Cara Instal Windows 7 dengan Mudah dan Cepat

Windows 7 merupakan salah satu Operating System (OS) yang banyak digunakan untuk perangkat komputer baik pada PC maupun laptop. Dan Windows 7 menjadi sistem operasi Windows yang mungkin paling mudah untuk diinstal.

OS Windows 7 ini sendiri mulai dirilis pada 22 Juli 2009 dan baru di publikasikan tiga bulan setelahnya yaitu pada tanggal 22 Oktober 2009. Windows 7 ini merupakan OS yang dirilis setelah Windows Vista yang mengalami banyak kegagalan.

Berbeda dengan Windows Vista, Windows 7 berfokus pada pengembangan dasar dalam penggunaan Windows-nya. Windows 7 didesain agar compatible dengan berbagai aplikasi dan juga hardware pada komputer sehingga para pengguna OS lawas seperti Windows XP dapat bermigrasi dengan mudah.

Spesifikasi Minimum Windows 7

Sebelum mulai menginstal Windows 7 tentunya Anda perlu mengetahui spesifikasi minimum yang harus dimiliki oleh hardware pada komputer Anda.

Windows 7 ini terdiri dari dua jenis, yakni Windows 7 32 bit dan Windows 7 64 bit. Dimana keduanya mempunyai spesifikasi minimum yang berbeda.

Spesifikasi Minimum Windows 7 32 bit

Berikut spesifikasi minimum untuk Windows 7 32 bit:

1). Prosesor yang digunakan minimal Pentium 4 dan mempunyai kecepatan 1 GHz atau lebih besar lagi.

2). RAM yang digunakan juga minimal harus 1 GB atau lebih.

3). Kapasitas hard disk yang diperlukan untuk menginstal Windows 7 32 bit ini minimal harus 16 GB atau lebih.

4). VGA minum mempunyai kapasitas 128 MB dan mendukung DirectX 9.

Spesifikasi Minimum Windows 7 64 bit

Spesifikasi minimum untuk komputer yang dapat diinstal dengan Windows 7 64 bit sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan 32 bit, yaitu sebagai berikut:

1). Prosesor minimal Pentium 4 atau lebih dengan kecepatan 1 GHz.

2). RAM yang dibutuhkan minimal 2 GB.

3). Kapasitas hard disk untuk Windows 64 bit minimal harus 20 GB.

4). Kapasitas VGA minimal 128 MB dan mendukung DirectX 9.

Anda bisa saja menginstal Windows 7 pada komputer dengan spesifikasi yang lebih rendah, dengan resiko yang juga harus Anda tanggung.

Pasalnya jika spesifikasi komputer lebih rendah mesin akan cepat panas yang akan membuat hardware dalam komputer cepat rusak.

Selain itu, Windows 7 yang diinstal pada komputer dengan spesifikasi lebih rendah akan membuat perangkat bekerja dengan sangat lamban.

Cara Instal Windows 7

Windows 7 mempunyai 6 macam versi yakni Profesional, Ultimate, Home Premium, Enterprise, Home Basic, dan Starter. Semua versi tersebut dapat diinstal dengan cara yang sama.

Untuk memulai proses instalasi windows 7 pada kompter atau laptop, Anda harus mengatur boot awal pada Menu BIOS agar PC dapat membaca DVD Windows 7 atau Flashdisk. Berikut langkah-langkah selengkapnya untuk melakukan instal Windows 7 ini:

1. Siapkan File Instalasi Windows 7

File instalasi Windows 7 ini dapat Anda beli berupa DVD atau Anda juga dapat mengunduh file instalasi Windows 7 secara online, dan memasukannya ke flashdisk via USB.

