Cara Install Ulang HP Android Semua Merk dengan Mudah dan Cepat

Handphone menjadi perangkat yang sangat penting dan dipakai oleh hampir semua orang, dari berbagai kalangan. Perkembangan teknologi mengaharuskan setiap orang mau tidak mau harus mengikuti lajunya, tujuannya tentu agar dapat mengikuti perkembangan informasi dan sistem penting lainnya yang akan menunjang segala aktivitas.

Fungsi utama dari handphone adalah sebagai alat komunikasi melalui suara dan pesan singkat (SMS). Selanjutnya handphone berfungsi untuk menangkap siaran radio, televisi. Juga dilengkapi dengan fungsi audio, kamera, video, game, serta layanan internet.

Kini handphone bahkan memiliki fungsi yang hampir sama dengan perangkat komputer, bahkan telah didukung oleh fitur kamera layaknya perangkat kamera profesional.

Namun pada intinya handphone merupakan sebuah alat telekomunikasi sehingga fungsi utamaya adalah untuk berkomunikasi baik melalui suara, pesan singkat, maupun melalui panggilan video.

Alasan Kenapa Anda Perlu Install Ulang HP

Namun dengan berbagai fitur yang canggih tersebut, tak jarang perangkat ini juga mengalami beberapa kendala, seperti misalnya kinerja ponsel yang menurun. Hal tersebut biasanya dapat diatasi dengan cara melakukan instal ulang pada perangkat.

Selain karena kinerja ponsel yang menurun atau menjadi lebih lambat dari biasanya, juga terdapat alasan lainnya kenapa Anda perlu melakukan instal ulang handphone yang Anda gunakan, berikut diantaranya:

  • Terdapat Bug sistem yang mengganggu dan menimbulkan masalah baru, seperti hp mati sendiri atau hal lainnya.
  • Smartphone yang Anda pakai akan dijual. Dengan cara menginstal ulang, akan sangat memudahkan Anda untuk membersihkan semua data dan cache di ponsel Android tersebut.
  • Upgrade OS Android ke versi terbaru agar dapat menikmati berbagai fitur yang ter-update

Cara Install Ulang HP

Untuk mengatasi masalah hp yang kinerjanya menurun, adanya bug sitem, atau untuk melakukan upgrade OS, dan memudahkan Anda dalam membersihkan semua data dan cache yang ada di ponsel yang Anda gunakan, terdapat beberapa metode untuk instal ulang perangkat tersebut.

Metode itu meliputi Factory Reset, Flash Ulang, dan Instal Custom ROM. Untuk mengetahui cara instal ulang HP, kami akan memberikan informasi langkah langkah yang perlu Anda lakukan untuk menginstal ulang HP.

Cara instal ulang HP yang kami bagikan disini berlaku untuk semua merk smartphone dengan OS Android, berikut caranya:

1. Reset Ulang

Dengan melakukan reset ulang, Anda bisa mengatur ulang sistem yang ada pada hp Android seperti baru lagi. Langkah ini juga akan menghapus semua data yang ada di internal sistem Android sekaligus mengembalikan sistem ke pengaturan pabrikan (Default System), maka sebaiknya sebelum melakukan reset ulang ini, pastikan Anda telah mencadangkan data yang dirasa penting pada tempat penyimpanan eksternal, seperti MicroSD.

Pasalnya semua data yang ada diperangkat akan dihapus secara otomatis dan pastinya data yang terhapus tidak bisa dikembalikan lagi.

Setelah menginstal ulang hp dengan cara reset ulang ini biasanya perangkat akan memiliki kinerja dan peforma seperti saat pertama Anda membelinya.

Berikut langkah-langkah untuk melakukan reset ulang (factory reset) :

  1. Buka menu Pengaturan (Settings).
  2. Selanjutnya buka tab Cadangkan dan Reset, lalu pilih Reset data pabrik (Reset semua pengaturan dan hapus semua data pada perangkat).
  3. Kemudian pilih tombol Reset perangkat.

2. Flash Ulang

Dengan melakukan flash ulang hp Android, memungkinkan Anda untuk upgrade sistem operasi pada perangkat ke versi yang paling terbaru.

Anda bisa melakukan flash ulang dengan aplikasi pihak ketiga dan komputer, metode ini dapat mengembalikan kondisi sistem hp menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Hal ini pula yang biasanya dipakai oleh para teknisi hp untuk memperbaiki kerusakan pada sistem hp. Berikut langkah-langkah untuk melakukan flash ulang :

  1. Cari Firmware berdasarkan spesifikasi hp yang Anda gunakan, Anda dapat mencarinya baik secara online, kemudian simpan ke MicroSD.
  2. Lalu akses Recovery Mode dengan cara menekan dan menahan tombol Power + volume bawah.
  3. Pada Recovery Mode tersebut, silakan lakukan Wipe Data, Wipe Dalvik Cache, dan Wipe Partition.
  4. Kemudian Apply update from Sdcard, kemudian pilih file Firmware yang sebelumnya sudah disimpan di MicroSD. Agar lebih mudah, gunakan tombol Home untuk aksesbilitasnya.
  5. Proses instalasi akan berjalan, dan tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.
  6. Lalu pilih Reboot Now agar ponsel booting, proses flash ulang sudah berhasil dilakukan. Metode di atas ini tidak memakai bantuan aplikasi dan komputer, sehingga sangat mudah untuk Anda ikuti. Metode flash ulang ini biasanya sering dipakai untuk mengatasi hp Android bootloop, hardbrick, dan masalah sistem smartphone lainnya.

3. Custom ROM

Custom ROM adalah sebuah ROM yang telah di modifikasi. Secara lengkapnya, Custom ROM merupakan tindakan atau keputusan yang di buat oleh User Smartphone Android untuk berganti dari Stock ROM OEM ke jenis ROM yang lain secara Custom.

Memasang Custom ROM di Android tentu saja harus di lakukan dengan benar, karena terdapat resiko yang harus dihadapi jika tidak dilakukan dengan benar. Pasalnya memasang Custom ROM memerlukan beberapa persyaratan utama yang sifatnya mutlak dan juga penting.

Cara yang paling sering digunakan untuk Custom ROM itu sendiri adalah dengan cara menggunakan Metode Flash via Custom Recovery, dalam hal ini kami hanya akan menitik beratkan masalah pemasangan Custom ROM tersebut dengan cara menggunakan Media Custom Recovery dari TWRP.

Meski demikian pemasangan Custom ROM ini masih bisa di lakukan dengan jenis Custom Recovery lainnya.

Berikut langkah-langkah Custom ROM dengan TWRP:

a). Pastikan Anda sudah mengunduh Custom ROM yang akan digunakan, dan letakan Custom ROM tersebut pada Internal Storage.

b). Kemudian masuk ke dalam Mode TWRP.

c). Pilih Opsi Install.

d). Cari Custom ROM, lalu Konfirmasi Instalasi.

e). Tunggu hingga proses selesai. Agar bisa berjalan dengan lancar, pilih Opsi Wipe pada TWRP, langkah ini akan melakukan Full Wipe pada System Custom ROM yang telah diinstal, agar bisa berjalan tanpa adanya gangguan dari jejak Stock ROM yang Anda gunakan sebelumnya.

f). Silakan lakukan Reboot to System dengan memilih Opsi Reboot pada Menu TWRP.

g). Booting ini akan memakan waktu yang lama, bisa sampai 20 menit atau bahkan lebih.

h). Setelah prosesnya selesai, Anda sudah bisa menikmati Custom ROM baru.

Demikian artikel mengenai Cara Install Ulang HP. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.