “HP masa depan”. Adakah fitur Huawei yang hadir dengan kamera Leica dengan resolusi megapiksel luar biasa: hingga 40 megapiksel.

Jika Anda mencari ponsel dengan kinerja luar biasa dan efek visual luar biasa, dan Anda dapat menggunakan fungsi NFC untuk menempelkan smartphone untuk membantu pembayaran Anda. Adapun beberapa tipe Huawei yang sudah memiliki fitur NFC adalah sebagai berikut:

  • Huawei P20 Pro-Rp 12 jutaan
  • Huawei Mate 20 series-Rp 9-12 jutaan
  • Huawei P30 dan P30 Pro-Rp 9-12 jutaan

3. Oppo

Jika Anda ingin menikmati fungsi NFC, tetapi juga ingin memiliki ponsel berkualitas tinggi yang memenuhi berbagai kebutuhan. Seperti kebutuhan kamera berkualitas tinggi, performa game luar biasa dan sederet lainnya, Anda dapat memilih dua ponsel dengan fungsi NFC dari Oppo. Seperti Oppo R17 Pro-Rp.9,9 juta, Oppo Reno Standard Edition dan 10x Optical Zoom Edition-Rp 13 jutaan.

Demikian ulasan kami mengenai pengisian e-toll menggunakan smartphone dengan fungsi NFC. Semoga ulasan kami membantu dan menambah wawasan baru bagi Anda. Terimakasih sudah singgah.