Cara Instal Ulang iPhone Semua Tipe dengan Mudah dan Cepat

Ada beberapa kondisi yang membuat pengguna smartphone melakukan reset ulang HP, salah satunya karena perangkat smartphone mengalami Bootloop. Bootloop merupakann suatu keadaan dimana smartphone mengalami kerusakan pada software.

Reset HP ini juga bisa Anda gunakan untuk menghapus semua dokumen sebelum menjualnya. Kemudian iPhone yang direset tersebut akan kembali ke pengaturan awal atau ke pengaturan pabrik, sehingga iPhone akan nampak seperti baru.

Karena factory reset itu sendiri memang bertujuan untuk mengembalikan sistem dan software pada kondisi awal, sehingga tidak ada lagi masalah pada sistem maupun software di HP.

Sebelum melakukan reset sebaiknya Anda melakukan backup data-data pada memori eksternal, agar Anda tidak kehilangan data-data penting. Karena data yang sudah terhapus tidak akan dapat dikembalikan lagi.

Berikut metode dan langkah-langkah untuk menginstal ulang iPhone pada hampir semua tipe:

Cara Soft Reset iPhone

Soft reset merupakan kata lain dari restart atau reboot iPhone, sehingga saat melakukan soft reset Anda tidak akan kehilangan semua data yang ada di iPhone.

Langkah ini dapat Anda lakukan untuk memulihkan iPhone yang mengalami hang atau tidak dapat berjalan pada suatu aplikasi (error). Berikut langkah-langkah untuk melakukan soft reset iPhone:

1). Tekan tombol Home dan Sleep di iPhone secara bersamaan, kurang lebih selama 10 detik.

2). Selanjutnya, layar iPhone akan berwarna hitam selama beberapa saat. Lalu lepas tangan Anda dari kedua tombol bila layar sudah berwarna hitam.

3). Setelah beberapa saat, logo Apple akan tampil di layar ponsel iPhone. Hal tersebut merupakan proses restart, selanjutnya biarkan sampai proses restart selesai.

4). Apabila proses restart sudah selesai, silakan jalankan iPhone Anda untuk memastikan soft reset ini berhasil.

Cara Soft Reset iPhone melalui Menu Settings

Anda juga bisa melakukan soft reset melalui Menu Settings. Berikut langkah-langkah Soft Reset iPhone melalui Menu Settings:

1). Masuk ke bagian “Settings’, kemudian pilih “General”.

2). Kemudian pilih “Reset”

3). Lalu, pilih “Reset All Setting”.

4). Setelah itu, kembali pilih “Reset All Settings” yang berwarna merah dan ada di bagian bawah.

Setelah itu, iPhone akan otomatis melakukan pengaturan ulang. Soft reset ini tidak mengubah data dan juga tidak menghapus aplikasi yang terpasang pada iPhone Anda. Hanya sebatas pengaturannya saja yang diatur ulang.

Cara Hard Reset iPhone

Dengan metode hard reset ini Anda akan menghilangkan data-data di iPhone Anda, karena ini merupakan cara untuk membuat tampilan dan pengaturan iPhone kembali ke seperti pertama kali Anda membelinya. Dan dengan hard reset semua data di iPhone akan hilang, mulai dari aplikasi, foto, video, lagu, hingga file-file yang sudah Anda unduh.

Jadi pastikan Anda telah mencadangkan data-data penting terlebih dahulu. Hard reset biasanya dilakukan jika Anda tidak bisa membuka iPhone yang terkunci karena lupa password, atau jika Anda ingin menjual iPhone yang Anda pakai.

Dan pastikan Anda menggunakan cara back up dengan iCloud dan iTunes, karena proses back up data iPhone terbaik hanya dapat mengandalkan dua piranti lunak tersebut. Berikut langkah-langkah untuk Hard Reset pada iPhone.

Hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan Hard Reset pada iPhone:

1). Pastikan Mac atau PC Anda sudah diperbarui. Jika Anda menggunakan iTunes, pastikan Anda memiliki versi terbaru.

2). Jika Anda ingin menyimpan informasi di iPhone, iPad, atau iPod, pastikan Anda telah mencadangkannya terlebih dahulu.

3). Buka Pengaturan > [nama Anda] > iCloud, ketuk Cari iPhone Saya, lalu matikan. Untuk perangkat yang tidak responsif atau perangkat yang tidak dapat menyala, pelajari tindakan yang dapat Anda lakukan melalui website resmi https://support.apple.com/. Dan jika Anda lupa password, Anda juga bisa meminta bantuan melalui website tersebut.

Cara untuk Hard Reset pada iPhone:

1). Di Mac dengan macOS Catalina 10.15, buka Finder. Di Mac dengan macOS Mojave 10.14 atau versi lebih lama, atau di PC, buka iTunes.

2). Sambungkan perangkat ke komputer.

3). Jika diminta untuk memasukkan kode sandi perangkat atau konfirmasi, ikuti langkah-langkah yang ditampilkan.

4). Selanjutnya komputer akan memunculkan daftar device, pilih perangkat yang Anda gunakan.

5). Klik Pulihkan [nama perangkat yang Anda pakai]. Dan jika Anda masuk ke Cari Milik Saya, Anda harus keluar agar dapat mengeklik Pulihkan.

6). Klik Pulihkan sekali lagi untuk mengonfirmasi. Komputer akan menghapus perangkat Anda dan menginstal perangkat lunak iOS, iPadOS, atau iPod terbaru.

7). Setelah perangkat dipulihkan ke pengaturan pabrik, perangkat akan secara otomatis melakukan restart.

8). iPhone telah selesai direset.

Demikian artikel mengenai Cara Instal Ulang iPhone. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.