Lalu masukkan DVD / Flashdisk yang berisikan file instalasi Windows 7 ke PC atau laptop. (Pada tutorial ini, kami akan mencontohkan dengan menggunakan DVD, langkah – langkah yang ditempuh selanjutnya kurang-lebih hampir sama dengan menggunakan Flashdisk)

2. Lakukan Restart

Setelah memasukan DVD tersebut, restart-lah komputer Anda. Jika Anda sudah mengatur komputer agar melakukan booting melalui CD / DVD drive, maka di layar akan muncul perintah “press any key to boot from CD or DVD…” silahkan tekan tombol apapun di keyboard untuk melanjutkan. Setelah itu perangkat akan melakukan loading untuk beberapa saat.

3. Atur Bahasa, Waktu dan Kurs

Setelah loading selesai, selanjutnya akan muncul jendela setting bahasa, waktu, dan metode input keyboard. Pilihlah bahasa yang yang ingin Anda gunakan dan lakukan pengaturan waktu dan kurs menjadi Indonesia. Kemudian klik Next.

4. Mulai Instalasi Windows 7

Setelah Anda melakukan pengaturan Bahasa, Waktu, dan Kurs sesuai dengan yang Anda ingin gunakan. Pada jendela yang ditampilan, klik tombol ‘Install Now’ hingga muncul license term.

Centang pada bagian “accept the license” kemudian klik ‘Next’ untuk melanjutkan proses instalasi Windows 7.

5. Pilih Partisi Hard Disk

Lalu, Anda akan diminta untu memilih partisi tempat file sistem Windows 7 akan diletakkan. Jika partisi belum ada, Anda bisa membuat partisi baru dengan cara klik pada tombol “New Drive” yang ada pada bagian kanan jendela.

Tentukan ukurannya kemudian klik ‘Apply’. Pilih partisi yang sudah Anda buat tersebut kemudian tunggu sampai proses instalasi selesai.

6. Atur Nama Komputer

Setelah proses instalasi selesai maka komputer dengan sendirinya akan melakukan restart beberapa kali. Setelah restart akan muncul jendela set up untuk menyesuaikan setting dalam komputer.

Pada tahap ini Anda perlu mengetik nama pengguna komputer, lalu klik ‘Next’. Setelah itu akan muncul jendela untuk password, silahkan isi sesuai dengan keinginan Anda.

7. Masukkan Product Key

Masukkan nomor seri atau product key. Anda bisa mengisikan nomor seri yang ada dalam CD/DVD drive Windows 7 jika Anda membeli yang asli. Jika Anda mengunduhnya langsung dari Microsoft, maka nomor seri tersebut akan dikirimkan melalui email Anda.

Anda juga bisa langsung mengklik ‘Skip’ jika ingin melakukan aktivasi dengan menggunakan Windows Loader di kemudian waktu. Selanjutnya akan muncul jendela aktivasi dan pilih “Ask Me Later”.

8. Proses Instal Windows 7 telah Selesai

Setelah proses instalasi selesai, maka secara otomatis komputer akan menyajikan tampilan desktop standar dan Anda bisa memulai menggunakan sistem operasi Windows 7 ini. Juga menginstal berbagai aplikasi yang dibutuhkan.

Kelebihan Windows 7

Windows 7 banyak digunakan karena beberapa kelebihannya, dibanding saat Anda memakai OS lainnya. Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, akan membuat Anda ingin cepat beralih atau bahkan mungkin downgrade dari Windows 8. Berikut beberapa kelebihan dari Windows 7, diantaranya:

  • Proses booting dan shut down lebih cepat dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya.
  • Pemakaian daya untuk CPU dan hard disk lebih hemat.
  • Windows 7 sudah mendukung penggunaan layar sentuh (touch screen).
  • Mendukung multi-screen, untuk menghubungkan dengan beberapa layar sekaligus.
  • Fitur device storage yang memudahkan dalam menampilkan berbagai hal yang berhubungan dengan hardware.
  • Mempunyai sistem pencarian data yang mudah dan cepat

Demikian artikel mengenai Cara Instal Windows 7. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.