Cara Instal Ulang HP OPPO dengan Mudah dan Cepat

Fungsi utama handphone untuk berkomunikasi, kini semakin berkembang lagi seiring laju perkembangan teknologi yang terus diperbaharui. Saat ini, handphone menjadi hal yang sangat penting dan dibutuhkan untuk menunjang berbagai hal, baik bisnis, pendidikan dan lainnya.

OPPO merupakan salah satu brand handphone yang terus melakukan inovasi dalam memberikan fitur handphone yang terbaik di kelasnya. Kini handphone bahkan memiliki fungsi yang hampir sama dengan perangkat komputer, bahkan telah didukung oleh fitur kamera layaknya perangkat kamera profesional.

Dengan handphone juga Anda dapat mengakses informasi dengan mudah, menggunakan koneksi internet tanpa kabel generasi terbaru seperti 3G, 3,5G, 4G, 4,5G, 5G, dan seterusnya.

Ditambah lagi dengan web browser terbaru yang dapat menerjemahkan bahasa html dan bahasa permograman web serta teknologi terbaru lainnya. Anda juga dapat menikmati format multimedia yang ada.

Media streaming online pun juga dapat dengan mudah dijalankan di smartphone yang canggih tanpa banyak kendala. Ditambah lagi dengan adanya berbagai aplikasi hiburan gratis yang dapat diunduh secara gratis maupun berbayar menambah lengkap sarana hiburan yang ada pada smartphone.

Terlebih dengan didukung Kapasitas memori smartphone yang besar bisa berfungsi sebagai media penyimpanan data file. Salah satu fungsi penting dari smartphone adalah untuk mendapatkan informasi arah mata angin, arah kiblat, dan lain sebagainya.

Namun pada intinya handphone merupakan sebuah alat telekomunikasi sehingga fungsi utamaya adalah untuk berkomunikasi baik melalui suara, pesan singkat, maupun melalui panggilan video.

Oppo Electronics Corp adalah perusahaan elektronik konsumen dan komunikasi seluler asal Tiongkok, yang berkantor pusat di Dongguan, Guangdong, Tiongkok. Oppo Electronics Corp ini didirikan pada tahun 2004.

Perangkat Android yang telah digunakan cukup lama, biasanya membuat kinerja pada perangkat menurun atau terasa tidak semaksimal saat Anda pertama baru membelinya, sehingga perlu untuk diinstal ulang.

Karena dengan mengembalikan smartphone ke Storage Factory akan membuat perangkat bisa memberikan kinerja layaknya ponsel baru.

Alasan Kenapa Anda Perlu Instal Ulang HP

Namun dengan berbagai fitur yang canggih tersebut, tak jarang perangkat ini juga mengalami beberapa kendala, seperti misalnya kinerja ponsel yang menurun. Hal tersebut biasanya dapat diatasi dengan cara melakukan instal ulang pada perangkat.

Selain karena kinerja ponsel yang menurun atau menjadi lebih lambat dari biasanya, juga terdapat alasan lainnya kenapa Anda perlu melakukan instal ulang handphone yang Anda gunakan, berikut diantaranya:

  • Terdapat Bug sistem yang mengganggu dan menimbulkan masalah baru, seperti hp mati sendiri atau hal lainnya.
  • Smartphone yang Anda pakai akan dijual. Dengan cara menginstal ulang, akan sangat memudahkan Anda untuk membersihkan semua data dan cache di ponsel Android tersebut.
  • Upgrade OS Android ke versi terbaru agar dapat menikmati berbagai fitur yang ter-update.

Cara Instal Ulang HP OPPO

Berikut beberapa cara untuk melakukan instal ulang HP OPPO:

Menggunakan Fitur Factory Reset

Langkah-langkah untuk instal ulang menggunakan Fitur Factory Reset HP OPPO:

1). Masuk ke menu Settings.

2). Pilih Backup and Reset di halaman menu Settings.

3). Pada halaman Backup and Reset, pilih menu Reset Phone.

4). Apabila Anda yakin untuk menghilangkan semua data yang terdapat pada ponsel, maka dapat memilih Erase Everything dan pilih Yes.

5). Selanjutnya, HP akan otomatis melakukan restart, tunggu hingga proses selesai.

6). Setelah proses selesai maka Anda sudah bisa menggunakan kembali smartphone yang sudah menjadi bersih dan ringan seperti baru pertama kali digunakan.

Hard Reset

Hard Reset merupakan metode yang bisa Anda gunakan saat smartphone mengalami bootloop atau tidak bisa masuk karena suatu hal, baik error atau lainnya. Berikut langkah-langkah untuk instal ulang menggunakan metode Hard Reset:

1). Matikan HP OPPO telebih dulu dengan menggunakan tombol power.

2). Dalam keadaan mati, tekan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan.

3). Selanjutnya Anda akan masuk ke Mode Recovery berbahasa Inggris.

4). Anda hanya bisa menggunakan tombol volume menjadi navigasi dan power untuk konfirmasi.

5). Navigasi dan pilih Wipe Data and Cache.

6). Pilih lagi Wipe Data and Cache untuk kedua kalinya dan pilih YES.

7). Selanjutnya, pilih Reboot dengan tombol volume untuk navigasi dan power untuk konfirmasi.

8). Tunggu hingga proses Reboot selesai.

Jika Anda bingung, akan memilih metode instal ulang yang mana. Kami akan sedikit menjelaskan perbedaan Factory Reset dan Hard Reset. Factory Reset ini merupakan fitur yang sudah disediakan oleh sistem operasi itu sendiri, yakni Android.

Sedangkan Hard Reset menggunakan sistem recovery yang ada di luar sistem operasi sehingga bisa tetap dilakukan jika Anda lupa password smartphone yang Anda gunakan.

Demikian artikel mengenai Cara Instal Ulang HP OPPO. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.