Cara Instal BusyBox dengan Mudah dan Cepat

BusyBox menjadi sebuah aplikasi yang tidak akan terdengar asing jika Anda hobi mengotak-atik perangkat Android. BusyBox ini adalah sebuah aplikasi yang akan menambahkan perintah-perintah (Linux / Unix) pada Android, sehingga perangkat Android yang Anda gunakan dapat memiliki perintah-perintah yang sebelumnya tidak tersedia.

Dimana perintah-perintah yang sudah ditambahkan oleh BusyBox akan digunakan oleh aplikasi yang membutuhkan, agar aplikasi tersebut dapat dijalankan dengan sempurna.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi dari BusyBox adalah untuk menambahkan perintah-perintah (Linux / Unix) pada Android. Jadi apakah BusyBox merupakan aplikasi yang penting untuk diinstal pada perangkat Android? jawabannya tergantung dari kebutuhan Anda sendiri.

Jika Anda membutuhkan akses lebih untuk sebuah aplikasi, artinya Anda membutuhkan aplikasi BusyBox ini. Dan jika tidak, maka aplikasi ini tidak perlu Anda instal.

BusyBox memang aplikasi yang tidak begitu berguna jika berdiri sendiri, namun berguna untuk menjalankan banyak aplikasi lain yang mengharuskan ponsel untuk di-root. Pasalnya BusyBox menghasirkan satu set utilitas UNIX yang berjalan di belakang kapan pun dibutuhkan.

Dengan kata lain, BusyBox ideal untuk dipasang di ponsel tanpa Anda harus mengkhawatirkannya sehingga dapat bekerja setiap kali diperlukan (seperti memasang aplikasi yang membutuhkan akses root).

BusyBox memang utilitas yang berguna untuk Android. Meskipun tidak melakukan sesuatu yang khusus, aplikasi ini akan memberikan Anda akses ke banyak fungsi aplikasi pihak ketiga dengan sangat mudah.

Cara Instal BusyBox di Android

Langkah-langkah untuk menginstal BusyBox di Android ini cukup mudah, berikut langkah-langkah sederhananya:

1). Unduh aplikasi BusyBox di Google Play Store, tunggu hingga prosesnya selesai.

2). Selanjutnya buka aplikasi BusyBox, jika terdapat peringatan Superuser, maka klik izinkan.

3). Pastikan koneksi internet stabil, lalu tekan Install, tunggu hingga aplikasi selesai diinstal.

4). Kemudian cek terminal dengan mengetikkan perintah BusyBox, untuk memastikan bahwa aplikasi BusyBox telah selesai dipasang.

5). BusyBox sudah bisa Anda jalankan.

Perlu diingat bahwa aplikasi BusyBox ini hanya bisa dijalnkan pada perangkat Android yang sudah di Root, artinya jika perangkat Android yang Anda gunakan belum di Root maka aplikasi ini tidak bisa dijalankan.

Demikian artikel mengenai Cara Instal BusyBox. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.