Cara Instal Ulang HP ASUS Semua Tipe dengan Mudah dan Cepat

Asustek Computer Inc. adalah sebuah perusahaan asal Tiongkok, yang memproduksi komponen komputer seperti papan induk, kartu grafis, dan notebook. Dan juga PDA, Telepon genggam, monitor LCD, tablet dan produk komputer lainnya.

Ada beberapa kondisi yang membuat pengguna smartphone melakukan reset ulang HP, salah satunya karena perangkat smartphone mengalami Bootloop (smartphone mengalami kerusakan di bagian software).

Atau untuk menghapus beberapa dokumen penting yang ada di dalam HP tersebut dengan mudah, sebelum Anda menjualnya. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk menginstal ulang HP ASUS:

Cara Factory Reset HP ASUS

Reset HP ASUS biasanya dilakukan ketika ponsel mengalami berbagai permasalahan serius, seperti terkena virus, gangguan yang menyebabkan kinerja HP lamban, atau karena performa HP secara keseluruhan sudah menurun.

Agar performa HP kembali seperti semula, salah satu cara terbaiknya adalah dengan melakukan reset HP ASUS. Untuk melakukan hal ini, Anda perlu melakukan factory reset.

Factory reset adalah sebuah tindakan untuk untuk mengembalikan sistem dan software di smartphone pada kondisi awal (seperti ketika baru keluar dari pabrik), sehingga tidak ada lagi masalah pada sistem maupun software di HP.

Dengan reset ulang ini akan membuat semua data dan aplikasi yang tersimpan di memori internal terhapus, sehingga sebaiknya Anda melakukan backup data atau file penting terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah untuk melakukan Factory Reset:

1). Masuk ke menu “Setelan” atau Settings.

2). Lalu masuk ke bagian “Sistem”, lalu pilih menu “Opsi setel ulang”.

3). Kemudian pilih opsi “Reset ke setelan pabrik”.

4). Selanjutnya Anda akan mendapatkan peringatan tentang penghapusan data, selanjutnya pilih “Reset Ponsel”.

5). Tunggu beberapa saat sampai ponsel memberitahukan untuk proses pemuatan ulang.

6). Selanjutnya HP ASUS Anda akan melakukan restart secara otomatis.

7). Tunggu hingga prosesnya selesai.

8). Setelah masuk kembali, Anda akan diminta untuk mengatur ulang ponsel, mulai dari akun Gmail dan pengaturan keamanan ponsel.

9). Pastikan Anda backup data nomor ponsel di akun Gmail agar ketika Anda login dengan akun Gmail yang sama, nomor ponsel kembali muncul.

Hard Reset melalui Recovery Mode

Hard reset pada dasarnya adalah cara untuk mengembalikan setelan ponsel ke pabrik, hampir mirip dengan factory reset. Perbedaannya, untuk melakukan hard reset, Anda harus menggunakan kombinasi tombol.

Dan factory reset dan hard reset juga akan menghapus data yang ada pada ponsel. Karenanya Anda haruskan mencadangkan data terlebih dahulu. Hard reset dapat Anda jadikan opsi lain, ketika Anda tidak bisa melakukan factory reset.

Biasanya hard reset dilakukan jika Anda lupa dengan sandi ponsel atau ketiak HP Anda mengalami bootloop sehingga opsi satu-satunya agar HP Anda kembali menyala adalah dengan hard reset. Berikut langkah – langkah untuk melakukan Hard Reset melalui Recovery Mode:

1). Matikan HP ASUS

2). Selanjutnya tekan tombol power dan volume down secara bersamaan selama beberapa detik.

3). Secara otomatis, HP ASUS akan masuk ke “Recovery Mode”.

4). Di menu “recovery mode” ini, Anda bisa memilih untuk menghapus partisi ponsel Anda, melakukan root, maupun melakukan factory reset.

5). Tunggu hingga prosesnya selesai.

Pada dasarnya hard reset dan factory reset ini memiliki kesamaan, yakni mengembalikan ponsel ke pengaturan default. Perbedaannya, hard reset dilakukan ketika ponsel sudah tidak bisa melakukan operasi factory reset.

Demikian artikel mengenai Cara Instal Ulang HP ASUS. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.