Cara Instal Ulang HP Samsung Semua Tipe dengan Mudah dan Cepat

Samsung Group merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia, yang didirikan oleh Lee Byung-chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan.

Penggunaan perangkat secara terus-menurus akan membuat sistem bekerja dengan lebih lamban, atau mengalami masalah lainnya. Salah satu cara yang seringkali digunakan untuk mengatasinya adalah dengan menginstal ulang.

Ada beberapa kondisi yang membuat pengguna smartphone melakukan reset ulang HP, salah satunya karena perangkat smartphone mengalami Bootloop dimana suatu keadaan smartphone mengalami kerusakan di bagian software. Selain itu ada juga seperti pengguna akan menjual HP nya dan menghapus beberapa dokumen penting yang ada di dalam HP tersebut.

Factory reset adalah sebuah tindakan untuk untuk mengembalikan sistem dan software di smartphone pada kondisi awal (seperti ketika baru keluar dari pabrik), sehingga tidak ada lagi masalah pada sistem maupun software di HP.

Dengan reset ulang ini akan membuat semua data dan aplikasi yang tersimpan di memori internal terhapus, sehingga sebaiknya Anda melakukan backup data atau file penting terlebih dahulu.

Pada ponsel Samsung sendiri, terdapat beberapa metode untuk melakukan instal ulang dan pada intinya apapun tipe hpnya, cara resetnya tidak akan jauh berbeda.

Berikut metode dan langkah-langkah untuk melakukan instal ulang pada HP Samsung:

Reset HP Samsung Melalui Android System Recovery

Android System Recovery ini dapat Anda gunakan jika ponsel yang Anda pakai mengalami blank atau tidak bisa menghidupkan/mengakses menu Android.

Dan biasanya cara ini digunakan sebagian besar pengguna smartphone Samsung yang mengalami kegagalan saat akan melakukan Booting pada saat mengidupkan ponsel atau bahkan tiba-tiba mengalami Bootlop.

Sebelum mengakses Android System Recovery, pastikan baterai berada di atas 75% agar prosesnya berjalan dengan baik, pasalnya pada proses booting nantinya akan membutuhkan waktu yang lama dan Anda tidak boleh melakukannya dalam keadaan ponsel sedang dalam pengisian daya baterai.

Berikut langkah-langkah untuk Reset HP melalui Android System Recovery:

1). Matikan HP Samsung.

2). Dengan posisi HP yang mati, tekan dan tahan tombol secara bersamaan Volume Up + Home + Power selama beberapa detik, maka ponsel akan menampilkan menu Android System Recovery.

3). Lalu cari dan pilih Wipe Data / Factory Reset.

4). Selanjutnya tekan tombol home, maka dengan otomatis HP Samsung akan di reset.

5). Selanjutnya akan muncul perintah Reboot system Now.

6). Tunggu proses booting hingga selesai.

Reset HP Samsung Melalui Menu Pengaturan Android

Mengingat proses reset hp akan membutuhkan waktu yang lumayan lama, maka pastikan HP Samsung dalam keadaan baterai terisi penuh dan jangan melakukan pengisian daya baterai pada saat melakukan factory reset, untuk menghindari agar tidak terjadi error pada HP Samsung. Dan berikut langkah-langkah untuk Reset HP melalui Menu Pengaturan Android:

1). Masuk ke menu Pengaturan / Setting

2). Pilih menu Backup And Reset

3). Lanjutkan pada Menu Factory Reset

4). Setelah itu lanjutkan dnegan menu Reset Device

5). Maka dengan otomatis HP Samsung akan melakukan booting

Kode Rahasia HP Samsung

Kode Rahasia HP Samsung ini akan sangat memudahkan Anda untuk memperbaiki perangkat Android saat terjadi kerusakan. Berikut caranya:

1). Buka HP Samsung

2). Masuk ke Menu Dial

3). Ketikan *2767*3855#

4). Maka otomatis pengguna akan di bawa ke menu factory reset.

Sangat mudah bukan? Dengan menggunakan kode rahasia ini, Anda akan dengan mudah mengakses menu factory reset, selanjutnya silakan Anda ikuti instruksi yang ada.

Namun sebelumnya pastikan Anda telah mencadangkan data atau file penting terelebih dahulu, juga sebaiknya Anda lakukan log out akun Samsung terlebih dahulu.

Melakukan reset pada HP Samsung ini memang cukup mudah, namun jika salah prosedur atau terdapat kendala biasanya akan menyebabkan HP blootloop, maka pastikan Anda melakukan langkah-langkahnya dengan benar.

Demikian artikel mengenai Cara Instal Ulang HP Samsung. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.